Viral Odading Khas Bandung, Apa sih Bedanya Sama Kue Bantal?

Reporter : Nasa
Rabu, 16 September 2020 11:35
Viral Odading Khas Bandung, Apa sih Bedanya Sama Kue Bantal?
Sama atau beda ya?

Belum lama ini viral sebuah video seorang pria yang mempromosikan kue odading kha Bandung yang dijual sama Mang Soleh. Video tersebut jadi viral lantaran, sang pria mempromosikan odading menggunakan bahasa Sunda dengan gaya ngegas.

Nah, gak lama setelah video itu viral, odading yang dijual sama Mang Soleh tiba-tiba jadi laku keras loh. Bahkan pembelinya sampe antre segala, karena saking ramenya. Nah, sebenernya apa sih itu odading? Namanya kayak belum familiar ya.

Odading adalah kue khas Bandung yang berbentuk persegi dengan warna kecoklatan dan dilengkapi dengan taburan wijen. Kue odading ini berita rasa manis gurih dengan tekstur cenderung lembut. Biasanya, odading ini dijual bersamaan dengan cakwe.

1 dari 3 halaman

Asal Mula Nama Odading

Odading Khas Bandung © Diadona

Menurut info dari berbagai sumber, odading ini diambil dari kisah sebuah keluarga Belanda yang tinggal di Indonesia. Jadi pada saat itu, ada anak keluarga Belanda yang meminta ibunya memberlikan jajanan yang dijual warga sekitar.

Kemudian si ibu Belanda menyebutnya 'O, dat ding' yang dalam bahasa Indonesia berarto 'O yang itu'. Nah sejak saat itu, nama Odading familiar dengan nama jajanan kue goreng tersebut. Karena sebelumnya memang belum ada nama spesifik untuk jajanan itu.

2 dari 3 halaman

Mirip Sama Roti Goreng dan Kue Bantal?

Odading Khas Bandung © Diadona

Sementara itu, odading dikenal sebagai jajanan khas Bandung yang bentuknya mirip sama kue bantal. Memang mirip sih, tapi ternyata ada perbedaannya. Kalau kue bantal biasanya menggunakan soda kue amoniak.

Kalau odading tak menggunakan soda kue tersebut. Sementara itu, odading ini sama halnya loh dengan roti goreng. Di Bandung sendiri ada yang menyebutnya dengan sebuat roti goreng maupun odading.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Odading

Odading Khas Bandung © Diadona

Nah buat kamu yang pengen bikin odading sendiri gak perlu khawatir nih. Soalnya cara bikinnya mudah banget kok. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan mudah didapat.

Bahan :

- Tepung terigu - 500 gram
- Gula pasir - 200 gram
- Telur ayam - 2 butir
- Ragi instan - 2 sdm
- Garam - 1/2 sdt
- Air hangat - 200 ml
- Wijen putih - secukupnya
- Minyak goreng - secukupnya

Cara membuat :

- Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam hingga rata. Sisihkan.

- Dalam wadah berbeda, kocok lepas telur namun jangan terlalu lama.

- Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur. Aduk hingga rata.

- Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga adonan tercampur rata dan kalis.

- Diamkan adonan dalam wadah tertutup hingga mengembang selama 30 menit.

- Ambil sedikit adonan lalu bulatkan. Beri taburan biji wijen di salah satu sisinya. Ulangi langkah ini hingga adonan habis.

- Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng kue hingga matang dan berubah kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

- Siap disajikan.

Resep tersebut admin kutip dari akun resepkoki.id ya. Nah itu dia guys ulasan soal odading yang lagi viral. Kalau mau bikin di rumah juga boleh banget.

Beri Komentar