Cara Membersihkan Memori HP Samsung dengan Mudah dan Anti Ribet

Reporter : Riza Umami
Selasa, 21 Maret 2023 19:57
Cara Membersihkan Memori HP Samsung dengan Mudah dan Anti Ribet
Ini nih cara membersihkan memori HP Samsung.

Masalah memori penuh pada perangkat HP merupakan hal yang sangat mengganggu. Ketika memori penuh, pengguna tidak dapat menyimpan file baru, mengunduh aplikasi, atau bahkan menerima pesan teks.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan terutama jika kamu sedang membutuhkan HP tersebut untuk tugas penting atau kegiatan sehari-hari. Masalah memori penuh ini terutama sering terjadi pada perangkat HP Android yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas seperti HP Samsung dan merek yang lainnya.

Lantas gimana sih cara mengatasi masalah yang satu ini, Diazens? Berikut ini, ada beberapa cara membersihkan memori HP Samsung yang penuh.

1 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Memori HP Samsung dengan Menghapus Cache

Cara Membersihkan Memori HP Samsung © Diadona

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada HP Samsung, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghapus file cache. Cache merupakan bagian dari file sisa yang tersimpan di ponsel android kamu.

Untuk membersihkan file sampahnya keseluruhan pada HP yang penuh, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings pada HP Samsung.
  2. Lalu pilih menu Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya.
  4. Masuk ke menu Info Aplikasi dan pilih menu Penyimpanan.
  5. Klik tombol Hapus Data.
  6. Pilih OK untuk membersihkan seluruh data pada aplikasi secara permanen, termasuk file, pengaturan, akun, dan basis data.

Cache pada aplikasi akan terhapus setelah langkah di atas dilakukan. Dengan cara tersebut, semua cache yang ada di ponsel Samsung dapat terhapus secara mudah dan praktis. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan menghapus cache per aplikasi yang terlalu rumit dan merepotkan. Lakukan hal ini secara berkala ya.

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Memori HP Samsung dengan Menghapus File yang Tidak Digunakan

Cara Membersihkan Memori HP Samsung © Diadona

Selain cara di atas, untuk bisa mengosongkan ruang penyimpanan pada HP Samsung, kamu perlu menghapus berkas yang tidak berguna, seperti hasil download, file MP3, video, dan gambar yang tidak digunakan lagi.

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke File Manager pada HP Samsung atau Galeri pada HP Android, dan menghapus file tidak berguna yang ada pada ponsel. Dengan menghapus file yang tidak digunakan, akan memberikan ruang penyimpanan yang kosong pada ponsel Samsung kamu.

Metode ini dapat digunakan untuk membebaskan slot ruang penyimpanan pada HP Samsung dengan mudah dan efektif.

3 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Memori HP Samsung dengan Mereset ke Pengaturan Pabrik

Samsung a20s © Diadona

Jika semua cara di atas masih belum berhasil menghasilkan ruang penyimpanan yang cukup pada HP Samsung, maka opsi terakhir yang dapat dilakukan adalah mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Namun, perlu diingat bahwa dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, semua data yang ada pada HP Samsung akan terhapus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu jika ingin menghapus dan memutuskan menggunakan cara ini.

Dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, akan memberikan ruang penyimpanan yang cukup pada HP Samsung dan membuatnya kembali seperti baru. Namun, cara ini sebaiknya hanya dilakukan jika memang diperlukan, karena mungkin menghapus semua data penting dan membuat pengaturan kembali dari awal.

4 dari 5 halaman

Untuk mengembalikan ponsel Samsung ke setelan pabrik, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Matikan HP Samsung terlebih dahulu.
  2. Saat HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung.
  3. Lepaskan semua tombol dan akan masuk ke menu Android Recovery.
  4. Pilih menu Wipe Data/Factory Reset menggunakan tombol Volume, lalu tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  5. Pilih Factory Data Reset, lalu tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  6. Tunggu sampai proses hard reset selesai.
  7. Pilih Reboot System Now setelah proses hard reset selesai.
  8. Tunggu sampai proses booting selesai dan HP akan kembali ke tampilan awal.

5 dari 5 halaman

Samsung Galaxy A31 © Diadona

Dengan melakukan cara ini, HP Samsung akan dikembalikan ke pengaturan awal dan memori akan dikosongkan. Cara ini sangat efektif untuk memberikan ruang penyimpanan yang cukup pada HP Samsung.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan pada HP Samsung. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini.

Itulah beberapa cara membersihkan memori HP Samsung yang bisa kamu coba lakukan saat storage di ponsel sudah penuh. Coba mulai dari menghapus cache sampai cara yang terakhir yaitu dengan reset ke setelan pabrik. Selamat mencoba!

sumber: projektino.com (Rafina Alfian)

Beri Komentar