Yuk, Cobain Sushi Paling Bau di Dunia! Ada yang Berani?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 13 Agustus 2020 16:20
Yuk, Cobain Sushi Paling Bau di Dunia! Ada yang Berani?
Sushi ini dibuat dari fermentasi ikan selama lebih dari dua tahun.

Jika kamu penggemar sushi, kamu pasti udah biasa dong makan sushi yang terbuat dari daging mentah. Meskipun terbuat dari daging yang masih mentah, sushi memiliki rasa yang sdap dan segar dari daging ikan yang masih belum dimasak sama sekali.

Tapi, kalau ada sushi dengan bau amis sangat menyengat, masih mau makan nggak? Kenalan dulu, yuk sama Funazushi!

1 dari 2 halaman

Funazushi

Funazushi © Diadona

Funazushi adalah jenis sushi dari Jepang yang bukan menggunakan daging mentah, namun hasil dari fermentasi Ikan Funa. Ikan Funa adalah ikan emas berjenis Carassius Auratus. Cara fermentasinya adalah dengan dibaluri garam selama satu tahun kemudian diganti dengan beras yang terfermentasi selama empat tahun.

Setelah itu, ikan yang sudah terfermentasi ini bisa diiris tipis atau digunakan bahan untuk hidangan lain. Karena melalui proses fermentasi yang terbilang panjang, Nggak heran kalau makanan ini memunculkan rasa yang asam.

2 dari 2 halaman

Makanan Persembahan untuk para Dewa

Funazushi © Diadona

Karena makanan ini punya proses yang panjang dan dianggap istimewa, di masa lalu, funazushi tidak hanya jadi makanan untuk manusia. Namun, makanan ini juga dipersembahkan untuk para dewa-dewa.

Ikan Funa sendiri dipercaya sebagai pelindung sawah dan nasi merupakan karunia dari Tuhan, sehingga kombinasi keduanya akan menjadi persembahan yang ideal untuk para dewa.

Berani coba?

Beri Komentar