Unik! Ada Dawet Terbuat Dari Ikan Lele, Gimana Rasanya Ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 16 Maret 2020 13:35
Unik! Ada Dawet Terbuat Dari Ikan Lele, Gimana Rasanya Ya?
Kalau dawet biasanya digoreng, gimana rasanya ya kalau dijadiin dawet?

Ada saja inovasi yang dilakukan oleh warga Kediri, Jawa Timur ini. Lele yang biasanya diolah menjadi sajian gurih pelengkap lauk, sekarang malah dijadikan bahan dasar dawet. Dawet ikan lele merupakan dawet berbahan dasar ikan lele pertama di Indonesia. Seperti apa bentuknya ya?

1 dari 4 halaman

Dawet Lele © Diadona

Cara membuat dawet lele ini sebenarnya hampir sama dengan membuat dawet pada umumnya. Caranya, lele dipisahkan dari tulang dan kepala. Kemudian daging yang sudah difillet direndam dalam air jeruk nipis selama satu jam. Lalu bersihkan dan diaduk dengan adonan dawet menggunakan tangan.

Dawet Lele © Diadona

Dawet Lele © Diadona

2 dari 4 halaman

Masuk rekor MURI

Dawet Ikan Lele merupakan dawet berbahan dasar ikan lele pertama di Indonesia. Sajian ini memang belum ada sebelumnya. Oleh karena itu, Februari lalu tengah diadakan pembagian 3000 lebih cup dawet ikan lele di Kediri dan mendapat rekor MURI.

Bahkan rekor ini juga dicatat oleh dunia karena menjadi yang pertama dan terbanyak. Sebanyak 3.555 cup dawet ikan lele dibagikan kepada anak-anak yang hadir bersama guru maupun orang tuanya di Desa Pranggang, Kediri.

3 dari 4 halaman

Upaya Cegah Stunting

Pembagian dawet ikan lele ini merupakan bagian dari ajakan pemerintah Kediri kepada masyarakat untuk menggalakkan makan ikan untuk anak-anak dan ibu hamil. Ikan lele memiliki protein hewani yang cukup tinggi dan baik dikonsumsi oleh anak-anak. Mengonsumsi lele bahkan bisa mencegah stunting atau kekerdilan, meningkatkan kecerdasan dan kemampuan berpikir anak, serta menjamin kecukupan gizi anak. 

4 dari 4 halaman

Rasa

Dawet Lele © Diadona

Untuk rasa memang cenderung memiliki rasa manis gurih. Dawet dengan bahan dasar lele ini memiliki rasa gurih khas lele dipadukan dengan santan dan gula merah menjadikan dawet lele ini memiliki rasa manis dan gurih.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar