Cara Membuat Alamat Email Pribadi dan Profesional untuk Perusahaan yang Gampang dan Gak Pakai Ribet

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 21 Oktober 2022 09:28
Cara Membuat Alamat Email Pribadi dan Profesional untuk Perusahaan yang Gampang dan Gak Pakai Ribet
Diadona bakal bagikan tips dari cara membuat alamat email yang gampang dan gak pakai ribet!

Bikin alamat email sendiri untuk pribadi bisa kamu lakukan dengan menggunakan Hp atau laptop. Selain itu, kamu yang memiliki bisnis atau perusahaan juga bisa membuat alamat email profesional untuk digunakan sebagai fitur komunikasi dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan. Cara membuat alamat email baik sendiri maupun profesional juga gampang!

Dilansir dari beberapa sumber, Diadona telah siapkan cara membuat alamat email dengan Gmail, icloud untuk pengguna Apple user, dan profesional untuk perusahaan dengan cara yang gratis maupun berbayar.

Simak dengan baik langkah-langkah cara membuat alamat email di bawah ini ya!

 

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Alamat Email Gmail

Ilustrasi Gmail © Diadona

Dilansir dari Support Google, kamu bisa membuat alamat email yang baru dengan menggunakan layanan dari Google yaitu Gmail. Nah, berikut merupakan cara membuat alamat email melalui Gmail yang bisa kamu ikuti

  1. Buka aplikasi Gmail dalam Hp

  2. Lalu klik create new account atau tekan profile di pojok kanan atas akun gmail yang sudah dimiliki dan tekan opsi tambah akun lainnya lalu pilih google

  3. Lalu tampilan layar akan berubah menjadi tulisan Login, kalian dapat menekan create new account atau buat akun di pojok kiri bawah kemudian pilih ‘For myself’. 

  4. Lalu kalian dapat mengisi informasi dengan mengisi nama depan dan nama belakang klik selanjutnya lalu mengisi  tanggal bulan lahir dan gender, lalu klik selanjutnya

  5. Setelah itu, kalian diharuskan memilih alamat gmail yang sudah tersedia oleh Google. Kalian juga memiliki opsi membuat alamat Gmail sendiri. Jika kalian memilih opsi tersebut, sebaiknya gunakan alamat email yang unik dan tidak sama dengan orang lain.

  6. Lalu jika sudah, klik selanjutnya dan buat password. Disini dianjurkan oleh Google untuk membuat password yang rumit dengan ketentuan minimal 8 karakter dan terdapat campuran huruf, angka, dan simbol.

  7. Setelah menekan selanjutnya, kalian diminta untuk menambahkan nomor telepon. Maksud dan tujuan menambahkan nomor telepon disini untuk mereset kata sandi apabila kalian lupa, membantu menjaga keamanan atau verifikasi akun, dan lainnya

  8. Jika sudah, akan ada pratinjau akun, untuk mengecek kesesuaian nama alamat email dan lainnya.

  9. Langkah terakhir, nantinya akan muncul tampilan ‘Privasi dan persyaratan’ kalian dapat menekan ‘Saya setuju’ atau ‘I agree’ di bagian bawah.

  10. Alamat email melalui Gmail sudah selesai dibuat dan bisa digunakan.

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Alamat Email iCloud

 

Bagi kamu pengguna Apple user seperti Iphone, Ipad, dan Macbook yang ingin mengetahui cara membuat alamat email icloud untuk menyimpan atau backup foto, video, dan data-data lainnya agar lebih aman dan menghemat storage device, bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini ya!

  1. Buka pengaturan pada Iphone atau Ipad

  2. Lalu pilih option icloud, kemudian tekan tombol “ Mail” dan pilih option “ ON” untuk membuat alamat email baru

  3. Masukkan nama untuk membuat alamat email “ name@icloud.com

  4. Jika sudah tekan tombol OK dan konfirmasi akun dengan membuka aplikasi Mail untuk mendapatkan pengaturan alamat email icloud baru serta konfirmasi dari apple

Berbeda dengan langkah-langkah diatas, begini cara membuat alamat email icloud melalui Macbook yang bisa kamu ikuti

  1. Buka menu Apple lalu pilih “ System Preferences”

  2. Kemudian tekan tombol “ icloud” dan centang bagian kota untuk Mail

  3. Kemudian kamu akan disuruh memasukkan alamat email icloud yang diinginkan. Jika sudah tekan OK.

  4. Selanjutnya akan ada konfirmasi mengenai alamat email yang telah kamu pilih dan buat, kamu bisa menekan Create

  5. Lalu buka aplikasi Mail dalam Mac dan ketik alamat email icloud yang baru dibuat

  6. Alamat email icloud melalui Mac telah siap untuk digunakan

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Alamat Email Profesional Perusahaan

cara membuat email perusahaan © Diadona

Selain membuat alamat email pribadi, email juga bisa dibuat untuk profesional perusahaan. Dengan menggunakan alamat email profesional, perusahaan bisa memudahkan untuk menjangkau data-data dari karyawan, proses administrasi, nama domain perusahaan lebih dikenal lagi di masyarakat, dan lainnya.

Cara membuat alamat email perusahaan bisa melalui online atau gratis dan ada juga nih yang berbayar. Kamu bisa dengan bebas ingin memilih opsi membuat alamat email profesional perusahaan menggunakan cara yang mana. Dilansir dari brilio.net, Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti

Cara membuat alamat email perusahaan gratis

  1. Kamu bisa membuka cPanel lalu tekan menu Email accounts

  2. Setelah itu tekan " Create"

  3. Lalu nantinya kamu akan diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan, seperti pilihan domain, username, email, password, dan lainnya

  4. Jika sudah terisi semua, tekan " Create" dan kamu sudah berhasil membuat alamat email profesional perusahaan

Selain itu, kamu juga bisa membuat alamat email perusahaan dengan cara berbayar menggunakan G Suite. Begini cara membuatnya

  1. Buka website G suite

  2. Kemudian tekan tombol " Uji Coba Gratis"

  3. Pilih jumlah orang yang telah bekerja pada perusahaan

  4. Jika kamu sudah memiliki akun domain, maka isi nama domain website perusahaan atau bisnis, lalu tekan konfirmasi

  5. Lalu kamu akan diminta untuk membuat akun Gmail perusahaan dan mengisi beberapa informasi 

  6. Jika sudah kemudian tekan " Agree" dan buat akun

Nah itu dia beberapa cara membuat alamat email yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Diazen!

Penulis: Safira Aulia

Beri Komentar