Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee, Solusi Privasi Agar Tetap Aman

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 9 Maret 2024 08:00
Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee, Solusi Privasi Agar Tetap Aman
Emang bisa ya menghapus riwayat pesanan di Shopee?

Belanja di Shopee sudah bukan menjadi hal mewah, semua orang bisa melakukan transaksi di Shopee bahkan setiap hari. Nantinya, semua transaksi atau riwayat pesanan di Shopee akan otomatis tercatat di akun kamu ya.

Namun, ada pengguna yang ingin menghapus riwayat pesanan di Shopee karena berbagai alasan termasuk alasan privasi. Pertanyaannya, memangnya ada cara menghapus riwayat pesanan di Shopee? Sayang sekali nggak bisa Diazens.

Tapi selalu ada alternatif kok untuk cara menghapus riwayat pesanan di Shopee. Jadi mari simak detailnya di artikel ini. So, langsung simak ulasannya sampai habis ya!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Shopee © Diadona© Shutterstock.com

Manfaat Riwayat Pesanan yang Tersimpan di Shopee

Terlepas dari kamu ingin menghapus riwayat pesanan di Shopee, menu ini sebetulnya punya banyak manfaat loh. Beberapa manfaat yang bisa berguna buat kamu antara lain adalah sebagai berikut:

Memudahkan Pencarian

Riwayat pembelian sebelumnya dapat membantu kamu mencari kembali transaksi yang pernah dilakukan. Jika kamu ingin melihat detail pesanan tertentu, riwayat pesanan akan membantu kamu menemukannya dengan cepat.

Bukti Pembelian

Riwayat pesanan juga berfungsi sebagai bukti pembelian produk. Jika kamu perlu mengakses informasi tentang pesanan sebelumnya, kamu dapat merujuk ke riwayat pesanan sebagai bukti transaksi.

Pelacakan Pesanan

Dengan riwayat pesanan, kamu dapat dengan mudah melacak status pesanan kamu. kamu dapat memeriksa apakah pesanan sudah selesai, dibatalkan, atau sedang dalam proses pengembalian.

Sebagai Bukti Pesanan yang Sah

Selain itu, riwayat pesanan Shopee juga bisa menjadi bukti transaksi online yang sah di mata hukum. Jadi, apabila ada masalah antara pelanggan dengan penjual atau pun pihak Shopee, kamu bisa membuktikannya secara valid melalui riwayat pesanan ini.

Memudahkan untuk Repeat Order

Karena setiap transaksi yang kamu beli di Shopee telah tersimpan otomatis, kamu pun bisa melakukan repeat order dengan lebih praktis. Cukup dengan membuka halaman “ Pesanan Saya” dan memilih produk apa yang ingin dibeli kembali. Kamu pun bisa langsung melakukan repeat order dengan mudah dan cepat.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Shopee © Diadona© shutterstock.com/id/g/bundid+vc

Cara Menghapus Riwayat Pesanan Shopee

Setelah menggunakan Shopee untuk berbelanja, seluruh riwayat transaksi akan tersimpan dalam sistem secara kronologis. Meskipun kamu menggunakan aplikasi Shopee selama berapa lama pun, semua riwayat pesanan akan tetap tercatat dalam aplikasi.

Mulai dari transaksi awal saat kamu pertama kali menggunakan Shopee hingga riwayat pesanan terkini. Beberapa pengguna mungkin merasa tidak nyaman dengan fitur riwayat transaksi ini, sehingga mereka mencari cara untuk menghapus riwayat pesanan di Shopee.

Sayangnya, tidak ada cara untuk menghapus riwayat pesanan Shopee, kecuali pengguna mengajukan penghapusan akun Shopee. Dengan menghapus akun, semua transaksi dan informasi terkait dapat dihilangkan.

Namun, perlu diingat bahwa Shopee saat ini belum memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus histori transaksi mereka. Jadi, satu-satunya jalan hanya menghapus akun ya, Diazens.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Shopee © Diadona© Shutterstock.com

Cara Menghapus Akun Shopee

Jika kamu masih ingin lanjut, berikut untuk langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghapus akun.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu Saya.
  • Klik ikon Pengaturan (tanda roda gigi).
  • Pilih Ajukan Penghapusan Akun.
  • Klik OK.
  • Lanjutkan dengan memilih metode verifikasi.
  • Lakukan proses verifikasi sesuai metode yang dipilih.
  • Isi alasan penghapusan akun.
  • Masukkan alamat email kamu.
  • Centang kotak setuju dengan Syarat & Ketentuan penghapusan akun.
  • Klik Kirim.
  • Terakhir, pilih Konfirmasi.

Perlu kamu ingat juga ya, bahwa setelah mengajukan penghapusan akun, keputusan ini tidak dapat diubah dan akun kamu akan siap untuk dihapus.

Ketika akun Shopee terhapus, secara otomatis semua data juga ikut terhapus, termasuk riwayat pembelian, pembayaran, penjualan, dan penarikan dana. Jika masih memiliki saldo ShopeePay atau koin Shopee sebaiknya kamu menggunakannya terlebih dahulu atau menariknya ke rekening bank karena biasanya saldo yang masih tersisa akan ikut terhapus.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Shopee © Diadona© Shutterstock.com

Privatisasi Akun Shopee

Pada dasarnya, Shopee tidak mengizinkan pengguna antar pengguna untuk saling melihat aktivitas belanja satu sama lain. Namun, terkini ada fitur 'Aktivitas teman' yang memungkinkan untuk berbagi pengalaman berbelanja.

Nah, jika kamu tidak berkenan berbagi mengenai hal tersebut, ada cara menonaktifkan yang bisa lakukan.

Menonaktifkan Fitur Aktivitas Teman

Shopee memiliki fitur “ Aktivitas Teman” di halaman chat yang memungkinkan pengguna berbagi pengalaman belanja dengan pengguna lain.
Kamu dapat menonaktifkan fitur ini dengan langkah berikut:

  • Ketuk “ Pengaturan Akun”.
  • Pilih “ Pengaturan Privasi”.
  • Klik “ Sembunyikan aktivitas saya” untuk beberapa aktivitas yang ingin disembunyikan.

5 dari 6 halaman

Jika Kamu ingin menghapus riwayat pesanan secara selektif, Kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee melalui ponsel Kamu.
  • Tekan tombol “ Saya” di bagian kanan bawah.
  • Pilih menu “ Pengaturan Akun”.
  • Tekan tombol “ Pengaturan Privasi”.
  • Jika muncul laman “ Pengaturan Status Sosial”, klik " Nonaktifkan" .

Ada beberapa tipe konten yang dapat dilihat teman kamu dari fitur ini, di antaranya:

  • Penilaian dan ulasan produk.
  • Produk yang dibeli.
  • Teman yang baru bergabung di “ Aktivitas Teman”.
  • Ketika kamu atau temanmu mengganti foto profil.
  • Ketika kamu atau temanmu menyukai sebuah penilaian.

Jadi, ketika kamu memesan produk di Shopee dan mengaktifkan fitur ini, pengguna yang menjadi temanmu bisa melihatnya.

Itu ya Diazens ulasan terkait cara menghapus riwayat pesanan Shopee yang semoga bisa bermanfaat buat kamu. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar