Perbedaan Iphone 6 dan 6s, dari Segi Fisik sampai Spesifikasi Mana yang Layak Dibeli?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 15 Juli 2020 10:48
Perbedaan Iphone 6 dan 6s, dari Segi Fisik sampai Spesifikasi Mana yang Layak Dibeli?
Meski hadir sebagi satu seri, namun perbedaan Iphone 6 dan 6s cukup dibilang lumayan jauh.

Perbedaan Iphone 6 dan 6s kalau dilihat sekilas saja pasti tidak terlihat, sebab dari segi desain dan tampilannya smartphone keluaran Apple tersebut sama-sama menggunakan layar dengan ukuran 4,7 inchi.

Selain itu, perbedaan Iphone 6 dan 6s juga bisa dilihat pada baterai, karena Ihhone 6 dibekali dengan baterai bertipe Non-removable Li-Po kapasitas 1810 mAh. Sedangkan kapasitas baterai Iphone 6s justru mengalami penurunan, yakni menjadi 1715 mAh.

Namun, peningkatan fitur dan beberapa perbaikan membuat perbedaan Iphone 6 dan 6s cukup terasa. Oleh sebab itu, perbandingan inilah sangat penting untuk diketahui kalau kamu ingin memiliki perangkat tersebut.

Nah, sebelum membeli perangkat tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui perbedaan Iphone 6 dan 6s, serta 6 plus, dari segi fisik sampai spesifikasinya, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Perbedaan Iphone 6s dan 6 Plus

Perbedaan Iphone 6 dan 6s © Diadona

Kehadiran iPhone 6s dan 6s Plus memang telah menarik perhatian banyak publik, namun tidak sedikit pula yang masih bingung untuk membedakan antara kedua smartphone ini.

Sebab, perbedaan Iphone 6s dan 6 Plus yang pertama ialah pada ukuran. Ukuran Iphone 6s hadir dengan dimensi 138.3 x 67.1 x 7.1 mm, sedangkan Iphone 6s Plus 158.2 x 77.9 x 7.3 mm. Selain itu, perbedaan tersebut juga mengingat iPhone 6s Plus mengusung layar yang lebih besar, yakni 5,5 inci.

Perbedaan kedua ialah pada kamera. Baik iPhone 6s dan 6s Plus sama-sama dibekali dengan kamera iSight 12MP (belakang) dan 5MP (depan). Namun, kamera utama dari iPhone 6s Plus sedikit lebih canggih daripada iPhone 6s.

2 dari 5 halaman

Perbedaan Iphone 6 Plus dan 6s Plus

Perbedaan Iphone 6 dan 6s © Diadona

Lahir di generasi berbeda, tentu perbedaan Iphone 6 Plus dan 6s Plus pun tak lepas dari pandangan pembeli. Sebab, kedua perangkat tersebut memang sama-sama dibekali layar 5,5 inci dengan resolusi FullHD 1080 x 1920 piksel.

Selain itu, perbedaan pada 6 Plus dan 6s Plus yang perlu diteliti ialah bodi dari kedua perangkat tersebut. Dimana bodi Iphone 6s Plus memiliki ukuran 158.2 x 77.9 x 7.3 mm dengan bobot hingga 192 gram.

Sementara Iphone 6 Plus bisa dibilang lebih unggul, sebab lebih ramping dan ringan dengan dimensi bodi 158.1 x 77.8 x 7.1 mm, serta bobot cuma 172 gram saja. Namun, hal inilah yang mempengaruhi aspek rasio dari layar ke bodi dimana iPhoen 6 Plus lebih unggul.

3 dari 5 halaman

Perbedaan Fisik Iphone 6 dan 6s

Perbedaan Iphone 6 dan 6s © Diadona

Dilihat dari fisik perbedaan Iphone 6 dan 6s memang akan sangat sulit dibedakan. Sebab desain fisik  Iphone 6 dan 6s memiliki bentuk yang stylish serta berkelas, sehingga kesan mewah pada ponsel ini tercermin dari perangkat bodinya.

Sedangkan pada bagian layarnya tidak ada perbedaan Iphone 6 dan 6s yang sangat menonjol, karena keduanya dilengkapi dengan tipe layar LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen, yang bisa menghasilkan 16 juta warna. Hanya saja Iphone 6s memiliki fitur 3D touch.

4 dari 5 halaman

Selain itu, perbedaan Iphone 6 dan 6s dari tampilan luarnya juga dapat dilihat pada casing bagian belakangnya, yakni pada Iphone 6 tertulis iPhone. Sementara pada Iphone 6s terdapat tulisan Iphone S dengan tambahan huruf s di dalam kotak kecil.

Perbedaan Iphone 6 dan 6s lainnya juga terdapat pada varian warna yang diluncurkan. Pilihan warna Iphone 6 ada tiga macam, yakni Space Grey, Silver dan Gold. Sedangkan Iphone 6s terdapat warna Space Grey, Silver, Gold serta Rose Gold.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Harga Iphone 6 dan 6s

Perbedaan Iphone 6 dan 6s © Diadona

Selain perbedaan Iphone 6 dan 6s pada segi fisik sangat menonjol, kedua perangkat tersebut pun juga dijual dengan harga yang jaraknya cukup jauh.

Bahkan kalau beruntung, perbedaan harga Iphone 6 dan  6s yang kamu dapatkan mungkin lebih murah daripada harga umum saat awal produksi. Sebab, perbedaan Iphone 6 dan 6s pada harga akan bertahan di kisaran yang tidak jauh berbeda untuk versi memori internal 32 GB.

Selain itu, adapula perbedaan Iphone 6 dan 6s yang terletak pada fitur pendukung, dimana Iphone 6s memiliki teknologi LTE yang lebih “ advance” mendukung Band 23 LTE dibandingkan Iphone 6.

Itulah perbedaan Iphone 6 dan 6s yang perlu kamu fikirkan kembali saat ingin membeli smartphone tersebut. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar