Uniknya Dawet Sambel Khas Kulon Progo, Lengkap dengan Lauk Tahu dan Toge

Reporter : Nasa
Minggu, 16 Agustus 2020 14:35
Uniknya Dawet Sambel Khas Kulon Progo, Lengkap dengan Lauk Tahu dan Toge
Ini beneran dawet?

Cendol atau dawet adalah kuliner khas di berbagai kawasan Indonesia yang memiliki cita rasa manis yang unik. Tapi pernah denger gak sih kamu kalau ada varian dawet dengan cta rasa gurih yang jauh berbeda dengan dawet pada umumnya.

Jadi ada dawet khas unik dari Kulon Progo, Yogyakarta, yang bukannya diberi gula Jawa dan santan, tapi malah dikasih sambel dengan sejumlah lauk bercita rasa gurih. Wah kayak apa rasanya ya? Katanya nih, kalau kamu ke Kulon Progo bisa dengan mudah nemuin penjual dawet sambel ini loh.

Salah satu penjual dawet sambel yang paling terkenal adalah Mbah Wakijem yang berjualan di kawasan Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Kabarnya, dawet yang digunakan untuk dawet sambel dibuat dari umbi-umbian bernama 'ganyong'.

2 dari 2 halaman

Cita Rasa Unik Dawet Sambel

Nah, ada salah satu netizen yang bagikan pengalamannya dalam mencicipi kuliner unik yang satu ini nih. Tapi kali ini dia nyicipin dawet sambel yang dijual sama Mbah Poniran. Lokasinya berada di sebuah desa kecil.

Bahkan aksesnya saja harus ditempuh dengan berjalan kaki. Soalnya Mbah Poniran ini berjualan dawet sambel di rumahnya sendiri yang dikelilingi oleh kebun pekarangan gitu. Wahh pasti beda banget ya sensasinya kalau makan di desa gitu.

Apalagi makannya si dawet sambel. Oh iya, dawet sambel ini katanya memang bercita rasa sangat unik. Jadi kuliner ini terdiri dari dawet ganyong, kuah gula, sambel, tahu, dan toge. Nah tuh bisa bayangin gak rasanya kek mana?

Wkwkwkwk mending kalau lagi ke Jogja langsung mampir aja ya.

 

Beri Komentar