Cara Membersihkan Mouse Pad sesuai dengan Bahannya, Jangan Sampai Keliru biar Nggak Rusak

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 30 Januari 2024 14:13
Cara Membersihkan Mouse Pad sesuai dengan Bahannya, Jangan Sampai Keliru biar Nggak Rusak
Cara membersihkan mouse pad ini tentunya berbeda-berbeda dan tergantung bahannya

Satu paket dengan mouse, mouse pad adalah aksesoris pendukung PC atau laptop yang wajib untuk digunakan. Fungsi dari mouse pad ini adalah menjadi alas dari mouse agar bisa digunakan dengan baik dan responsif. Tapi, karena menjadi alas, mouse pad ini rawan kotor loh.

Lantas, bagaimana cara membersihkan mouse pad ini?

Cara membersihkan mouse pad ini tentunya berbeda-berbeda dan tergantung bahan dari mouse pad itu sendiri. Mouse pad yang berbahan plastik akan memiliki cara penyucian yang berbeda dengan yang berbahan silk dan juga nilon rajut.

Nggak melulu tentang mouse pad yang kotor, mouse pad yang lengket juga bisa kamu bersihkan loh. Pastinya kamu nggak akan nyaman kan kalau kamu menggunakan mouse pad yang lengket. Nanti kita bahas ini lebih jauh dan lebih detail ya.

Diadona telah merangkum cara membersihkan mouse pad dari berbagai sumber. Semuanya ini bisa kamu jadikan referensi jika kamu membutuhkan panduan membersihkan mouse pad. Jadi, langsung saja yuk kita simak beberapa caranya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Apakah Mouse Pad Boleh Dicuci?

Apakah Mouse Pad Boleh Dicuci? © Diadona

Mouse pad boleh dibersihkan atau bahkan dicuci jika bahannya tidak rusak meski terkena air. Misalnya, jika mouse pad terbuat dari bahan plastik, maka ini boleh atau bisa kamu cuci karena bahannya tidak akan rusak.

Namun, jika bahannya terbuat dari selain plastik, maka cara membersihkannya adalah dengan menyeka permukaan mousepad dengan lap yang dibasahi dengan cairan pembersih. Cara ini akan lebih aman dan tidak merusak mouse pad itu sendiri.

2 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Mouse Pad Berbahan Plastik

Cara Membersihkan Mouse Pad © Diadona

Mouse pad berbahan plastik ini adalah bahan yang paling mudah dibersihkan Diazens. Cara membersihkan mouse pad berbahan plastik ini pun nggak ribet dan pastinya cepat. Mouse pad ini bisa dibersihkan dengan beberapa cara loh.

Cara membersihkan mouse pad berbahan plastik yang pertama adalah dengan dicuci. Cara ini bisa kamu lakukan jika noda pada mouse pad sudah parah dan susah hilang. Kamu bisa merendamnya dulu dengan deterjen kemudian cuci dengan sikat gigi bekas. Lalu tinggal dikeringkan saja deh.

Cara membersihkan mouse pad yang kedua bisa dengan kamu lap saja dengan kain dan cairan pembersih ya Diazens. Caranya, semprotkan cairan pembersih di permukaan mouse pad kemudian lap dengan kain kering yang bersih.

Mudah banget kan Diazens? kalau mouse pad milikmu berbahan plastik berbahagialah karena cara membersihkannya sangat mudah hehe. Kita lanjut ke bahan mouse pad yang lain, gas.

3 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Mouse Pad Berbahan Silk

Cara Membersihkan Mouse Pad © Diadona

Cara membersihkan mousepad yang selanjutnya adalah untuk yang berbahan silk. Mouse pad yang menggunakan bahan ini adalah mouse pad yang memiliki permukaan halus sehingga mouse dapat berjalan secara cepat.

Tidak sama seperti mouse pad yang berbahan plastik, cara membersihkan mouse pad berbahan silk atau sutra lembut ini cukup kamu lap saja dengan cairan pembersih. Sebelum kamu lap dengan cairan pembersih, jangan lupa untuk Meneepuk-nepuk dulu permukaan mousepad agar debu yang menempel bisa bersih.

4 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Mouse Pad Berbahan Nilon Rajut

Cara Membersihkan Mouse Pad © Diadona

Kemudian lanjut ke cara membersihkan mouse pad yang berbahan nilon rajut. Ini adalah bahan yang digunakan oleh mouse pad modern. Mouse pad berbahan nilon ini memiliki pola dan juga ada yang halus dan juga ada yang kasar.

Begini cara membersihkan mouse pad berbahan nilon rajut:

  1. Kamu bisa langsung membasahi bagian atau permukaan mousepad yang kotor.
  2. Kemudian, oleskan sabun cuci piring cair dan gosok permukaan mouse pad yang kotor dengan sikat gigi bekas atau spons.
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membilasnya dengan air bersih.
  4. Terakhir, angin-anginkan. oh iya, hindari terpaan sinar matahari secara langsung karena akan membuat warna memudar.

5 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Mouse Pad RGB

Cara Membersihkan Mouse Pad © Diadona

Terakhir adalah cara membersihkan mouse pad RGB. Seperti namanya, ini adalah mouse pad yang dilengkapin dengan elemen led RGB di sekeliling mouse pad. Nah, berbeda dengan tiga jenis mouse pad sebelumnya, mouse pad ini tida bisa dibersihkan dengan cuci basah.

Satu-satunya cara membersihkan mouse pad ini adalah dengan dry clean. Pasalnya jika terkena air, mouse pad ini akan rawan konslet. Jadi, cukup dibersihkan dengan cara di lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih.

Ketika membersihkan permuakaan mouse pad, jangan sampai elemen listrik terkena air ya Diazens. Juga, ketika membersihkan jangan lupa untuk mencabut USB yang terhubung ke laptop atau pun PC. Pun ketika memasang kembali, pastikan mouse pad sudah benar-benar kering ya.

6 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Mouse Pad Cordura

Cara Membersihkan Mouse pad Cordura © Diadona

Mouse pad berbahan cordura ini cukup banyak dimintai selain mousepad berbahan nilon rajut, silk, ataupun plastik. Cordura sendiri memiliki kualitas dan durabilitas yang nggak perlu diragukan lagi pasalnya juga digunakan bahan pembuat tas, ransel, dan perlengkapan outdoor.

Terlebih lagi, cordura juga tahan terhadap pengaruh cuaca, fleksibel, dan mempunyai sifat anti air. Jadi, kamu tidak perlu merasa kuatir ketika tanpa sengaja menumpahkan air di atasnya, mousepad berbahan Cordura juga dapat dengan mudah dibersihkan dengan air.

7 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Mouse Pad Steelseries

Cara Membersihkan Mouse Pad Steelseries © Diadona

Perlu kamu ketahui ya, mouse pad steelseries ini nggak terbuat dari besi ya. Namanya saja yang steel, tapi bahannya bukan steel. Jadi, mousepad ini terbuat dari bahan kain dengan kualitas tinggi yang baik untuk sensor laser maupun sensor optikal dengan daya gesek yang rendah.

Nah, karena bahannya terbuat dari kain, maka hindari untuk mencuci mousepad ini ya. Jika kamu ingin membersihkannya kamu cukup menepuk-nepuknya hingga cukup bersih dan mengelapnya dengan kain basah bersih.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara membersihkan mouse pad sesuai dengan bahannya. Jangan sampai keliru ya Diazens, beda bahan beda juga cara mencucinya. So, selamat mencoba!

Beri Komentar