Apple Adakan Sayembara Rp 14,4 Miliar Kepada Penemu Bug di iPhone

Reporter : Yoyok
Jumat, 24 Juli 2020 17:50
Apple Adakan Sayembara Rp 14,4 Miliar Kepada Penemu Bug di iPhone
Tuh, siap nih yang mau coba?

Produk Apple memang banyak digandrungi oleh orang-orang. Tidak hanya prestis, produk Apple juga terkenal memiliki performa baik.

Salah satu produk andalan Apple adalah iPhone. Apple mengklaim bahwa iPhone merupakan smartphone paling aman saat ini di pasaran.

Dengan cara 'mengunci' softwarenya, Apple menjaga data para pemilik iPhone selalu aman. Namun, para peneliti keamanan mengatakan kalau itu mustahil.

1 dari 4 halaman

iPhone Khusus

Dikutip dari Techcrunch, untuk menguji tingkat keamanannya, Apple pun meminjamkan iPhone khusus kepada para peneliti keamanan untuk membantunya menemukan bug.

Gadget iPhone untuk keperluan riset ini menjalankan perangkat lunak iOS yang didesain khusus dengan fitur yang tidak dimiliki iPhone biasa. Contohnya seperti akses SSH dan root shell untuk menjalankan perintah dengan akses tertinggi ke perangkat lunak.

iPhone tersebut juga dilengkapi dengan debugging tools yang membuatnya lebih mudah untuk peneliti keamanan menjalankan kode.

iPhone 11 © Diadona

2 dari 4 halaman

Rp 14,6 Miliar

Sayembara ini menawarkan hadiah sebesar 1 juta Dollar atau setara dengan Rp 14,6 miliar serta bonus 50 persen bagi yang berhasil menemukan kerentanan paling serius dalam software.

" Ini adalah bagian dari komitmen Apple terhadap keamanan. Program ini dirancang untuk membantu meningkatkan keamanan bagi semua pengguna iOS, merangkul lebih banyak peneliti keamanan, dan meningkatkan efisiensi bagi mereka yang sudah bekerja pada keamanan iOS," ucap pihak Apple.

3 dari 4 halaman

iPhone Khusus Penelitian

Apple menambahkan, fitur iPhone ini didedikasikan khusus untuk penelitian keamanan, dengan eksekusi kode unik dan kebijakan penahanan.

Apple juga menginginkan bahwa mereka ingin program ini lebih ke arah kolaborasi daripada hanya sekedar mengirimkan perangkat.

iPhone khusus tersebut juga memiliki akses ke dokumentasi yang luas dan forum khusus dengan para engineer Apple untuk menjawab pertanyaan dan memberikan feedback.

iPhone 11 Pro Max © Diadona

Beri Komentar