4 Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik dan Tips Agar Terhindar dari Penipuan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 29 Januari 2024 21:14
4 Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik dan Tips Agar Terhindar dari Penipuan
Cara cek keaslian meterai elektronik bisa kamu lakukan dengan memperhatikan ciri-cirinya, cek melalui website resmi PERURI, menggunakan Peruri Scanner, dan menggunakan Adobe Acrobat Reader

Pada tahun 2022, PERUM PERURI menginformasikan bahwa ternyata terdapat kasus e-meterai palsu. Tentu hal itu akan sangat merugikan pembeli dan beresiko terjadinya kebocoran data karena biasanya dokumen yang diberi e-meterai adalah dokumen yang cukup penting. Oleh karena itu, cara cek keaslian meterai elektronik penting untuk kamu ketahui.

e-Meterai sendiri adalah meterai berformat elektronik yang diterbitkan oleh Perusahaan Umum Percetakan Republik Indonesia (PERURI). e-Meterai memiliki ciri-ciri tertentu dan memiliki unsur pengaman yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik tertentu. Seiring dengan perkembangan teknologi, e-Meterai merupakan bentuk modernisasi dari meterai tempel.

Selain itu, e-meterai juga digunakan dalam seleksi CPNS 2023 sebgai salah satu dokumen penting. Pelamar CPNS 2023 wajib menggunakan meterai elektronik dan tidak diperbolehkan menggunakan meterai tempel.

Lantas, bagaimana cara cek keaslian meterai elektronik? Berikut adalah langkah-langkah paling lengkap untuk mengecek keaslian meterai elektronik dan tips agar terhindar dari penipuan.

 

1 dari 5 halaman

Kenali Ciri-Ciri Keaslian Meterai Elektronik

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik © Diadona

Sebelum mencari tau cara cek keaslian meterai elektronik, sebaiknya kamu mengetahui ciri-ciri dari meterai elektronik itu sendiri. Karena jika meterai elektronik tersebut asli maka akan memiliki ciri khas tersendiri dan terdapat unsur pengaman di dalamnya. Karakteristik e-meterai palsu akan berbeda dari meterai tempel terdahulu.

Berikut adalah ciri-ciri keaslian meterai elektronik:

  1. E-meterai akan memiliki kode unik berupa nomor seri.
  2. Terdapat gambar Garuda Pancasila yang merupakan lambang negara.
  3. Terdapat tulisan ‘METERAI ELEKTRONIK’, pastikan bahwa tulisan tersebut merupakan meterai dan buka materai.
  4. Terdapat angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai yaitu ‘10000’ dan ‘SEPULUH RIBU RUPIAH’.

 

2 dari 5 halaman

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik Melalui Website Resmi PERURI

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik © Diadona

Cara cek keaslian meterai yang paling mudah adalah melalui website resmi PERURI. Kamu bisa melakukan cek keaslian dengan menggunakan perangkat apapun mulai dari PC, laptop, hingga HP. Cek keaslian meterai elektronik dengan menggunakan website resmi PERURI bisa kamu lakukan hanya dengan mengunggah pdf dokumen yang ingin kamu cek.

Berikut adalah cara cek keaslian meterai elektronik melalui website resmi Peruri:

  • Buka browser di perangkat kamu.
  • Masukkan verification.peruri.co.id di kolom pencarian dan kunjungi situs tersebut.
  • Unggah dokumen yang telah ditempel e-meterai di dalamnya.
  • Klik captcha dan verifikasi bahwa kamu bukan robot.
  • Klik tombol ‘Upload PDF’.
  • Tunggu proses pengecekan hingga selesai.

 

3 dari 5 halaman

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik dengan Menggunakan Peruri Scanner

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik © Diadona

PERURI mengembangkan aplikasi Peruri Scanner yang digunakan sebagai cara cek keaslian meterai paling praktis, kamu bisa melakukan cek keaslian meterai hanya dengan scan kode QR yang terdapat di e-meterai kamu. Setelah itu akan muncul informasi mengenai e-meterai, jika e-meterai yang kamu gunakan palsu maka tidak akan bisa lolos dari verifikasi ini. Sebelum melakukan pengecekan pastikan kamu sudah download aplikasi Peruri Scanner di Play Store atau App Store.

Berikut adalah cara cek keaslian meterai elektronik dengan menggunakan Peruri Scanner:

  1. Buka aplikasi Peruri Scanner yang sudah kamu unduh dan instal.
  2. Letakkan scanner pada kode QR di e-meterai kamu.
  3. Kemudian klik tombol ‘Scan’ atau ‘Pindai’, aplikasi akan mulai melakukan proses pemindaian otomatis.
  4. Jika e-meterai tersebut asli maka akan terlihat simbol PERURI, terdapat serial number atau nomor unik, tanggal dan waktu pembelian, serta email yang terdaftar pada portal e-materai.

PERURI menggunakan teknologi digital signature X.509 SHA 512 yang dilengkapi dengan 3 fitur keamanan tambahan. Teknologi Peruri seal tersebut hanya bisa terdeteksi dengan menggunakan Peruri Scanner, baik dengan menggunakan aplikasi Peruri Scanner maupun website resmi Peruri. 

 

4 dari 5 halaman

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik dengan Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik © Diadona

Selain dengan menggunakan Peruri Scanner website resmi PERURI, cara cek keaslian meterai elektronik juga bisa bisa kamu lakukan dengan menggunakam Adobe Acrobat Reader. Teknologi Peruri seal juga memungkinkan untuk terdeteksi dan akan muncul signature panel apabila kamu cek dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader. Caranya pun cukup mudah dan nggak ribet. 

Berikut adalah cara cek keaslian meterai elektronik dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader:

  1. Muncul status ‘Signed by Meterai Elektronik’.
  2. Terdapat kode unik yang sesuai.
  3. Terdapat alasan dan lokasi penempelan e-meterai.
  4. Terdapat tanggal terakhir kali diedit.

 

5 dari 5 halaman

Tips Terhindar dari Penipuan Penjual Meterai Elektronik

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik © Diadona

Agar terhindar dari penipuan penjual meterai elektornik atau e-meterai, sebaiknya kamu membeli e-meterai hanya melalui distributor resmi PERURI dan menghindari untuk membeli melalui e-commerce. Karena kasus penipuan e-meterai pada tahun 2022 diakibatkan karena pembelian melalui e-commerce e-meterainya akan mudah sekali dipalsukan tanpa sepengetahuan kamu. Selain dari distributor resmi, kamu juga bisa membeli meterai elektronik melalui retailer resmi.

Meterai elektronik atau e-meterai biasanya dijual dengan harga kopur senilai Rp10.000. Harga tersebut berlaku untuk pembelian meterai elektronik melalui distributor resmi maupun retailer resmi.

Dokumen yang digunakan untuk penempelan meterai elektronik atau e-meterai hanya dapat berupa format pdf. Oleh karena itu, jika kamu membelai e-meterai dan penjual meminta dokumen dalam bentuk selain pdf maka patut dicurigai bahwa meterai elektronik yang dijual merupakan meterai elektronik palsu dan sebaiknya kamu tidak meneruskan pembelian. 

Jadi, itu tadi ya cara cek keaslian meterai elektronik dan tips agar terhindar dari penipuan. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar