6 Fitur Unggulan Samsung A54 yang Keren Banget, HP Mid Range Serasa Flagship!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 16 Maret 2023 13:51
6 Fitur Unggulan Samsung A54 yang Keren Banget, HP Mid Range Serasa Flagship!
Penerus Samsung A53 ini memang nggak kaleng-kaleng!

Seri Galaxy S dari Samsung memang menarik, tetapi harganya yang mahal membuatnya tidak terjangkau bagi semua orang. Oleh karena itu, bagi sebagian besar orang, seri Galaxy A menjadi pilihan terbaik karena menawarkan spesifikasi yang hebat dengan harga yang lebih terjangkau.

Setelah sukses merilis Galaxy A52 dan A53, Samsung kembali meluncurkan penerusnya pada tahun ini, yaitu Galaxy A54 5G. Ponsel kelas menengah ini memiliki banyak fitur menarik, dan berikut adalah beberapa fitur terbaiknya.

1 dari 7 halaman

Desain Ala Samsung S Series

Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A54 5G adalah desain premium baru yang membuatnya terlihat seperti HP dari seri Galaxy S23. Ada dua perbedaan besar dari perubahan desain tersebut. Pertama, sudut bodinya sedikit lebih bulat atau rounded dan kedua, tiga kamera belakangnya dipisahkan oleh tiga ring kamera yang berbeda-beda. Bezel pada bagian layar juga dibuat lebih simetris, meski sayangnya hal itu dicapai dengan menebalkan bezel samping dan atas, alih-alih merampingkan bezel bawah atau dagu.

2 dari 7 halaman

Kamera 50MP

Banyak yang beranggapan jika konfigurasi triple-camera dengan kamera utama 50MP pada Samsung Galaxy A54 5G merupakan downgrade dari Galaxy A53 yang mengusung konfigurasi quad-camera dengan kamera utama 64MP. Hal itu jelas tidak benar, karena ukuran resolusi lebih tidak selalu berarti kualitas foto yang lebih baik. Meski hanya beresolusi 50MP, kamera utama Galaxy A54 5G mampu menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik, terutama ketika dalam kondisi minim cahaya.

3 dari 7 halaman

Pakai Chipset Handal

Samsung memang tidak lagi menggunakan chipset Exynos untuk lini Galaxy S, namun lini Galaxy A akan tetap menggunakan chipset buatan mereka. Salah satu yang terbaru adalah Galaxy A54 5G yang ditenagai oleh Exynos 1380. Di AnTuTu (v9), Exynos 1380 berhasil meraih skor lebih dari 500 ribu alias 30% lebih baik dari Galaxy A53 yang hanya mampu mendapatkan skor sekitar 379 ribuan. Dengan skor setinggi itu, Galaxy A54 5G dipastikan bisa menjalankan game-game visual tinggi dengan lancar.

4 dari 7 halaman

Extra Penyimpanan

Di saat banyak HP mid-range mulai menghilangkan slot kartu microSD untuk memperluas penyimpanan, Samsung Galaxy A54 5G masih mempertahankan slot penting itu. Dengan kata lain, pengguna yang merasa penyimpanan internal Galaxy A54 5G kurang, masih bisa mendapatkan penyimpanan ekstra melalui kartu microSD. Namun perlu diingat bahwa slot kartu microSD di Galaxy A54 5G bersifat hybrid alias pengguna tidak bisa memasang kartu SIM kedua jika telah memasang kartu microSD.

5 dari 7 halaman

Batre Awet

Samsung Galaxy A54 5G hadir dengan baterai berkapasitas 5,000mAh yang sebenarnya standar namun awet karena banyak alasan. Salah satunya adalah fakta bahwa chipset Exynos 1380 dan layar FHD+ pada Galaxy A54 5G tidak memakan banyak daya, sehingga Galaxy A54 5G bisa tahan hingga satu hari penuh dalam satu kali pengisian daya. Namun sayangnya, Galaxy A54 5G masih didukung oleh fast-charging 25W yang terhitung rendah dan tidak menyertakan kepala charger di dalam paket pembelian.

6 dari 7 halaman

OS Sistem Upgradable

Terakhir, perihal sistem operasi atau OS di mana Samsung Galaxy A54 5G menjalankan Android 13 dengan One UI 5. Yang menarik, sama seperti lini flagship Samsung, Galaxy A54 5G mendapat jaminan update OS hingga empat kali. Alhasil, Galaxy A54 5G akan mendapatkan pembaruan OS hingga Android 17 yang diperkirakan akan dirilis pada 2026. Sejauh ini, Samsung menjadi satu-satunya merek yang menawarkan jaminan update OS sepanjang itu untuk lini HP mid-range.

Beri Komentar