9 Manfaat Teknologi Informasi, Pangan dan Digital

Reporter : Sheila Fathin N
Kamis, 8 April 2021 19:14
9 Manfaat Teknologi Informasi, Pangan dan Digital
Dampak dan keunggulan teknologi pada kehidupan kita saat ini, tidak bisa diabaikan begitu saja.

Manfaat teknologi yang kita nikmati saat ini begitu tampak luar bisa jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Semua akses serba dimudahkan dengan teknologi. Hanya saja, di masa serba digital seperti ini kita dibuat sibuk dengan rutinitas yang serba cepat hingga membuat diri kita lupa untuk menikmati momen sejenak saja. 

Di dunia yang serba digital seperti ini, orang-orang sangat memanfaatkan teknologi secara maksimal. Kehidupan seperti saat ini sangat mustahil untuk kita lepas dari yang namanya smartphone, laptop, dan internet. Semua serba bergantung satu sama lain. 

Teknologi perlahan-lahan mulai memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Nah, Diazen, berikut ini manfaat dari teknologi yang harus kamu ketahui!

1 dari 3 halaman

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat TeknologiManfaat Teknologi © 2021 jcomp on freepik

Manfaat teknologi informasi yang harus kamu ketahui diantaranya adalah :

Membuka Peluang Kerja Baru

Di dunia yang saat ini sudah bergantung dengan teknologi, membuat orang-orang mulai mencari seseorang yang paham dengan teknologi informasi itu sendiri. Meningkatnya permintaan ini secara profesional mampu menghasilkan peluang baru. Sehingga, semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk memperdalam ilmu teknologi informasi seperti pemrograman komputer, analisis sistem, pengujian, dan pegembangan perangkat lunak dan keras serta perancangan aplikasi web.

Menghemat Waktu

Manfaat teknologi memang mampu memberikan kemudahan diberbagai bidang. Salah satunya terdapat dalam bidang navigasi. Seringkali juga kita tersesat saat berada di sebuah lokasi yang baru. Dengan teknologi informasi yang baru mampu membantu kamu menavigasi ke mana saja ke arah yang kamu butuhkan.

Menghemat Biaya

Dengan adanya manfaat teknologi informasi, selain merasa dimudahkan dengan semua fasilitas, kita juga diberikan dengan biaya yang cukup terjangkau bagi orang-orang. Berkat teknologi, orang-orang melihat efisiensi biaya yang digunakan saat menggunakan teknologi.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya teknologi informasi saat ini, membuat produktivitas diberbagai sektor meningkat secara keseluruhan. Semuanya mendapatkan manfaat dari teknologi ini. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Teknologi Pangan

Manfaat TeknologiManfaat Teknologi © 2021 freepik.com

Teknologi pangan semakin banyak diminati. Pasalnya, teknologi pangan memberikan ilmu tentang pangan yang dibutuhkan oleh Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara kaya akan bahan pangan. Teknologi pangan sendiri mampu mengolah bahan pangan menjadi produk yang memiliki nilai guna yang tinggi.

Dibawah ini terdapat manfaat teknologi pangan yang wajib kamu ketahui!

Membuat Makanan dengan Tingkat Kadaluwarsa yang Lama

Dengan mengambil manfaat teknologi pangan, bahan baku yang awalnya berupa bahan fresh dengan tingkat ketahanan yang sangat rendah. Teknologi pangan membuatnya mampu memiliki tingkatan ketahanan yang lama. Caranya adalah dengan mengolah bahan baku menjadi makanan olahan yang masih dengan kandungan gizi yang sama. 

Menjaga Ketahanan Nutrisi Pangan dengan Benar

Teknologi pangan mampu membuat umur simpan produk lebih lama. Tentunya memungkinkan suatu produk tetap terjaga nutrisinya meskipun telah diproses sedemikian rupa. Misalnya, ikan yang dikemas dalam bentuk kaleng, dengan manfaat teknologi pangan membuat ikan kaleng tidak kehilangan nutrisi dan gizinya.

Menghilangkan Bakteri dari Makanan

Menghilangkan bakteri yang mungkin terdapat dalam bahan makanan adalah salah satu dari manfaat teknologi pangan yang mampu membunuh mikroorganisme yang berbahaya. Hal itu terjadi karena pemanas tingkat tinggi sangat mengolah bahan makanan. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Teknologi Digital

Manfaat TeknologiManfaat Teknologi © 2021 rawpixel.com

Teknologi digital telah memiliki manfaat yang telah mengubah semua aspek kehidupan modern ini. Berikut ini beberapa manfaat teknologi digital yang bisa kamu ketahui :

Memudahkan untuk Terhubung Secara Sosial

Teknologi digital memudahkan untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan pekerjaan dari jarak jauh. Kamu bisa berkomunikasi hanya bermodalkan internet melalui video, audio, dan lainnya. Sekarang pun juga sudah dilengkapi dengan media sosial yang bisa membuat kamu terhubung dengan banyak orang tanpa mengenal jarak. 

Bekerja Secara Flexible

Adanya manfaat teknologi digital semua pekerjaan dibuat berubah polanya. Sekarang ini, banyak orang yang memiliki lebih banyak pilihan dan kesempatan untuk bekerja dari rumah. Teknologi digital memudahkan pekerjaan yang dapat diselesaikan dari jarak ratusan atau bahkan ribuan mill tanpa kesulitan dan terasa lebih efisien serta flexible.

Penyimpanan Informasi yang Cukup Luas

Teknologi digital memungkinkan penyimpanan informasi dalam jumlah besar di ruang yang relatif kecil. Sejumlah besar media, seperti foto, musik, video, informasi kontak, dan dokumen lain dapat dibawa-bawa di perangkat kecil seperti ponsel. Selain lokasi fisik, data juga dapat disimpan secara online, sehingga dapat diakses dari perangkat apa pun yang memiliki akses internet.

Jadi, manfaat teknologi telah mempengaruhi di kehidupan kita saat ini. Hal itu tentunya cukup membantu membuat proses komunikasi menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi ini, ya, Diazen.

Beri Komentar