Ini lho Cara Menyembunyikan Nomor HP di Telegram, Gampang Banget!

Reporter : Yoyok
Kamis, 21 Maret 2024 14:30
Ini lho Cara Menyembunyikan Nomor HP di Telegram, Gampang Banget!
Nomor HP memang hal yang sangat privasi di zaman sekarang, jadi tidak bisa disebarluaskan dengan sembarangan.

Cara menyembunyikan nomor HP di Telegram ternyata gampang banget dan bisa dilakukan saat ini juga. Buat kamu yang sering chattingan, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi chat Telegram.

Telegram bia dibilang hampir dengan WhatsApp. Namun, ada beberapa fitur di Telegram yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. Maka dari itu, tidak heran jika sudah banyak yang beralih dari WhatsApp ke Telegram.

Salah satu fitur di Telegram adalah dapat menyembunyikan nomor HP. Seperti kalian tahu, di zaman sekarang, nomor HP sudah menjadi hal yang sangat privasi. Kini, kamu tidak bisa sembarangan untuk memberikan nomor HP kepada orang lain. Hal ini dikarenakan nomor HP kini tersambung dengan berbagai keperluan seperti akun medsos, belanja online, hingga perbankan sekalipun.

Telegram memiliki fitur yang dapat merahasiakan nomor penggunanya. Berikut ini adalah cara menyembunyikan nomor HP di Telegram.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Telegram?

cara menyembunyikan nomor HP di telegram © Diadona© shutterstock.com/DenPhotos

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, mari kita kenalan dulu dengan aplikasi chatting satu ini. Telegram merupakan platform komunikasi instan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, foto, video, dan file lainnya secara cepat dan aman. Diluncurkan pada tahun 2013 oleh Pavel Durov, Telegram menawarkan fitur-fitur seperti obrolan grup dengan anggota hingga ribuan orang, obrolan pribadi, obrolan rahasia yang dienkripsi end-to-end untuk keamanan tambahan, serta kemampuan untuk membuat saluran dan bot.

Selain itu, Telegram juga mendukung panggilan suara dan video. Kelebihan Telegram meliputi kecepatan pengiriman pesan, dukungan untuk berbagai platform, seperti perangkat mobile dan desktop, serta fokus pada privasi dan keamanan data pengguna.

2 dari 3 halaman

Cara Menyembunyikan Nomor HP di Telegram

cara menyembunyikan nomor HP di telegram © Diadona© shutterstock.com/PixieMe

Seperti disebutkan sbelumnya, Telegram cukup fokus dalam mengurusi keamanan para penggunanya. Salah satu bentuk Telegram dalam membuat aman para penggunanya adalah dengan menyembunyikan nomor HP user. Berikut ini adalah cara menyembunyikan nomor HP di Telegram yang bisa kamu coba:

1. Buka aplikasi Telegram di HP.

2. Klik ikon titik tiga (atau menu tiga baris) di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Scroll ke bawah dan temukan opsi " Pengaturan" . Klik opsi ini untuk membuka menu pengaturan.

4. Di dalam menu pengaturan, cari dan klik opsi " Edit Profil" atau " Profil" untuk mengakses pengaturan profil.

5. Di dalam menu profil, kamu akan melihat nomor telepon yang terhubung dengan akun. Klik nomor telepon tersebut.

6. Setelah klik nomor telepon, kamu akan melihat opsi untuk mengatur privasi nomor tersebut. Di sini, kamu dapat memilih untuk menentukan siapa yang dapat melihat nomor teleponmu.

7. Ada beberapa opsi privasi yang tersedia, seperti " Semua orang" , " Kontak Saya" , atau " Tidak Ada" . Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi kamu. Jika ingin benar-benar menyembunyikan nomor telepon dari semua orang, pilih opsi " Tidak Ada" .

8. Setelah kamu memilih opsi privasi yang diinginkan, pastikan untuk menyimpan perubahan tersebut dengan menekan tombol " Simpan" atau tanda centang yang mungkin ada di layar.

3 dari 3 halaman

Cara Menghapus Akun Telegram

cara menyembunyikan nomor HP di telegram © Diadona© shutterstock.com/Carlos_Pascual

Kamu juga bisa menghapus akun Telegram lho. Opsi ini bisa kamu lakukan di aplikasinya tersebut. Berikut ini adalah cara menghapus akun Telegram:

1. Buka aplikasi Telegram yang dimiliki di HP.

2. Apabila sudah, kamu bisa pilih ikon garis tiga yang berada di kiri atas dan klik setting atau pengaturan.

3. Selanjutnya pilih Privacy and Security, lalu pilih Delete My Account.

4. Nah karena ini adalah cara menghapus akun Telegram secara permanen, jadi kamu pilih If Away For dengan menentukan durasi hapus akun sementara, bisa 1, 3, 6, atau 12 bulan yang setara 1 tahun.

5. Khusus untuk cara menghapus akun Telegram permanen, kamu wajib untuk tidak membuka kembali akun dalam kurun waktu yang sudah kamu pilih tadi.

6. Misal nih, kamu memilih pilihan yang default (pasti jangka 6 bulan), maka dalam 6 bulan akun kamu akan dihapus sementara dan setelahnya dihapus permanen.

Itulah cara menyembunyikan nomor HP di Telegram agar privasimu selalu terjaga. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar