11 Cara Membuat Foto Menjadi HD di Smartphone dan PC

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 20 Oktober 2022 07:49
11 Cara Membuat Foto Menjadi HD di Smartphone dan PC
Berikut tips cara membuat foto menjadi HD yang mudah dan cocok banget buat pemula! Pastinya praktis dan anti ribet.

Berselancar di sosial media sudah menjadi rutinitas yang tidak lepas bagi sebagian orang. Untuk membuat profile sosial media menjadi menarik, tentu kita perlu foto yang bagus. Belajar fotografi menjadi salah satu solusi untuk membuat foto yang menarik. Namun, terkadang kita mendapatkan masalah pada kualitas foto. 

Mendapatkan momen tertentu dalam fotografi tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kita mendapatkan momen yang bagus namun kualitas gambarnya buruk. Kamu pasti akan merasa kesal jika hal itu terjadi pada fotomu. Tapi tidak perlu khawatir, ada cara membuat foto menjadi HD.

Cara ini sangat mudah, kamu bisa melakukannya di HP ataupun PC kamu. Beberapa cara memerlukan aplikasi tambahan, namun ada cara yang tidak memerlukan aplikasi.

Berikut diadona rangkumkan beberapa cara membuat foto menjadi HD, yuk disimak!

 

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Foto Menjadi HD Menggunakan Aplikasi

Cara membuat foto menjadi HD menggunakan Aplikasi © Diadona

Cara membuat foto menjadi HD dengan aplikasi ini dapat kamu lakukan di PC maupun HP. Cara melakukannya juga cukup mudah. Kamu bisa mengikuti langkah berikut:

Menggunakan aplikasi Photoshop

  • Download aplikasinya di HP dan PC kamu
  • Buka aplikasi dan pilih menu “ Choose Image” untuk memilih foto yang akan di Edit.
  • Kemudian cari tulisan “ Resample” lalu klik, kemudian klik “ interpolation Method”
  • Akan muncul beberapa pengaturan untuk mengedit, kamu bisa edit sesuai selera.
  • Setelah selesai, kamu bisa menyimpannya dengan klik “ OK”

Menggunakan aplikasi Lightroom

  • Download aplikasi di HP dan PC kamu.
  • Buka aplikasi dan pilih menu “ choose image” kemudian klik “ Enhance”
  • Setelah itu klik”select super resolution” dan Kembali lagi klik “ Enhance”
  • Akan muncul beberapa pengaturan, kamu bisa edit sesuai selera.
  • Setelah itu simpan dengan klik “ as it a new DNG file”

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Foto Menjadi HD tanpa Aplikasi

Cara Membuat foto Menjadi HD tanpa Aplikasi © Diadona

Cara membuat foto menjadi HD ini tidak menggunakan aplikasi, namun kamu wajib tersambung internet. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi website tertentu. Berikut diadona rangkumkan beberapa website yang bisa kamu gunakan secara gratis:

  • Bigjpg. Kamu dapat mengunjungi website ini dengan alamat https://bigjpg.com/. Kemudian klik “ pilih gambar” lalu masukkan foto yang akan kamu edit. Klik “ Mulai” dan atur pada bagian konfigurasi seperti ini:Jenis Gambar : Foto, Perbesar 4x atau 8x, Pengurangan noise : tinggi, Setelah itu klik “ OK” dan tunggu proses berjalan. Selanjutnya, ketika sudah selesai kamu bisa menyimpannya dengan mengunduh foto.
  • Resize. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan website ini untuk mengedit foto menjadi HD. Kamu bisa melakukannya di smartphone atau PC kamu. Kamu hanya perlu mengunjungi alamat website https://resizeimage.net/. Setelah itu upload foto yang ingin kamu edit. Klik resize your image, kemudian perbesar resolusi foto. Lalu pilih format foto, setelah memilih kamu bisa klik best image quality dan klik resize image. Tunggu proses selesai lalu download.
  • Iloveimg. Website ini juga dapat kamu gunakan untuk mengedit foto menjadi HD. Kunjungi https://www.iloveimg.com/. Klik “ Resize IMAGE”. Klik “ Select Images” dan pilih foto yang akan diedit. Pada pengaturan, perbesar ukuran foto. Setelah itu, klik “ Resize IMAGES”. Setelah selesai, klik “ Download”
  • Convertio. Kunjungi laman website berikut https://convertio.co/jpg-hdr/. Kemudian klik “ Choose File”. Pilih foto yang akan di edit lalu Klik “ Convert”. Setelah itu kamu bisa klik “ Download” untuk menyimpan.
  • Online Convert Free. Kunjungi website Online Convert Free dengan mengetik alamat website https://onlineconvertfree.com/convert-format/jpg-to-hdr/ . kemudian klik menu “ Choose File”. Atau kamu bisa menggunakan fitur “ Drag and Drop File” untuk memilih foto. Klik “ Convert” kemudian Setelah sesuai, klik “ Download” untuk menyimpan foto.
  • RAW.PICS.IO. Ketik https://raw.pics.io/sharp=image kemudian Klik “ Start”. Untuk memilih foto yang akan diedit Klik “ Open Files from Computer” atau klik “ Drop Files Here to View and Convert”. Klik  ”Edit” dan edit sesuai selera. Untuk menyimpan hasil foto kamu bisa klik “ File” pilih “ Save”.
  • Waifu2x. Situs ini berasal dari Jepang, kamu bisa mengedit foto menjadi HD dengan website ini. Masuk ke halaman website http://waifu2x.udp.jp/ . Setelah itu klik menu “ Choose File” dan pilih foto yang ingin diubah kualitasnya. Klik “ Style”, dan pilih “ Photo”. Akan muncul menu “ Noise Reduction” klik kemudian pilih kualitas “ High”. Pada menu “ Upscaling” pilih opsi “ 2x”. kamu akan diminta untuk masukkan verifikasi CAPTCHA. Klik “ Convert” untuk memulai proses konversi kualitas foto HD. klik “ Save Image as” untuk menyimpan foto di perangkatmu.
  • Upscalepics. Cara membuat foto selanjutnya menggunakan situs yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat memperbaiki detail pixel dalam foto. Kamu bisa kunjungi https://upscalepics.com/. Klik “ Upload Image” atau “ Drag & Drop Image” untuk memilih foto yang akan diedit. Kemudian akan muncul menu “ Increase Resolution” tingkatkan resolusi sesuai selera. Fitur lain yang bisa kamu coba adalah “ Remove JPEG Noise” untuk mengurangi gangguan di foto. Kamu juga dapat mengkompres foto dengan klik “ Compress Image”. Mulai proses dengan klik “ Start Processing”. Setelah selesai kamu bisa menyimpannya dengan klik “ Download”.
  • Imageoptimizer. masuk halaman website http://www.imageoptimizer.net/Pages/Home.aspx. Pilih Choose File untuk memilih foto yang akan di edit. klik menu Quality lalu Pilih Best. Atur gambar sesuai dengan keinginan. Setelah selesai pilih Tunggu Optimize now dan tunggu proses optimasi selesai. Pilih Save untuk simpan foto yang sudah selesai.

Itu tadi 11 cara untuk mengubah foto menjadi HD. Tak perlu khawatir lagi mengupload foto blur di sosial media. Kamu bisa memanfaatkan cara diatas kapanpun dan dimanapun. 

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar