Aplikasi Outlook, Alternatif Email dengan Fitur Terlengkap

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 30 Januari 2024 20:00
Aplikasi Outlook, Alternatif Email dengan Fitur Terlengkap
Aplikasi Outlook, salah satu pilihan email yang memiliki fitur-fitur menarik dan benefit yang memanjakanmu

Outlook adalah aplikasi layanan email yang dikembangkan oleh Microsoft untuk bisa mengirimkan dan menerima email dengan mengakses Microsoft Exchange Server. Aplikasi Outlook juga memungkinkan kamu untuk mengakses kontak, kalender bersama, dan fitur manajemen bersama yang bisa membantu peningkatan produktivitas kamu.

Outlook mungkin memang aplikasi yang berdiri sendiri, namun sejatinya Outlook adalah bagian dari Microsoft Office Suite dan Office 365. Kamu bisa menggunakan Outlook sebagai aplikasi email sendiri, namun aplikasi Outlook akan bekerja secara optimal jika kamu sambungkan dengan produk Microsoft lainnya.

Terdapat website resmi dan aplikasi Outlook yang bisa kamu akses secara gratis namun dengan batasan pada fitur-fitur tertentu. Kamu juga bisa upgrade dengan subscribe ke Microsoft 365 untuk menikmati semua layanan yang ditawarkan Outlook. 

Lantas, apa saja fitur-fitur yang terdapat di Microsoft Outlook? Lalu benefit apa yang bisa didapatkan jika menggunakan Outlook? Berikut adalah penjelasan terlengkap tentang aplikasi Outlook.

 

1 dari 2 halaman

Fitur-Fitur Aplikasi Outlook

Aplikasi Outlook © Diadona

Fitur-fitur yang ada di aplikasi Outlook patut kamu pertimbangkan apabila kamu tertarik untuk mulai menggunakan Outlook. Fitur yang dimiliki Outlook cukup lengkap dan beragam, interface dari Outlook pun mudah digunakan. Jika kamu menggunakan Outlook, kamu akan mendapatkan pengalaman menggunakan dan mengelola email yang cukup menyenangkan.

Fitur yang pertama yakni kolom pencarian di Aplikasi Outlook adalah kolom pencarian cerdas yang memungkinkan kamu untuk menampilkan apa yang kamu cari bahkan sebelum kamu selesai mengetikkan kata. Kolom pencarian ini juga memungkinkan kamu melihat semua email dan kontak yang sering kamu hubungi hanya dengan satu ketukan. Kamu bisa klik mesin pencari di bawah untuk menemukan fitur pencarian yang dioptimalkan ini. 

Kemudian fitur kedua yaitu aplikasi Outlook memiliki fitur keamanan yang ditingkatkan untuk melindungi privasi dan keamanan email-email kamu. Fitur ini juga mencakup perlindungan dari website yang sangat suka spam dan link phising. Cara kerja fitur ini adalah fitur keamanan akan memberitahumu jika terdapat sesuatu dari pengirim yang tidak dipercaya sehingga kamu bisa langsung menonaktifkan tautan atau memblokir pengirim email.

Dengan menggunakan fitur ketiga ini aplikasi Outlook memungkinkan kamu untuk menambahkan dan berbagi kalender bersama. Kamu juga bisa mengorganisir atau mempersonalisasi sesuai dengan gaya dan preferensi kamu. Cara untuk bisa menambahkan kalender bersama yaitu dengan klik profil yang ada di pojok kiri atas > kemudian klik ikon yang menyerupai kalender > Selanjutnya pilih opsi ‘Tambahkan kalender bersama’ > Maskkan nama kalender yang ingin kamu tambahkan.

Fitur keempat Aplikasi Outlook adalah kotak masuk yang lebih bagus, fitur ini ada di aplikasi ponsel dan juga di website Outlook. Kotak masuk yang lebih fokus memungkinkan kamu untuk memfilter gangguan yang ada di kotak masuk sehingga kamu bisa melihat pesan penting lainnya dengan cepat. Semua pesan yang sudah kamu tandai spam bisa kamu cek kembali dengan menekan tombol ‘Lainnya’.

Selanjutnya fitur Aplikasi Outlook yang kelima akan sangat membantumu karena Outlook sudah terintegrasi dengan Microsoft Teams. Kamu bisa membuat obrolan grup  yang sangat asyik atau melakukan kegiatan lebih dari sekadar obrolan seperti dijadikan manajemen proyek liburan.

Setelah itu fitur Aplikasi Outlook yang keenam akan memudahkan kamu dalam mengorganisir email. Hal ini berarti Outlook tidak hanya memungkinkan kamu menerima dan mengirimkan email saja, kamu juga bisa menyinkronkan email dengan fitur kalender atau daftar kotak.

 

Lalu fitur terakhir Aplikasi Outlook adalah bekerja sama, sama seperti merek lainnya bahwa satu produk akan berfungsi paling baik jika digunakan dengan sesama produk dari merek tersebut, Outlook pun juga begitu. Outlook akan memberikan kamu pengalaman yang lebih baik jika kamu menyambungkannya ke akun Microsoft 365.

 

2 dari 2 halaman

Benefit Menggunakan Aplikasi Outlook

Aplikasi Outlook © Diadona

Memanfaatkan Aplikasi Outlook memberikanmu pengalaman berkomunikasi secara virtual dengan menggunakan email yang menyenangkan, terlebih lagi jika kamu juga menyambungkannya ke akun Microsoft 365. Dengan mengetahui benefit yang bisa kamu gunakan jika menggunakan Outlook, maka kamu bisa memastikan bahwa investasi waktu dan uang kamu sudah ditempatkan dengan baik dan benar. 

Berikut adalah benefit menggunakan aplikasi Outlook:

  • Mudah digunakan

Aplikasi Outlook sangat mudah digunakan dan ramah pengguna. Interface nya sangat mudah sederhana dan fitur-fitur yang dikategorikan dengan cermat agar mudah dimanfaatkan. Terlebih lagi itur-fitur yang terdapat di Outlook patut untuk kamu pertimbangkan.

  • Bisa mengatur item sesuai kebutuhan

Kemudian kamu bisa mengatur item sesuai kebutuhan di aplikasi Outlook, kamu bisa mengkategorikan tugas, kontak, dan email secara efisien yang kemudian dapat membantumu meningkatkan produktivitas.

  • Gunakan kalender bersama untuk mengatur tugas dan pengingat acara

Selanjutnya salah satu fitur terbaik yang ada di aplikasi Outlook ada kalender bersama, kamu bisa menggunakan kalender bersama untuk mengatur tugas dan pengingat acara bagi kamu dan rekan kerja. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kolaborasi dan efisiensi.

  • Bisa digunakan di banyak perangkat sekaligus

Selain itu, Outlook memfasilitasi untuk mengakses email tanpa batas di berbagai perangkat mulai dari ponsel hingga desktop. Kamu juga bisa menyimpan informasi login sehingga bisa login secara otomatis. Dengan manfaat ini kamu bisa mengelola email kamu secara efisien dengan aplikasi Outlook.

  • Terdapat peningkatan fitur keamanan

Lalu aplikasi Outlook dilengkapi dengan fitur keamanan yang ditingkatkan yang bisa melindungi data pengguna. Fitur ini sangat efektif untuk mengurangi resiko email spam dan bisa melindungi file penting dari bahaya seperti link phising.

  • Meningkatkan produktivitas

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Outlook kamu bisa meningkatkan produktivitas. Karena kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengelola semua aktivitas di email kamu sekaligus, tentunya sangat simple dan mudah.

Nah, itu tadi penjelasan tentang aplikasi Outlook. Jadi apakah kamu tertarik untuk berpindah dan mulai menggunakan Outlook? Semoga membantu!

 

Penulis: Clarissa Dhea

 

 

Beri Komentar