Cara Hapus Akun Samsung Sementara Maupun Permanen, Pasti Berhasil

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 21 Desember 2023 20:23
Cara Hapus Akun Samsung Sementara Maupun Permanen, Pasti Berhasil
Simak cara hapus akun samsung sebelum jual ke orang lain

Cara hapus akun Samsung kadang diperlukan kalau kamu pengen ganti HP atau menjual HP ke orang lain. Hal ini bertujuan agar data-data pribadi yang ada di dalam akun Samsung tersebut tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Dilansir dari Samsung, akun Samsung adalah layanan yang memungkinkan kamu untuk mengakses fitur dan layanan Samsung di smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Fitur-fitur ini misalnya Samsung Pay, SmartThings, dan Samsung Cloud. 

Sebenarnya, ada berbagai alasan yang bisa melatarbelakangi mengapa orang menghapus akun Samsung. Walaupun mudah dilakukan, ternyata masih banyak orang yang nggak tau bagaimana cara hapus akun Samsung. 

Cara hapus akun Samsung bisa dilakukan dengan berbagai cara, entah hapus sementara maupun secara permanen. Berikut Diadona telah membuat ulasan terkait hal tersebut. 

1 dari 5 halaman

Kegunaan Akun Samsung

Cara Hapus Akun Samsung © Diadona

Sebelum kita lanjut ke cara hapusnya, kamu harus tahu dulu nih apa saja kegunaan akun Samsung. Samsung sendiri punya berbagai layanan bawaan yang dikembangkan khusus bagi pengguna setia produk mereka. Nah, akun Samsung pada dasarnya digunakan untuk mengakses layanan-layanan seperti ini.

Nah, dilansir dari website Samsung, ada beberapa layanan yang bisa kamu akses dengan akun Samsung:

  1. Samsung Pay. Layanan ini digunakan untuk melakukan pembayaran toko ritel seluruh dunia melalui smartphone. Samsung Pay menggunakan teknologi NFC untuk mentransfer informasi kartu debit atau kredit ke alat pembayaran dengan NFC.
  2. SmartThings. Ini adalah sebuah aplikasi yang dapat mengontrol perangkat pintar yang ada di rumah kamu. Nah, layanan ini nggak cuma berlaku buat perangkat Samsung, tapi kamu bisa download id iOs atau Android lainnya.
  3. Samsung Cloud. Sesuai namanya, ini adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan kamu untuk mencadangkan, menyinkronkan, dan memulihkan data yang tersimpan di perangkat kamu.

2 dari 5 halaman

Cara Hapus Akun Samsung di HP

Cara Hapus Akun Samsung © Diadona

Kalau kamu pengen ganti HP Samsung dan nggak mau bikin akun Samsung baru, ada cara hapus akun Samsung di HP hanya di HP lama kamu. Cara ini dapat memutuskan koneksi akun Samsung di device tertentu.

Caranya juga cukup mudah karena bisa dilakukan melalui menu pengaturan HP Samsung masing-masing. Dilansir dari web Samsung, berikut cara hapus akun Samsung dari HP.

  • Pertama, buka menu setting atau pengaturan di HP Samsung kamu.
  • Kedua, scroll sedikit ke bawah sampai kamu menemukan opsi menu ‘account and backup’ atau ‘akun dan pencadangan’. Klik menu tersebut.
  • Ketiga, pada menu tersebut, klik opsi kelola akun untuk menampilkan list akun yang terkoneksi dengan HP Samsung kamu.
  • Keempat, pilihlah akun Samsung yang muncul di layar kamu.
  • Kelima, klik opsi “ Delete Account’ atau ‘Hapus akun’ untuk menghapus akun Samsung kamu. Lalu, akan muncul pop up untuk mengonfirmasi penghapusan akun.
  • Keenam, kamu akan ditampilkan informasi apa saja yang akan dihapus seiring dengan penghapusan akun Samsung. Jika sudah yakin, klik ‘Logout’ atau ‘Keluar’.
  • Terakhir, konfirmasi password akun Samsung kamu untuk melanjutkan proses. Tunggu sampai selesai, maka akun Samsung kamu berhasil dihapus dari HP.

Dengan melakukan cara ini, akun Samsung kamu hanya akan dihapus atau dihilangkan dari perangkat tempat kamu menghapus. Kamu bisa melakukan login kembali kapan saja, baik di perangkat yang sama atau perangkat lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Hapus Akun Samsung Secara Permanen

Cara Hapus Akun Samsung © Diadona

Beberapa orang mungkin ini menghapus akun Samsung secara permanen karena ingin mengganti merk HP ke yang lain. Sebagian juga ingin membuat akun Samsung yang baru.

Dilansir dari Samsung, cara hapus akun Samsung secara permanen bisa kamu lakukan lewat website resmi Samsung Account. Caranya juga cukup mudah, namun pastikan kamu sudah membackup data-data penting sebelum menghapusnya.

Berikut langkah-langkahnya!

  • Pertama, buka web resmi akun Samsung melalui https://account.samsung.com/membership di perangkat kamu, baik laptop maupun HP.
  • Kedua, lakukan login akun Samsung kamu dengan klik tombol login atau masuk.
  • Ketiga, klik opsi menu profile atau profil untuk membuka profil akun Samsung kamu.
  • Keempat, pada lama profile, klik tombol ‘Manage Samsung account’ atau ‘Pengaturan Akun Samsung’.
  • Kelima, kamu akan melihat opsi Delete Account atau Hapus Akun di menu bagian bawah. Klik opsi tersebut.
  • Keenam, lakukan konfirmasi password untuk memastikan akun kamu, kemudian klik selanjutnya.
  • Ketujuh, akan muncul menu informasi untuk mengonfirmasi penghapusan akun. Jika sudah yakin, klik Confirm.
  • Terakhir, klik Confirm sekali lagi untuk menyelesaikan penghapusan akun. Dengan ini, akun Samsung kamu berhasil dihapus.

Dengan melakukan cara ini, maka akun Samsung beserta datanya akan terhapus secara permanen. Sehingga, apabila ada perangkat yang masih terkoneksi dengan akun tersebut akan otomatis dikeluarkan oleh Samsung. 

Maka dari itu, kamu perlu membuat akun baru apabila kamu ingin menggunakan akun Samsung atau layanan Samsung kembali.

4 dari 5 halaman

Itu dia tadi dua cara hapus akun Samsung dari HP dan juga secara permanen. Bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan kamu.

Menghapus akun Samsung Anda bisa menjadi proses sederhana jika Anda mengikuti langkah-langkah berikut. Namun, penting untuk diingat bahwa setelah akun kamu dihapus, Anda akan kehilangan akses ke layanan, pembelian, dan data yang terkait dengan akun tersebut. Jadi, penting untuk mencadangkan data apa pun yang ingin kamu simpan dan mempertimbangkan keputusan dengan hati-hati.

Semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar