15 Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami bagi Pengguna Komputer Agar Tidak Minus

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 30 Januari 2020 09:12
15 Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami bagi Pengguna Komputer Agar Tidak Minus
Sebagian orang sering mengacuhkan cara menjaga kesehatan mata karena merasa akan baik-baik saja.

Mengapa cara menjaga kesehatan mata itu penting?
Karena mata kamu bisa melakukan hal-hal yang luar biasa. Melalui sistem yang kompleks, mata menerima informasi dan memiliki koneksi langsung dengan otak kamu.

Mata kamu juga memungkinkan kamu untuk memproses dunia di sekitar secara visual.

Banyak orang mengabaikan kesehatan mata, dan mungkin salah satunya adalah kamu. Saat orang nggak nggak merasa punya masalah dengan mata, mereka cenderung nggak pernah melakukan pemeriksaan rutin.

1 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami

Ilustrasi Mata (LASIK)Ilustrasi Mata (LASIK) © 2020 https://www.diadona.id/spindeleye.com

Kamu bisa memulai cara menjaga kesehatan mata dengan melakukan perubahan gaya hidup. Apa saja?

Konsumsi Cukup Mineral dan Vitamin

Mengapa ya konsusi makanan sehat bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata? Sebagai contoh, vitami A, C, dan E serta mineral seng, mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula. Ini adalah kondisi di mana makula - bagian mata yang mengontrol penglihatan sentral - memburuk.

Nggak cuman itu, makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan biji rami , juga direkomendasikan untuk kesehatan mata yang lebih baik.

Karotenoid

Di alam retina mata terdapat karotenoid berupa lutein dan zeaxantin. Nah, karotenoid itu ada dalam makanan, diantaranya sayuran hijau, brokoli, zucchini, dan telur

Biar lebih efektif, biasanya orang mengkonsumi kedua zat tersebut dalam bentuk sediaan kapsul. Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata itu, dan menyerap sinar ultraviolen dan biru.

Hindari Penggunaan Lensa Kontak Terlalu Lama

Kalau kamu menggunakan lensa kontak sebagai pengganti kacamata, cara menjaga kesehatan mata yakni dengan tidak memakainya terlalu lama. Lebih baik, gunakan lensa kontak antara 10 - 12 jam per hari.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus

Ilustrasi Perempuan BerkacamataIlustrasi Perempuan Berkacamata © 2020 https://www.diadona.id / @unsplash

Mata minus sepertinya sudah jadi hal yang wajar terjadi ya di masyrakat sekarang ini. Ini juga trejadi karena perubahan dalam perilaku visual, pendidikan, dan rekreasi. Berikut cara menjaga kesehatan mata untuk kamu yang sudah mengalami mata minus.

Menghabiskan Banyak Waktu di Luar Rumah

Dengan menghabiskan banyak wkatu di luar rumah saat masa anak-anak dan remaja, disebut sebagai cara menjaga kesehatan mata biar nggak minus. Dan ini dapat menurunkan risiko rabun jauh sampai seumur hidup, lho!

Para peneliti berpikir paparan sinar ultraviolet matahari (UV) dapat mengubah struktur molekul sklera dan kornea dan membantu mempertahankan bentuk normal.

Disampaikan oleh jurnal penelitian di dengan basis data PubMed, seseorang dengan sedikit paparan sinar matahari memiliki risiko lima kali lipat terkena miopia.

Mengurangi Melihat Jarak Dekat

Hasil penelitian tersebut juga mebghimabu untuk mengurangi pekerjaan yang melihat dengan jarak dekat, sebagai cara menjaga kesehatan mata. Ini karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko rabun jauh hingga 16 kali lipat.

Gunakan Kacamata

Apapun kegiatan yang kamu lakukan dan punya risiko bahaya terhadap mata kamu, maka nggak ada salahnya untuk menggunakan kacamata pelindung.

Dalam cara menjaga kesehatan mata, kacamata pelindung yang tangguh sangat penting jika ada risiko bahan kimia, benda tajam, atau yang lainnya di sela aktivitas kamu. Ditambah saat kamu mengendarai sepeda motor, gunakan kacamata untuk cara menjaga kesehatan mata dari asap dan debu jalanan.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

Ilustrasi DepresiIlustrasi Depresi © 2019 https://www.diadona.id /privacy-formula.com

Untuk kamu yang harus bekerja di depan layar komputer, begini nih cara menjaha kesehatan mata kamu.

Kacamata untuk Komputer

Kalau kamu memang sehari-hari menggunakan kacamata, sebaiknya kamu mulai deh pakai yang ada pelindungnya. Pelindung kacamata sebagai cara menjaga kesehatan mata, terdiri dari pelapis anti pantul atau lensa khusus. Ini dapat membantu meminimalkan silau pada layar komputer kamu dan membuat mata kamu merasa nyaman.

Penyesuaian Monitor Komputer

Sebagai cara menjaga kesehatan mata, menempatkan monitor yang tepat di meja kamu dapat membantu mengurangi silau dan meningkatkan pengalaman yang lebih ergonomis dan nyaman.

Jika memungkinkan, coba deh pindah ke monitor yang lebih besar sebagai cara menjaga kesehatan mata kamu. Ini biasanya akan membuat kata dan gambar lebih mudah dilihat. Selain itu, perbesar font jika mungkin untuk mempermudah membaca.

Jangan terlalu dekat dengan layar. Posisikan monitor komputer kamu sekitar 50 sampai 66 sentimeter dari kepala kamu. Monitor harus ditempatkan pada ketinggian yang kamu lihat di tengah layar. Kamu tidak perlu membungkuk atau duduk terlalu lurus untuk melihat layar komputer dengan baik.

Gunakan Tetes Mata

Sebagai cara menjaga kesehatan mata, tetes mata dapat memastikan mata kamu tetap terlumasi saat menggunakan komputer. Kamu juga bisa kok membeli air mata buatan (OTC) yang bisa kamu gunakan saat mata terasa kering.

Pengaturan Komputer

Kamu perlu menggunakan filter silau pada komputer untuk menjaga kesehatan mata kamu. Sesuaikan kecepatan refresh komputer kamu menjadi antara 70 dan 85 Hz. Sebagian besar layar komputer akan di-refresh dengan kecepatan 60 Hz. 

Sesuaikan juga kecerahan monitor komputer kamu sebagai cara menjaga kesehatan mata. Jika situs web dengan latar belakang putih sangat terang sehingga terlihat seperti sumber cahaya, nah, itu artinya layar kamu terlalu terang. Tetapi jika monitor terlihat abu-abu atau kusam, ini adalah tanda bahwa monitor kamu harus lebih cerah. Coba atur deh kecerahan tersebut untuk cara menjaga mata kamu.

Pencahayaan Ruangan

Nggak cuman komputer, kamu harus mengatur juga pencahayaan ruangan kamu untuk cara menjaga kesehatan mata. Ini karena cahaya dalam ruangan juga akan berkontribusi pada kelelahan mata kamu. Lebih baik jika monitor komputer kamu jauh dari jendela untuk mengurangi silau dari sumber cahaya luar yang dapat membuat mata kamu lebih kering.

Olahraga Mata

Untuk cara menjaga kesehatan mata walaupun harusberlama-lama duduk di depan komputer, kamu harus melakukan olahraga mata sesekali. Caranya, berpalinglah dari layar komputer kamu setidaknya setiap 20 menit selama 20 detik.

Coba berfokus pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki atau 6 meter dapat membantu mengurangi ketegangan dan kelelahan pada otot mata. Praktek ini dikenal sebagai aturan 20-20-20.

Banyak Minum Air Putih

Saat kamu mengalami dehidrasi, maka itu dapat memperburuk gejala mata kering kronis. Terlebih kalau kamu menatap layar komputer untuk waktu yang lama di atas itu, nggak minum cukup air dapat membuat mata kamu terasa lebih buruk.

Tetap terhidrasi dengan minum setidaknya delapan gelas air sepanjang hari dapat sebagai cara menjaga kesehatan mata.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Minus

Ilustrasi Anak BerkacamataIlustrasi Anak Berkacamata © Pexen Design/pexels.com

Walaupun kamu sudah mengalami mata minus, cara menjaga kesehatan mata harus kamu lakukan biar tingkat minusnya nggak bertambah.

Mengontrol Kacamata

Coba deh ingat-ingat kapan terakhir kali kamu mengecek kondisi matamu. Apakah minus kamu sudah sesuai dengan kacamata yang kamu gunakan sekarang? Karena ketidak sesuaian tersebut bisa bikin minus kamu makin bertambah, lho!

Idealnya, pemeriksaan ke dokter mata harus kamu lakukan 1-2 kali dalam setahun untuk mengecek kembali mata atau upgrade kacamata, dan sebagai cara menjaga kesehatan mata.

Melepas Kacamata Sesekali

Meskipun tampak buram, nggak ada salahnya kamu melepas kacamata sebentar saat sedang tidak terlalu dibutuhkan. Ini bertujuan biar mata kamu juga beristirahat sekaligus melatih mata kamu untuk melihat benda-benda yang jauh, dan sebagai cara menjaga kesehatan mata.

Beri Komentar