Cara Membuat Footnote Supaya Mahasiswa Bisa Bikin Dosen Smile

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 21 Oktober 2022 09:47
Cara Membuat Footnote Supaya Mahasiswa Bisa Bikin Dosen Smile
Dalam penulisan, khususnya dalam sebuah tulisan ilmiah seperti penelitian peran footnote atau catatan kaki cukup signifikan, oleh karena itu mari cari tau cara membuat footnote.

Pengetahuan footnote dalam dunia menulis tulisan ilmiah, seperti penulisan penelitian semakin perlu untuk diketahui, khususnya bagi para mahasiswa yang 24/7 pasti ketemu dengan yang namanya menulis makalah, penelitian, ataupun laporan. Jadi bagaimana cara membuat footnote?

Footnote atau catatan kaki sendiri adalah sebuah catatan yang berada di bagian bawah lembar halaman, itulah sebabnya disebut catatan kaki. Footnote berisi berbagai sumber rujukan yang dipakai pada paragraf halaman lembar tersebut. Penting sekali bukan? Ayo kita cari tahu cara membuat footnote!

 

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Footnote di word

Aplikasi pemberi layanan kebutuhan kantor dari Microsoft, yaitu Microsoft Word pasti sudah sering kita dengar dan pakai. Ternyata di ada cara membuat footnote di Word loh, supaya memudahkan kita dalam menulis footnote lebih cepat, ringkas, dan mudah.

Dilansir langsung dari support.microsoft.com, mereka memberi tau caranya bagaimana membuat footnote dengan benar

  • Klik di mana Anda ingin menambahkan catatan kaki.

  • Klik Referensi > Menyisipkan Catatan Kaki.
    Word menyisipkan tanda referensi di teks dan menambahkan tanda catatan kaki di bagian bawah halaman.

    Cara Membuat Footnote di word © Diadona

  • Ketik teks catatan kaki.

  • Selesai! Footnote mu telah ditambahkan di halaman Word kamu

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Footnote dari jurnal

Cara Membuat Footnote dari jurnal © Diadona

Ini dia nih cara membuat footnote dari jurnal

  • Selesaikan Tulisan

Cara buat footnote dari jurnal yang pertama adalah selesaikan tulisan. Biasanya footnote dicantumkan setelah satu gagasan dari sumber selesai ditulis.

Contoh:

Merujuk jurnal terbitan Star, Reskia adalah penulis artikel blog disaya yang menyajikan konten seputar karya ilmiah.¹

Nah, kalau gagasan di kalimat yang kamu rujuk sudah selesai baru beri tanda angka yang dipangkatkan di atas.

  • Kasih Angka Arab Pangkat Atas

Kalau sudah, kasih angka arab (1, 2, 3, 4,….) tepat setelah titik dari kalimat yang kamu tuliskan.

  • Kasih 7 Ketukan Saat ingin Menulis Footnote

Nomor tersebut perlu menjorok ke dalam sebanyak 7 ketukan spasi, Ketentuan ini juga opsional tergantung panduan penulisan dari kampus atau instansi.

  • Tulis Footnote Sesuai Unsur

Pada pembahasan tadi, saya sudah menjelaskan unsur-unsurnya, ikuti unsur-unsur tersebut hingga titik.

  • Jarak Antar Nomor 1 Spasi

Terakhir untuk cara buat footnote dari jurnal, yaitu Kalau kamu ingin mengatur spasi di bagian footnote tersebut, kasih jarak satu spasi.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Footnote dari buku

Cara Membuat Footnote dari buku © Diadona

Buku menjadi salah satu sumber rujukan utama dalam penelitian. Penulisan buku sebagai footnote sedikit berbeda dengan jurnal, karena ada beberapa bagian yang hanya dimiliki oleh buku dan dilain sisi ada bagian yang hanya dimiliki jurnal. Penasaran? Yuk disimak cara membuat footnote dari buku.

Dilansir dari gramedia.com  langkah-langkahnya adalah sebagai berikut 

Cara menulis footnote dari buku dimulai dari nama depan penulis nama belakang, judul buku (huruf miring), edisi buku (kota penerbit, nama penerbit, tahun), halaman yang dikutip.

Contoh:

¹Sri Utami dkk, Bahasa Inggris Level 5 (Yogyakarta: PT. Gramedia: 2003), hal. 5.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Footnote dari internet

Cara Membuat Footnote dari internet © Diadona

Sumber rujukan suatu penelitian tidaklah terbatas oleh buku atau jurnal saja, bahkan artikel yang bersumber di internet juga dapat dijadikan bahan rujukan, asal memiliki kredibilitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Jadi bagaimana cara membuat footnote dari internet?

Dilansir dari ridwaninstitute.co.id terdapat langkah-langkahnya

  • Cara Menulis Footnote Dari Internet Tanpa Ada Pengarang Maupun Ada

Langkah ini wajib sekali, bahkan dalam cara membuat daftar pustaka juga nama penulis mesti ditulis terlebih dahulu. cara menulis footnote dari internet yang benar dengan menuliskan nama depan terlebih dahulu, Misalnya: Aeh Fariah.

  • Menuliskan Judul Tulisan yang Dikutip

Beda pada cara menulis daftar pustaka dari internet, membuat judul pada catatan kaki pada internet tidak ditulis dengan huruf miring, melainkan dengan huruf biasa dan tanda penanda petik dua (” “ ). Misalnya: “ Bagaimana Cara Publikasi Jurnal?”

  • Menulis Alamat Situs atau Blog yang Dikutip (Link)

Setelah nama pengarang dan judul tulisan ditulis, selanjutnya adalah menulis alamat situs atau blog yang tulisannya kamu kutip. Contohnya: https://ridwaninstitute.co.id/cara-publikasi-jurnal

  • Menuliskan waktu kamu mengakses

Langkah terakhir dalam cara menulis footnote dari internet adalah penulisan waktu di mana situs atau blog itu diakses.

Cara menulisnya adalah dengan menuliskan frasa “ diakses pada” yang kemudian diiukti oleh tanggal situs diakses, dan waktu situs tersebut diakses dan kesemua itu ditulis di dalam satu tanda kurung ( ( ) ).

Misalnya: (diakses pada 21 Juni 2021, pukul 19.55).

Contoh: 

Aeh Fariah, “ Bagaimana cara publikasi jurnal?” https://ridwaninstitute.co.id/cara-publikasi-jurnal (diakses pada 21 Juni 2021, pukul 19.55).

Cara membuat footnote mudah sekali bukan? Namun, setiap instansi atau kampus pasti memiliki template atau cara penulisan footnote masing-masing, jadi ikuti template penulisan footnote di instansi atau kampus bernaung kamu dulu ya! Semoga bermanfaat!!

Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi

Baca Juga: Cara Membuat PDF di HP Mudah, Sekali Baca Langsung Paham Cara Membuat PDF Anti Ribet dan Anti Copy Cara Membuat Blog Pribadi Simple yang Menghasilkan, Tentunya Gratis Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet dengan Mudah Tanpa Pusing 7 Keliling 6 Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal yang Mudah

Beri Komentar