Tradisional Banget, Pizza Ini Disajikan dan Dibungkus Menggunakan Anyaman Daun Pandan!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 21 Agustus 2020 22:14
Tradisional Banget, Pizza Ini Disajikan dan Dibungkus Menggunakan Anyaman Daun Pandan!
Jika biasanya Pizza Disajikan dan dikemas dalam kotak kardus. Lain halnya dengan pizza satu ini.

Pizza memang identik dengan makanan asal italia berbentuk bulat dan dipotong menjadi 8 bagian berbentuk segitiga. Biasa menjadi makanan yang dipesan dan diantarkan, pizza selalu dikemas dalam dalam kotak kardus agar pizza tetap hangat.

Nah, gimana kalau pizza dibungkus menggunakan anyaman daun pandan? Malah terlihat jadi makanan tradisional banget, ya. Tapi ternyata hal ini memang beneran ada. Sayangnya bukan di Indonesia, melainkan ada di Filipina.

Seperti apa sih pizza ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Pizza Bungkus Daun Pandan © Diadona

Melansir dari greenqueen.com.hk, sebuah kedai pizza bernama Brick Oven membuat sebuah inovasi yang sangat unik. Bukan menggunakan kadus, melainkan menggunakan daun pandan yang dianyam.

Rupanya, hal ini dilakukan oleh pihak Brick Oven agar lebih ramah lingkungan. Jika di Indonesia biasa disebut besek, lain halnya di Filipina yang menyebutnya dengan Tampipi.

Uniknya, sebenarnya mereka tidak menggunakan tampipi sebagai boks pizza karena ramah lingkungan. Malah, hal ini dilakukan karena mereka mulai kehabisan boks piza konvensional.

Pizza Bungkus Daun Pandan © Diadona

" Kotak tampipi dicanangkan saat kami mulai kehabisan boks pizza konvensional yang biasanya kami dapatkan dari Manila. Kami pun berpikir apa yang bisa kami manfaatkan dari sekitar," ungkap pemilik Brick Oven Restaurant, Denisse Porca.

Mereka memilih anyaman daun pandan karena di sekitar restoran banyak sekali pengrajin topi anyaman dari daun pandan. Pihak resto kemudian berinisiatif untuk memesan produk anyaman untuk pengganti boks pizza.

2 dari 2 halaman

Pizza Bungkus Daun Pandan © Diadona

Meskipun kini stok boks pizza konvensional sudah tersedia, namun mereka memutuskan untuk tetap menggunakan boks pizza dalam bentuk kotak anyaman daun pandan. Hal ini karena kemasan yang terlihat lebih cantik. Selain itu, anyaman daun pandan dinilai lebih ramah lingkungan.

Nah, dengan mengganti boks pizza dengan kotak anyaman juga bisa membantu para pengrajin menanggung dampak pandemi. Rupanya, pelanggan juga menyambut baik apa yang dilakukan oleh Brick Oven ini.

Wah, bisa banget nih kalau diterapkan di Indonesia.

Beri Komentar