Cara Mengatasi Sinyal Lemah saat Mudik Lebaran di Kampung

Reporter : Riza Umami
Senin, 17 April 2023 21:03
Cara Mengatasi Sinyal Lemah saat Mudik Lebaran di Kampung
Ini beberapa cara mengatasi sinyal lemah saat mudik Lebaran di kampung yang bisa kamu coba lakukan.

Ketika mudik Lebaran, banyak orang yang mengalami masalah dengan sinyal ponsel mereka, terutama di kampung halaman yang jauh dari kota besar. Masalah sinyal yang lemah bisa sangat menjengkelkan karena dapat menyebabkan gangguan dalam berkomunikasi atau main medsos.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi sinyal lemah saat mudik Lebaran di kampung halaman. Dalam ulasan ini, akan dibahas beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan sinyal ponsel dan tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman selama libur Lebaran.

1 dari 4 halaman

Kunci Jaringan Internet yang Mau Digunakan

ilustrasi hp © Diadona

Kamu bisa memperkuat sinyal ponsel kamu setidaknya untuk chatting di WhatsApp, Telegram atau aplikasi komunikasi lain dengan mengunci jaringan internet. Cara mengatasi sinyal lemah saat mudik Lebaran di kampung yang pertama yaitu dengan kunci jaringan internet di ponsel kamu tersebut.

Buka pengaturan, lalu pilih opsi Jaringan Seluler dan tentukan jaringan yang ingin kamu prioritaskan, seperti 2G, 3G, atau 4G. Dengan begitu, saat jaringan tersebut tersedia di sekitar kamu, provider internet akan secara otomatis mengutamakan jaringan tersebut untuk digunakan di ponsel kamu.

2 dari 4 halaman

Hidupkan kemudian Matikan Mode Pesawat di Ponsel

Ilustrasi HP © Diadona

Cara mengatasi sinyal lemah saat mudik Lebaran di kampung yang kedua, coba manfaatkan fitur mode pesawat pada ponsel kamu. Kamu perlu mengaktifkan dan mematikan mode pesawat secara bergantian.

Dengan melakukan hal ini, perangkat kamu akan melakukan reset pada jaringan seluler dan meningkatkan peluang kamu untuk menangkap sinyal yang kuat. Ketika mode pesawat aktif, ponsel akan memutus sambungan dengan jaringan seluler, dan ketika dimatikan, perangkat akan mencari sinyal yang kuat untuk terhubung kembali dengan jaringan seluler.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak boleh terlalu sering mengaktifkan dan mematikan mode pesawat, karena hal ini dapat menguras daya baterai ponsel kamu dengan cepat. Cukup seperlunya saja saat melakukannya ketika urgent.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Sinyal Ponsel saat Berkendara dengan Membuka Jendela Mobil

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Jika kamu mengendarai mobil pribadi ke daerah yang kamu tuju saat lebaran tersebut, cobalah untuk membuka jendela kendaraan untuk cara mengatasi sinyal lemah saat mudik lebaran di kampung yang selanjutnya.

Dengan membuka jendela, tidak akan ada penghalang yang menghalangi perangkat kamu untuk menangkap jaringan seluler yang tersedia di sana. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas sinyal ponsel kamu saat berkendara ke kampung halaman waktu mudik lebaran deh.

4 dari 4 halaman

Coba Ubah Provider Jaringan

Cara Mengatasi Sinyal Lemah saat Mudik Lebaran di Kampung © Diadona

Jika masalah sinyal masih berlanjut, mungkin kamu perlu mencoba cara mengatasi sinyal lemah saat mudik lebaran di kampung yang satu ini. Caranya yaitu dengan beralih ke provider jaringan yang berbeda untuk sementara waktu.

Hal ini supaya kamu tetap bisa berkomunikasi atau main media sosial selama di kampung. Pilihlah provider yang memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas dan tersedia di daerah yang kamu kunjungi sewaktu lebaran agar Diazens gak perlu lagi mengalami masalah sinyal lemah yang menjengkelkan.

Itulah beberapa cara mengatasi sinyal lemah saat mudik lebaran di kampung. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas saat sinyal di kampung lagi lemah ya. Semoga cara-cara tersebut berhasil kamu lakukan. Selamat lebaran bersama keluarga di kampung halaman ya!

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar