8 Cara Mengatasi Layar Green Line Pada HP, Auto Nyaman Scroll-Scroll Medsos deh

Reporter : Yoyok
Kamis, 7 Maret 2024 18:22
8 Cara Mengatasi Layar Green Line Pada HP, Auto Nyaman Scroll-Scroll Medsos deh
Garis hijau atau green line pada HP tentunya bakal menggangu penggunaan HP.

Cara mengatasi layar green line atau garis hijau tidak selalu melulu di bawa ke tukang servis. Sebenarnya, kamu bisa lho untuk mengatasinya sendiri, tanpa perlu bantuan ahli.

Di zaman sekarang, HP atau handphone sudah menjadi komoditi pokok setiap orang dalam beraktivitas. HP kini bisa digunakan untuk bekerja atau menjadi sumber pendapatan, transportasi, hingga memesan makanan sekalipun. Bisa dibilang, kamu akan kesulitan hidup jika tidak memiliki handphone di masa sekarang.

Dengan masifnya penggunaan HP setiap harinya, jangan kaget jika gadget satu ini bakal rusak. HP merupakan barang elektrnik yang jika digunakan terus-menerus tentu bakalan rusak. Salah satu bagian HP yang sering rusak adalah layar.

Layar HP yang sering disentuh tentu bakal cepat rusak jika penggunaannya tidak hati-hati. Tentu banyak dari Diazens yang sering mengalami masalah garis hijau atau green line pada HP. Masalah satu ini sering kali muncul secara tiba-tiba dan mengganggu penggunaan HP.

Namun, jangan sedih dan jangan galau, karena kamubisa banget mengatasi hal ini sendiri, tanpa bantuan tenaga ahli. Tim Diadona telah merangkum berbagai cara mengatasi green line atau garis hijau yang bisa kamu coba. Yuk disimak guys.

1 dari 5 halaman

Penyebab Green Line pada HP

Mengatasi Layar Green Line © Diadona© shutterstock.com

Namun, sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab green line pada HP. Ada beberapa penyebab green line pada HP yang perlu kalian ketahui.

Layar Rusak

Salah satu penyebab utama terdapat garis hijau atau green line pada HP adalah karena kerusakan layar. Faktornya pun bisa bermacam-maca, seperti benturan, layar terlalu ditekan, atau ada komponen yang rusak.

Masalah Jaringan Kabel

Penyebab kedua yaitu adanya permasalahan pada jaringan kabel. Kabel yang dimaksud yaitu yang menghubungan antara layar dengan sirkuit HP. Kerusakan atau sekedar jaringan yang lemah pada kabel dapat membuat munculnya green line pada HP.

GPU Bermasalah

GPU (Graphics Processing Unit) juga bisa mengalami kerusakan. Ada beberapa alasan yang membuat GPU bisa bermasalah, contohnya seperti kelembapan atau terlalu panas.

Goresan di Layar

Layar tergores akan menimbulkan bekas. Nah, goresan ini berpotensi memunculkan garis hijau atau green line pada layar.

Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software juga bisa menjadi penyebab munculnya green line pada HP. Walaupun terbilang jarang, namun kerusakan software seperti bug berpotensi memunculkan green line.

Itulah beberapa penyebab munculnya green line atau garis hijau pada layar HP. Nah, bagian ini yang kalian tunggu-tunggu. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi green line pada layar HP.

2 dari 5 halaman

Mengatasi Green Line dengan Cek Layar

Pertama-tama, jika muncul green line pada HP< sebaiknya periksa atau cek layar terlebih dahulu. Pastikan secara fisik layarnya jika muncul green line pada HP.

Cek apakah terdapat retakan atau kerusakan lain pada layar HP. Jika ada kerusakan, maka kamu perlu tenaga ahli untuk memperbaikinya. Jika tidak, bisa banget kamu atasi sendiri.

Mengatasi Layar Green Line © Diadona© shutterstock.com

Mengatasi Layar Green Line dengan Safe Mode

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan safe mode. Mode aman atau safe mode akan membuat kamu hanya menggunakan aplikasi bawaan dari HP.

Jadi, kamu tidak akan bisa memfungsikan aplikasi pihak ketiga yang bisa jadi penyebab munculnya green line pada HP.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Layar Green Line dengan Restast HP

Cara mengatasi layar terkena green line selanjutnya yaitu dengan me-restart HP. Kadang-kadang, masalah green line di HP bisa diatasi dengan restart. Kalau begini, maka masalah green line di HP tergolong sementara.

Matikan HP, tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Jika garis hijanya menghilang, maka masalah terselesaikan.

Mengatasi Layar Green Line © Diadona© shutterstock.com

Mengatasi Layar Green Line dengan Uninstal Aplikasi

Penyebab green line pada HP tidak selalu karena kerusakan HP atau layar. BIsa saja penyebabnya karena aplikasi yang ada dalam HP tersebut.

Cek apakah munculnya green line pada HP setelah kamu meng-instal sebuah aplikasi. Jika ia, maka segera hapus aplikasi tersebut.

4 dari 5 halaman

Mengatasi Layar Green Line dengan Factory Reset

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi layar green line yaitu dengan factory reset. Namun, ada beberapa hal yang mestinya kamu persiapkan untuk melakukan factory reset.

Factory reset bakal menghapus segala data yang ada di HP kamu. Maka dari itu,pastikan untuk memindahkan terlebih dahulu data-data yang penting untuk disimpan.

Mengatasi Layar Green Line © Diadona© shutterstock.com

Mengatasi Layar Green Line dengan Update OS

Kamu bisa mengatasi layar green line pada HP dengan meng-update OS. Pastikan OS HP-mu sudah dalam versi terbaru.

Update OS juga dapat melakukan perbaikan pada layar dan tentu saja dapat menghilangkan green line pada HP.

5 dari 5 halaman

Mengatasi Layar Green Line dengan Mengganti LCD

Mengganti LCD bisa menjadi jawab untuk menyelesaikan masalah garis hijau pada HP. Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan, maka bisa jadi kerusakan terjadi pada perangkat keras, khususnya layar atau LCD. Kalau sudah begini, bisa jadi LCD HP-mu perlu untuk diganti.

Mengatasi Layar Green Line © Diadona© shutterstock.com

Mengatasi Layar Green Line dengan Dibawa di Tukang Servis

Jika kamu tidak tahu menahu cara untuk memperbaiki green line pada layar HP, maka cara yang paling praktis adalah dengan diperbaiki ke tukang servis. Tentu kamu akan merogoh kocek dalam perbaikannya. Namun, hasilnya bisa maksimal dan tidak ada lagi green line di HP-mu.

Itulah beberapa cara mengatasi layar green line yang bisa kalian lakukan. Semoga setelah diperbaiki, garis hijaunya tidak akan muncul lagi ya Diazens.

Beri Komentar