Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Jika Sedang Rusak

Reporter : Riza Umami
Rabu, 24 Mei 2023 21:44
Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Jika Sedang Rusak
Ini beberapa cara menyalakan HP tanpa tombol power.

Tombol power pada ponsel adalah salah satu komponen kunci untuk menghidupkan perangkat. Namun, terkadang situasi mungkin memerlukan cara alternatif untuk menyalakan HP jika tombol power mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik.

Meskipun setiap ponsel memiliki perbedaan dalam opsi yang tersedia, ada beberapa metode umum yang dapat dicoba untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Dengan melakukan beberapa cara, ada peluang untuk mengatasi situasi tersebut dan menghidupkan perangkat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa metode ini bisa bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel yang digunakan. Dilansir dari laman jalantikus.com (10/3), berikut ini beberapa cara menyalakan HP tanpa tombol power.

1 dari 7 halaman

1. Colok dengan Benda Lain

Ilustrasi HP Kemasukan Air © Diadona

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang pertama yaitu dengan mencolok tombol power yang rusak dengan benda lain. Kamu bisa menggunakan objek kecil yang sesuai, seperti tusuk gigi, SIM card ejector, atau benda serupa, untuk menekan bagian tombol yang terdapat di dalamnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa saat menggunakan metode ini, pastikan kamu tidak menggunakan benda yang tajam untuk menekannya. Misalnya, jika kamu memilih tusuk gigi, pastikan ujungnya sudah tumpul agar tidak merusak komponen dalam HP.

Apabila tombol di dalamnya masih berfungsi, seharusnya dengan metode ini kamu masih dapat menghidupkan kembali HP Android kamu. Jadi, tidak perlu panik jika tombol power kamu bermasalah, ada solusi lain yang bisa dicoba!

2 dari 7 halaman

2. Sambungkan HP ke Charger

Ilustrasi Smartphone di-Charge © Diadona

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang kedua yaitu dengan menyambungkan ponsel ke charger atau coba isi daya lebih dulu. Apabila HP kamu masih dalam keadaan aktif dan menyala, secara otomatis layar akan menyala saat dihubungkan dengan charger.

Selanjutnya, kamu tinggal membuka kunci layar dengan cara menggeser atau memasukkan PIN atau pola yang sudah kamu atur sebelumnya. Ingat, cara ini cuma berlaku ketika HP masih dalam kondisi menyala tetapi eror atau layar tiba-tiba gelap.

3 dari 7 halaman

3. Gunakan Tombol Lain di HP

Ilustrasi Tombol Volume © Diadona

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang ketiga yaitu dengan menggunakan tombol lain di HP. Rupanya tombol volume up dan volume down bisa dijadikan alternatif untuk menyalakan ponsel.

Sebelumnya, pastikan bahwa kamu bisa membuka layar menggunakan metode yang telah disebutkan sebelumnya. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi masalah tombol power yang rusak:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Power Button to Volume Button melalui Play Store.
  2. Ketuk Enable/Disable Volume Power hingga ikon roda gigi berubah warna.
  3. Aktifkan opsi Boot dan Screen Off dengan menggunakan tombol volume sebagai pengganti tombol power.
  4. Restart smartphone kamu.
  5. Sekarang, kamu dapat menggunakan tombol volume up atau volume down sebagai pengganti tombol power.
  6. Untuk mematikan layar, tekan opsi Turn off screen.

4 dari 7 halaman

4. Gunakan Fitur Double Tap to Wake

ilustrasi hp © Diadona

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang keempat yaitu dengan menggunakan fitur double tap to wake. Dengan menggunakan cara ini, kamu hanya perlu mengetuk layar dua kali saat dalam kondisi mati untuk menghidupkan layar dan membuka kunci ponsel. Biasanya, ponsel terbaru sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini.

Namun, untuk ponsel Android seri lama yang belum memiliki fitur ini, kamu harus mengunduh aplikasi yang akan dibahas mengenai cara pemasangannya di bawah ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Double Tap Screen On and Off melalui Play Store.
  2. Aktifkan pilihan Double tap to Screen On, lalu klik OK.
  3. Terlebih dahulu, aktifkan izin Device Administrator.
  4. Klik aplikasi Screen Off untuk mematikan layar.

5 dari 7 halaman

5. Gunakan Sensor Biometrik

Ilustrasi Fingerprint © Diadona

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang kelima yaitu dengan menggunakan sensor biometrik. HP Android yang baru dirilis, dari segmen entry level hingga flagship, umumnya telah dilengkapi dengan sensor biometrik yang canggih.

Salah satu jenis sensor yang paling umum adalah sensor sidik jari atau fingerprint. Selain itu, terdapat juga fitur biometrik lainnya, seperti face unlock yang menggunakan pengenalan wajah, bahkan ada yang menggunakan iris scanner.

Untuk menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power pada semua merek, seperti Samsung, ASUS, hingga OPPO, kamu dapat mengikuti langkah-langkah restart HP yang rusak berikut ini:

  1. Buka Pengaturan (Settings) pada smartphone kamu.
  2. Pilih opsi Kunci Layar & Kata Sandi (Lock Screen & Password).
  3. Ketuk opsi Tambahkan Sidik Jari (Add fingerprint). Kemudian pilih jenis kunci layar yang diinginkan.
  4. Atur PIN atau kunci layar sesuai keinginan kamu. Ketuk " Got It" pada jendela pop-up yang muncul.
  5. Ikuti proses penambahan sidik jari sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  6. Tekan tombol " Selesai" (Done) jika proses sudah selesai.

6 dari 7 halaman

6. Nyalakan Opsi Boot dan Screen Off

Ilustrasi HP © Diadona

Dikutip dari laman kumparan.com (21/4), selain cara menyalakan HP tanpa tombol power di atas, kamu juga memiliki opsi untuk mengaktifkan fitur boot dan screen off agar tombol volume sepenuhnya berfungsi sebagai pengganti tombol power.

Setelah mengaktifkan fitur ini, cukup restart ponselmu untuk mulai menggunakannya. Dengan demikian, kamu akan dapat mengoperasikan ponsel tanpa mengandalkan tombol power lagi.

7 dari 7 halaman

7. Gunakan Software di PC

Ilustrasi PC Gaming © Diadona

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang ketujuh yaitu dengan menggunakan software tertentu di PC. Software tersebut adalah Minimal ADB and Fastboot. Namun, sebelum melakukannya, pastikan bahwa perangkat smartphone kamu telah mengaktifkan fitur USB debugging yang terletak di opsi Developer options.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power ketika dalam keadaan mati total.

  1. Unduh dan pasang software Minimal ADB and Fastboot di PC atau laptop kamu.
  2. Tekan dan tahan tombol volume down pada HP saat dalam keadaan mati.
  3. Sambungkan HP Android kamu ke PC menggunakan kabel USB.
  4. Buka software Minimal ADB and Fastboot di komputer atau laptop.
  5. Masukkan perintah " adb devices" dan klik Enter.
  6. Kemudian, masukkan perintah " fastboot reboot" dan tekan Enter.
  7. Setelah kamu menjalankan langkah-langkah di atas, HP Android kamu akan secara otomatis melakukan restart dan kembali ke tampilan awal.

Itulah beberapa cara menyalakan HP tanpa tombol power yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ponsel kamu tersebut. Jangan khawatir kamu tetap bisa menyalakan HP meski tombol power rusak. Semoga HP-nya bisa segera menyala ya dan selamat mencoba.

Beri Komentar