Daftar Seleksi CPNS, Berikut Cara Swafoto di SSCASN 2023 dan Ketentuannya

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 5 Oktober 2023 09:27
Daftar Seleksi CPNS, Berikut Cara Swafoto di SSCASN 2023 dan Ketentuannya
Simak kalau ingin tahu ketentuan dan cara swafoto di SSCASN 2023

Cara swafoto di SSCASN 2023 penting sebagai syarat buat daftar seleksi CPNS 2023. Dari sekian banyak syarat, swafoto ini jangan sampe kamu lewatkan atau lakukan kesalahan.

Bagi kamu yang ingin mengikut seleksi CPNS 2023, kamu mungkin masih bingung kira-kira syarat dan ketentuan apa saja yang diperlukan, atau bagaimana cara swafoto di SSCASN 2023. Apakah baju yang digunakan ketika swafoto? Bagaimana pose yang sesuai ketentuan? Dan masih banyak lagi.

Kamu perlu memperhatikan syarat swafoto ini biar nggak mengalami masalah saat proses mendaftar. Lalu, bagaimana cara swafoto di SSCASN 2023 dan apa saja syaratnya? Berikut Diadone telah mengulas informasi tersebut untuk kamu.

1 dari 5 halaman

Apa itu SSCASN?

Apa itu SSCASN? © Diadona

Sebelum lebih lanjut, kamu perlu tau dulu nih apa itu SSCASN. Dilansir dari website BKN (Badan Kepegawaian Negara), SSCASN atau Sistem Seleksi Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi.

Dalam mendaftar CPNS 2023 melalui SSCASN, ada beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan atau penuhi agar eligible. Pendaftar harus menyiapkan dokument KTP, ijazah, akta kelahiran, dan dokumen lainnya. Kemudian, syarat selanjutnya adalah verifikasi identitas melalui swafoto diri di sistem SSCASN. 

Jika kamu tertarik untuk mendaftar seleksi CPNS 2023, kamu bisa membuka wesbite https://sscasn.bkn.go.id/ dan membuat akun pendaftaran. Kemudian, tinggal mengikuti segala persyaratan yang ada sampai selesai. Adapun syarat-syarat daftar seleksi CPNS 2023 yang perlu kamu siapkan:

  1. Nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan)

  2. Nomor KK (Kartu Keluarga)

  3. NPWP kalau ada

  4. Nomor telepon aktif

  5. Alamat email aktif

  6. Surat Tanda Registrasi (STR) atau Surat Izin Praktik (SIP) apabila kamu seorang tenaga medis

 

2 dari 5 halaman

Ketentuan Swafoto di SSCASN 2023

Ketentuan Foto SSCASN © Diadona

Adapun beberapa ketentuan foto yang perlu kamu perhatikan sebelum mengetahui cara swafoto di SSCASN 2023. Ketentuan ini penting agar hasil swafoto kamu sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah. Berikut adalah ketentuannya:

  1. Foto harus menampilkan wajah pendaftar dengan jelas dan tidak buram.

  2. Pendaftar wajib menggunakan pakaian rapi dan sopan saat melakukan swafoto.

  3. Penggunaan latar belakang dibebaskan.

  4. Foto sebaiknya diambil dengan pencahayaan yang maksimal atau cukup agar wajah terlihat jelas.

  5. Foto diambil dalam posisi tegak atau potrait.

Adapun ketentuan foto formal yang harus diunggah selain melakukan swafoto di aplikasi SSCASN, yaitu:

  1. Foto menggunakan latar belakang merah.

  2. Pendaftar menggunakan kemeja putih.

  3. Foto berukuran maksimal 200KB.

  4. Foto menggunakan format JPG atau JPEG.

  5. Foto adalah foto terbaru dengan minimal 3 bulan terakhir.

Jadi, sebelum kamu mendaftar atau melakukan swafoto, pastikan kamu telah mengetahui dan mempersiapkan syarat-syarata pendaftarannya ya, Diazens!

3 dari 5 halaman

Cara Swafoto di SSCASN 2023

Cara Swafoto SSCASN © Diadona

Setelah kamu mengetahui ketentuan dan juga telah mempersiapkan diri untuk melakukan swafoto, langkah selanjutnya adalah melakukan cara swafoto di SSCASN 2023. 

Swafoto ini berfungsi untuk melakukan face recognition setelah kamu lolos seleksi administrasi untuk tes SKD. Tujuannya adalah untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam proses seleksi CPNS 2023. 

Berikut adalah cara swafoto di SSCASN 2023:

  • Langkah pertama, buka website https://sscasn.bkn.go.id/ dan lakukan pembuatan akun SSCASN kamu.

  • Untuk membuat akun, klik tombol titik tiga di sisi kanan atas aplikasi, lalu klik tombol ‘Buat Akun’.

  • Kemudian, isi data diri yang diminta pada formulie pembuatan akun SSCASN sesuai ketentuan, seperti nama lengkap, NIK, KK, tanggal lahir, tempat lahir, dan sebagainya.

  • Selanjutnya, lakukan unggah foto KTP sesuai ketentuan (ukuran maksimal 200KB).

  • Kemudian, di bagian bawah formulir akan terdapat tempat atau kolom untuk swafoto. Klik opsi ‘Ambil Foto’.

  • Lalu, izinkan akses aplikasi terhadap webcam laptop kamu dan mulailah untuk mengambil swafoto sesuai dengan ketentuan yang diminta.

  • Kamu dapat melakukan swafoto ulang jika merasa foto yang kamu ambil masih kurang pas dengan klik ‘Foto Ulang’.

  • Jika sudah pas, klik ‘Simpan Foto’ maka akan muncul keterangan ‘Swafoto berhasil’ di layar aplikasi.

 

4 dari 5 halaman

Tips Melakukan Cara Swafoto di SSCASN 2023

  • Cek dulu webcam di laptop kamu apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kamu merasa webcam kamu begitu buram, kamu dapat menggantinya dengan webcam eksternal atau menggunakan aplikasi yang bisa mengekstensi webcam dengan kamera HP.

  • Pastikan kamu telah memberikan akses webcam di website SSCASN. Hal ini untuk menghindari terjadinya error saat melakukan swafoto.

  • Usahakan jangan menggunakan kacamata. Kacamata cenderung menimbulkan refleksi cahaya penerangan kamu saat melakukan swafoto. Refleksi di kacamata yang berlebihan cenderung akan menutupi wajah kamu.

  • Dalam mengunggah foto formal, jika foto kamu berukuran lebih dari 200KB, kamu bisa melakukan kompress foro tersebut secara online.

  • Usahakan melakukan swafoto saat siang hari dengan pencahayaan alami jika kamu tidak memiliki perangkat lighting yang memadai. 

  • Pastikan koneksi atau jaringan internet kamu bagus saat melakukan unggah foto atau swafoto untuk menghindari terjadinya error.

Sekian ulasan terkait cara swafoto di SSCASN, apa saja ketentuannya, dan sedikit tips buat kamu pas mau melakukan swafoto. Apabila kamu merasa memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait seleksi CPNS 2023 ataupun SSCASN, kamu dapat menggunakan fitur helpdesk yang tersedia di lama web SSCASN.

Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil ikut seleksi CPNS 2023 ya, DIazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar