Unik, Ada Makanan Nyeleneh Bernama Air Goreng! Pernah Coba?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 6 April 2021 17:20
Unik, Ada Makanan Nyeleneh Bernama Air Goreng! Pernah Coba?
Air mineral dibuat padat, kemudian dilumuri dengan tepung dan digoreng dengan minyak panas. Berani coba?

Air merupakan benda cair yang biasa digunakan untuk air minum, ataupun salah satu bahan untuk membuat makanan berkuah.

Namun, pernah nggak sih kamu denger makanan bernama air goreng. Ya, bahan dasarnya adalah air murni yang kemudian digoreng dengan minyak panas. Seperti apa jadinya?

1 dari 2 halaman

Air Goreng

Air Goreng © Diadona

Air Goreng di sini bukan berarti air kemudian dimasukkan langsung dalam minyak panas. Melansir dari Times of India, Air Goreng ini adalah air yang dilapisi dengan mineral dan bahan kimia untuk menyembunyikan air, kemudian menggorengnya dalam minyak panas seperti gorengan pada umumnya.

Bola air goreng ini terbuat dari campuran air dengan Kalsium Alginat yang memiliki bahan kimia seperti Kalsium Klorida encer dan Sodium Alginat berair yang menjadikan air menjadi benda padat.

2 dari 2 halaman

Viral di YouTube

Rupanya, konsep aneh ini dipernkenalkan pada tahun 2016 lalu oleh seorang YouTuber dan juga Chef Jonathan Marcus. Ia menggunakan tepung, telur dan remah panko untuk melapisi dan menggoreng air.

Namun, perlu teknik khusus untuk menggoreng Air Goreng ini. Karena, jika tak hati-hati, bisa terjadi kebocoran pada gelembung. Jika itu terjadi dan terkena minyak panas, yang terjadi adalah letupan-letupan karena bertemunya air dan juga minyak yang mendidih.

Tonton selengkapnya di sini, ya!

Beri Komentar