5+ Cara Membersihkan Kompor Gas dari Kerak Membandel Super Cepat

Reporter : Aditia
Jumat, 6 Januari 2023 13:44
5+ Cara Membersihkan Kompor Gas dari Kerak Membandel Super Cepat
Kalau kompor sudah berkerak membandel, cobain cara ini deh!

Cara membersihkan kompor gas menjadi hal yang penting untuk diketahui untuk membuat aktivitas memasak tetap nyaman dan lancar. Kompor yang bersih akan menciptakan suasana hati yang baik saat menyipakan hidangan.

Kompor gas saat ini menjadi perabotan utama dalam rumah tangga. Untuk itulah, perlu bagi pemiliknya untuk selalu menjaga keawetannya dengan mengetahui cara membersihkan kompor gas.

Terlebih jika kompor memiliki noda membandel, kamu butuh tips cara membersihkan kompor gas dari noda yang membandel.

Nah, berikut ini cara membersihkan kompor gas dari kerak membandel dengan bahan dan alat sederhana.

1 dari 6 halaman

Cuka

Cara Membersihkan Kompor Gas - Cuka © Diadona

Cara membersihkan kompor gas yang pertama adalah menggunakan bahan seribu fungsi yaitu cuka. Cuka mengandung asam asetat yang mampu merontokkan noda terutama kerak yang menempel pada perabotan.

Caranya cukup mudah, siapkan satu liter air, teteskan beberapa mili cuka ke dalam air. Masukkan ke dalam botol semprotan. Lalu gunakan untuk larutan pembersih kompor, tunggu 15 hingga 30 menit hingga larutan cuka merontokkan kerak. Setelah itu cukup sikat kompor gas dengan sabun cuci. Voila, kompor seperti baru lagi.

2 dari 6 halaman

Baking Soda

Cara Membersihkan Kompor Gas - Baking Soda © Diadona

Bahan dapur bukan sembarang bahan, baking soda rupanya juga memiliki beragam manfaat dan fungsi, salah satunya jadi bahan cara membersihkan kompor gas.

Cara membersihkan kompor gas dengan baking soda ini mudah banget, campurkan baking soda dengan air secukupnya, aduk rata secara berkala hingga adonan menyerupai pasta gigi.

Oleskan baking soda ke kompor yang kotor, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian yang sukar dibersihkan, bilas dengan air bersih, kompor pun kembali seperti baru.

3 dari 6 halaman

Lemon

Cara Membersihkan Kompor Gas - Lemon © Diadona

Lemon mengandung asam yang dapat digunakan di cara membersihkan kompor gas. Air lemon ampuh merontokkan kerak dan noda yang menempel pada peralatan memasak.

Caranya cukup peras jus lemon lalu taruh ke spon, tambahkan sabun colek, gosokkan pada permukaan kompor, bilas dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Kombinasi Cuka dan Baking Soda

Cara Membersihkan Kompor Gas - Kombinasi Cuka dan Baking Soda © Diadona

Cara membersihkan kompor gas selanjutnya adalah menggabungkan dua bahan ampuh yaitu cuka dan baking soda. Reaksi campuran kedua bahan ini akan mengikis kotoran membandel lebih cepat.

Taburkan baking soda pada kerak kompor lalu semprotkan cuka setelahnya. Diamkan beberapa menit, setelah itu sikat dengan rata. Diamkan beberapa saat lagi, kemudian bilas dengan air bersih.

Kamu juga bisa menggunakan sikat panci yang terbuat dari serabut besi untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu saja harus dilakukan pelan-pelan dan di area kerak saja agar tidak merusak komponen kompor.

5 dari 6 halaman

Air Sabun

Cara Membersihkan Kompor Gas - Air Sabun © Diadona

Ingin cara yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan produk yang lebih simple. Gunakan air sabun khusus pembersih kerak untuk cara membersihkan kompor gas kamu.

Namun, apabila kamu tidak memiliki sabun khusus pembersih kerak, kamu tetap bisa menggunakan sabun jenis lainnya.

Caranya, campurkan sabun dengan sedikit air, pastikan larutannya berbusa, tuangkan ke bak lalu rendam perabotan kompor selama beberapa saat sekitar 2 hingga 3 jam. Kamu bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Setelah itu, gosok kompor hingga bersih lalu bilas. Kompor siap digunakan lagi dengan nyaman.

6 dari 6 halaman

Siram dengan Air Panas

Cara Membersihkan Kompor Gas - Air Panas © Diadona

Terkadang, kerak yang membandel terbentuk karena kebiasaan menunda-nunda membersihkan kompor. Akibatnya noda dan kerak pada kompor menjadi kering yang membuatnya susah untuk dibersihkan.

Cara membersihkan kompor gas pada kondisi yang seperti ini adalah dengan menyiram perabot kompor dengan air panas.

Siapkan air mendidih, lalu siramkan pada perabot kompor, jangan lupa gunakan sarung tangan untuk melindungi tanganmu.

Gosok kompor dengan sabun cuci piring, boleh juga tambahkan perasan lemon, bilas dengan air bersih. Kompor kembali bersih seperti semula.


Nah, berikut tadi cara membersihkan kompor gas yang mudah banget untuk diikuti. Jangan tunda untuk bersihkan kompormu hingga menjadi kerak yang susah dibersihkan, yuk segera terapkan tips tadi.

 

 

 

Beri Komentar