8 Cara Ampuh Dalam Mengatasi Sinyal HP yang Tiba-Tiba Hilang

Reporter : Yoyok
Rabu, 3 April 2024 14:19
8 Cara Ampuh Dalam Mengatasi Sinyal HP yang Tiba-Tiba Hilang
Cara-cara berikut gampang banget untuk dilakukan lho Diazens.

Cara mengatasi sinyal HP hilang itu ternyata tidak terlalu susah lho Diazens. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika sinyal di HP tiba-tiba hilang.

Seperti kita tahu, di zaman serba teknologi seperti ini, HP sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak hanya untuk berkirim pesan atau telepon, HP kini juga bisa digunakan untuk memesan transportasi, makanan, hingga dipakai untuk bekerja. HP juga sangat membutuhkan kehadiran internet, jadinya sinyal akan sangat vital untuk gadget satu ini.

Namun, sering kali HP tiba-tiba kehilangan sinyalnya tanpa alasan yang jelas. Tentu kamu bakal bingung kalau sudah begini, apalagi ketika sedang membutuhkan fungsi internet pada HP.

Namun, kamu tidak perlu risau apalagi gundah gulana, karena ada banyak cara dalam mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sinyal HP yang hilang.

1 dari 5 halaman

Penyebab Sinyal HP Hilang

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang © Diadona© shutterstock.com

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh, sebaiknya kita ketahui dulu penyebab sinyal HP bisa tiba-tiba. Berikut ini adalah beberapa alasan atau penyebabnya:

Jarak dari sumber sinyal

Jika kamu berada di area dengan cakupan sinyal yang lemah atau terlalu jauh dari menara seluler, sinyal HP bisa hilang atau menjadi lemah.

Gangguan sinyal

Beberapa hal seperti bangunan besar, medan yang berbukit, atau penghalang lainnya bisa menghalangi sinyal seluler mencapai HP.

Kerusakan Perangkat Keras

Komponen fisik pada ponsel, seperti antena atau bagian lain dari perangkat keras yang rusak, bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal.

Gangguan Perangkat Lunak

Masalah dengan perangkat lunak, termasuk bug, kesalahan konfigurasi, atau kerusakan sistem operasi, juga bisa menyebabkan hilangnya sinyal.

Perubahan Jaringan

Saat beralih antara jaringan seluler (seperti dari 4G ke 3G) atau saat melakukan roaming, terkadang sinyal bisa mengalami gangguan.

Pemadaman Sementara

Beberapa daerah bisa mengalami pemadaman sementara sinyal karena pemeliharaan atau masalah teknis di menara seluler.

Masalah dengan Kartu SIM

Kadang-kadang kartu SIM yang rusak atau tidak terpasang dengan benar bisa menyebabkan masalah sinyal.

Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Aplikasi atau perangkat lunak pihak ketiga yang diinstal di ponsel juga bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal jika mereka mempengaruhi cara perangkat berinteraksi dengan jaringan seluler.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang

Nah sekarang kita masuk ke bahasan utama. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal HP yang tiba-tiba hilang. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi sinyal HP yang tiba-tiba hilang.

Restart HP

Cara pertama dalam mengatasi sinyal HP hilang yaitu dengan melakukan restart. Cara satu ini efektif untuk mengembalikan sinyal HP yang tiba-tiba hilang atau melemah. Perhatikan tanda sinyal di notifikasi HP. Jika tanda tersebut tidak menunjukkan sinyal maka me-restart HP bisa menjadi kunci jawabannya.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang © Diadona© shutterstock.com

Mode Pesawat

Mode pesawat atai airplane mode bisa menjadi cara untuk mengatasi sinyal HP yang hilang. Cara ini cukup efektif dalam mengembalikan sinyal HP yang hilang. Caranya pun cukup mudah, setiap HP pastinya memiliki mode pesawat yang ditandai dengan ikon gambar pesawat. Klik ikon tersebut dan nantinya HP-mu akan masuk ke dalam mode pesawat.

3 dari 5 halaman

Menonaktifkan Data Seluler

Cara selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan jaringan atau data seluler. Matikan sementara data seluler ketika sinyal HP menghilang atau melemah. Tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang © Diadona© shutterstock.com

Pindah Lokasi

Lokasi bisa menjadi faktor sinyal di HP tiba-tiba menghilang. Maka dari itu, pindah lokasi bisa menjadi cara untuk mengatasi sinyal Hp yang hilang. Seperti contoh, kamu berada di pedalaman atau daerah yang susah sinyal, maka caranya yaitu kamu tinggal pindah ke tempat yang dapat menjangkau sinyal.

4 dari 5 halaman

Mencari Jaringan

Cara mengatasi sinyal HP yang hilang yaitu dengan mencari jaringan di perangkat. Ini artinya kamu mencari jaringan lewat pengaturan atau settings di HP. Kamu tinggal pilih mencari jaringan pada opsi settings, kemudian HP akan mencarinya sinyal secara otomatis.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang © Diadona© shutterstock.com

Cek SIM Card

Tidak jarang alasan sinyal HP jadi hilang karena SIM Card. Entah itu karena SIM Card rusak atau tidak terpasang dengan benar. Maka dari itu, mengecek SIM card juga bisa menjadi cara mengatasi sinyal HP yang hilang.

5 dari 5 halaman

Coba SIM Card ke HP Lain

Masih berhubungan dengan SIm Card. Kita tidak akan tahu apakah SIm card kita rusak atau tidak dengan HP sendiri. Maka dri itu, coba cek sinyal pada SIM card dengan HP lain. Jika pada HP lain terdapat sinyal, maka ada yang salah pada sistem sinyal di HP-mu.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang © Diadona© shutterstock.com

Minta Bantuan Operator

Langkah terakhir yaitu meminta banbtuan kepada operator seluler. Kamu bisa menghubungi customer service untuk menanyakan tentang masalahmu tersebut. Atau, kamu bisa langsung mendatangi kantor providermu di kota masing-masing.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi sinyal Hp hilang yang bisa kamu coba. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar