Cara Lock Chat WhatsApp supaya Aman Gak Dibaca Orang Lain

Reporter : Riza Umami
Selasa, 23 Mei 2023 21:45
Cara Lock Chat WhatsApp supaya Aman Gak Dibaca Orang Lain
Ini nih cara lock chat WhatsApp.

Ketika menggunakan WhatsApp, ada momen di mana kita ingin menjaga privasi pesan agar tidak diakses oleh orang lain. Untungnya, WhatsApp menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci atau mengamankan percakapan atau chat yang berrsifat pribadi.

Dengan fitur ini, kamu dapat mencegah orang lain membuka atau membaca chat kamu tanpa izin. Cara mengunci chat di WhatsApp sangatlah sederhana dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

Dalam artikel ini, akan dibahas langkah-langkah untuk mengunci chat di WhatsApp, sehingga kamu bisa memiliki kendali penuh atas privasi chat kamu atau pesan baru yang tak bisa dilihat oleh orang lain. Berikut ini nih cara lock chat WhatsApp yang perlu kamu lakukan.

1 dari 4 halaman

Cara Lock Chat WhatsApp di Android

Cara Lock Chat WhatsApp © Diadona

Kamu dapat mengamankan akses ke WhatsApp menggunakan fitur privasi berupa fingerprint atau sidik jari. Untuk mengaksesnya, kamu harus menempelkan jari pada sensor di smartphone.

Metode ini merupakan salah satu cara terbaru untuk mengunci WhatsApp di tahun 2023. Jika ingin mengunci HP Android dengan cara ini, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Pastikan WhatsApp kamu telah diperbarui ke versi terbaru.
  2. Buka WhatsApp dan masuk ke menu 'Settings'.
  3. Pilih 'Account' dan masuk ke 'Privacy'.
  4. Gulir ke bawah dan kamu akan menemukan opsi 'Fingerprint lock'.
  5. Aktifkan toggle 'Unlock with fingerprint' dan klik 'Set up'.
  6. Pilih jenis kunci yang diinginkan, seperti pola, PIN, atau sidik jari.

Setelah pengaturan disimpan, WhatsApp akan meminta password ini setiap kali kamu membukanya. Pastikan kamu ingat pola atau PIN yang telah kamu buat. Verifikasi ini juga diperlukan saat kamu ingin menghubungkan WhatsApp ke perangkat lain, seperti laptop.

Setelah kamu memilih jenis kunci yang diinginkan, ada beberapa pengaturan tambahan yang dapat kamu atur untuk mengunci WhatsApp. Salah satunya adalah jeda waktu sebelum penguncian aktif dan tampilan konten pesan dalam notifikasi.

Untuk jeda waktu, pilihan pertama adalah 'immediately'. Ini berarti WhatsApp akan segera terkunci setelah kamu menutup aplikasi atau mengunci layar. Pilihan lain termasuk setelah 1 menit dan 30 menit.

Selanjutnya, kamu juga dapat mengatur tampilan konten pesan dalam notifikasi. Pengaturan ini terletak di bawah opsi jeda waktu penguncian. Jika diaktifkan, isi pesan akan tetap terlihat dalam notifikasi. Namun, jika tidak diaktifkan, kamu hanya dapat mengakses pesan setelah masuk ke dalam aplikasi WhatsApp.

2 dari 4 halaman

Cara Lock Chat WhatsApp di HP iOS

iPhone 11 Pro Max © Diadona

Kamu tidak perlu khawatir, pengguna iOS juga dapat menggunakan fitur penguncian WhatsApp. Namun, cara mengunci WhatsApp di iOS akan disesuaikan dengan sistem yang ada di perangkat kamu, yaitu Touch ID atau Face ID.

Dilansir dari laman idntimes.com (22/2), berikut adalah langkah-langkah untuk mengunci WhatsApp dengan fitur Touch ID di iOS:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.
  2. Ketuk menu 'Settings' yang terletak di pojok kanan bawah.
  3. Pilih 'Account' dan masuk ke 'Privacy'.
  4. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi 'Screen Lock'.
  5. Aktifkan toggle untuk 'Require Touch ID/Face ID'.

Setelah itu, kamu akan diberikan empat opsi jeda waktu. Kamu dapat memilih untuk mengunci WhatsApp secara langsung setelah ditutup, setelah 1 menit, 15 menit, atau 1 jam.

Berbeda dengan Android, pengaturan tampilan notifikasi di iOS tidak tersedia. Semua pesan masuk akan tetap masuk ke notification drawer. Namun, kamu dapat mengatur apakah pesan tersebut ditampilkan atau disembunyikan melalui pengaturan yang tersedia.

3 dari 4 halaman

Cara Lock Chat WhatsApp Pakai Aplikasi

Cara Lock Chat WhatsApp © Diadona

Jika kamu merasa bahwa pengunci bawaan WhatsApp belum cukup untuk melindungi privasi kamu, ada opsi untuk menggunakan aplikasi pengunci tambahan. Namun, penting untuk dicatat bahwa pilihan ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pengunci yang dapat kamu coba:

  • AppLock
  • AppLock - Fingerprint
  • Smart AppLock
  • LOCKit
  • Norton App Lock
  • Perfect AppLock

Secara umum, cara kerja aplikasi-aplikasi di atas serupa. Kamu akan diminta untuk memasukkan password, PIN, atau mengatur pola atau kombinasi tertentu sebagai pengunci.

Setelah diinstal, aplikasi-aplikasi tersebut akan memberlakukan penguncian pada WhatsApp. Mirip dengan fitur bawaan WhatsApp, aplikasi-aplikasi tersebut akan meminta kamu untuk memasukkan kata sandi saat ingin membuka WhatsApp.

4 dari 4 halaman

Cara Lock Chat WhatsApp dengan Two-step Verification

Group Video Call WhatsApp Sudah Bisa untuk 8 Orang Sekaligus lho, Cobain yuk! © Diadona

Selain langkah-langkah sebelumnya, penting untuk mengaktifkan two-step verification sebagai upaya tambahan. Pengaturan ini tidak hanya melindungi dari rasa ingin tahu orang lain, tetapi juga menjaga akun WhatsApp kamu dari kemungkinan hacker yang berusaha mengambil alih akun kamu.

Fitur ini merupakan fitur keamanan WhatsApp yang sangat berguna untuk melindungi semua data yang disimpan di dalamnya agar tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Dengan two-step verification, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN secara berkala. Ini berarti bahwa jika seseorang mencoba mengakses akun kamu, mereka tidak akan dapat masuk dengan sembarangan.

Berikut adalah cara mengunci WhatsApp terbaru 2023 dan mengaktifkan two-step verification, baik di Android maupun iOS:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu 'Settings'.
  2. Pilih 'Account'.
  3. Masuk ke menu 'Two-step verification' dan klik 'Enable'.
  4. Buatlah 6 digit PIN dan masukkan alamat surel sebagai data tambahan. Pastikan untuk memasukkan alamat surel yang masih aktif dan dapat diakses.

Setelah kamu mengaktifkan cara mengunci WhatsApp terbaru 2023, mungkin akan sedikit lebih merepotkan untuk masuk ke aplikasi. Kamu perlu memasukkan password dan tampilan pesan tidak akan muncul di notifikasi. Namun, hal ini jauh lebih baik daripada risiko isi pesan kamu diketahui oleh orang lain.

Itulah beberapa cara lock chat WhatsApp untuk mengamankan pesan-pesan kamu di aplikasi tersebut supaya tidak dilihat orang lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Beri Komentar