Selalu Kita Gunakan, Yuk Kenali Bagian-Bagian dari SIM Card

Reporter : Yoyok
Kamis, 7 Januari 2021 06:50
Selalu Kita Gunakan, Yuk Kenali Bagian-Bagian dari SIM Card
Gak ada SIM card, gak bisa main medsos deh

Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang. Kenapa bisa pokok? Karena di zaman serba teknologi saat ini, akses internet yang bisa kamu dapatkan dari smartphone akan sangat berhguna dalam aktivitas sehari-harimu.

Seperti halnya memesan makanan atau transportasi, bahkan memesan jasa pijat sekalipun, semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan smartphone. Maka dari itu tidak heran jika smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang.

Tapi, bagaimana jika sebuah smartphone tanpa akses internet? Ya tentu saja sama dengan bohong. Smartphone tanpa akses internet bakal kurang maksimal untuk dimanfaatkan. Apalagi sifat smartphone yang mobile dan bisa dibawa kemana-mana.

1 dari 4 halaman

SIM Card

Maka dari itu, untuk mendapatkan akses internet dari smartphone, kamu juga harus menggunakan provider. Caranya yaitu dengan memasang SIM Card pada smartphone kamu.

Tanpa disadari, kebutuhan akan SIM Card sama levelnya dengan kebutuhan smartphone saat ini. Jadi, kamu tidak bisa meremehkan barang kecil dan tipis satu ini ya.

Ilustrasi SIM Card Ejector © Diadona

2 dari 4 halaman

Subscriber Identity Module

Dikutip dari Indozone, SIM Card merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module. SIM Card adalah sebuah circuit card yang dapat menyimpan informasi yang berkaitan dengan smartphone pengguna.

ID yang terdapat pada SIM Card dapat digunakan sebagai idetifikasi terkait asal negara dan juga operator yang sedang digunakan.

3 dari 4 halaman

Bagian-bagian SIM Card

Kamu tahu kan kalau pada SIM Card ada bagian tembaga serta garis-garis pembaginya. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda lho.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari SIM Card yang jarang orang ketahui:

Ilustrasi SIM Card © Diadona

VCC = Power Supply
RST = Reset
CLK = Clock/Waktu
D+ dan D- = USB Pad Optional
GND = Ground
VPP = Voltage Programming Power
I/O = SIM Data Input/Output Pin

Beri Komentar