9 Tips Nastar Lembut Tidak Retak yang Enak untuk Kue Lebaran

Reporter : Riza Umami
Senin, 27 Maret 2023 21:10
9 Tips Nastar Lembut Tidak Retak yang Enak untuk Kue Lebaran
Ini nih tips nastar lembut tidak retak.

Nastar adalah salah satu jenis kue khas lebaran di Indonesia. Nastar biasanya berbentuk bulat kecil dengan isian selai nanas di dalamnya. Resep nastar terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, kuning telur, gula halus, dan susu bubuk.

Adonan kemudian diisi dengan selai nanas dan dibentuk bulat kecil sebelum dipanggang di dalam oven. Membuat nastar yang lembut dan anti retak sebenarnya gampang-gampang susah. Nah, berikut ini tips nastar lembut tidak retak.

1 dari 10 halaman

1. Aduk Adonan Menggunakan Spatula yang Anti Lengket

Cara Agar Adonan Cepat Mengembang © Diadona

Dilansir dari laman liputan6.com, tips nastar lembut tidak retak yang pertama yaitu mengaduk adonan dasar nastar dengan menggunakan spatula anti-lengket agar margarin tidak mencair dan adonan tidak mudah retak. Sebaliknya, pengadukan dengan tangan dapat mengakibatkan margarin mencair dan memperbesar kemungkinan adonan retak.

2 dari 10 halaman

2. Adonan Nastar Jangan Terlalu Lembek

Cara Agar Adonan Cepat Mengembang © Diadona

Tips nastar lembut tidak retak yang kedua adalah jangan biarkan adonan terlalu lembek, karena hal ini dapat membuat permukaannya pecah dan retak saat dipanggang. Jika adonan masih lengket dan sulit dibentuk, perlu dilakukan pengecekan dan penyesuaian takaran agar adonan dapat dibentuk dengan mudah.

3 dari 10 halaman

3. Pilih Selai yang Kering dan Padat untuk Isian Nastar

Ilustrasi Selai Nanas © Diadona

Tips nastar lembut tidak retak yang ketiga, untuk mencegah nastar pecah saat dipanggang, sebaiknya menggunakan selai nanas dengan tekstur yang padat dan kering untuk isian nastar.

Selai nanas kering dapat dibuat dengan cara memparut satu buah nanas dan memasaknya dalam kuali hingga airnya keluar, kemudian dimasak kembali hingga benar-benar kering. Setelah itu, tambahkan gula dan aduk hingga warnanya berubah menjadi lebih tua.

4 dari 10 halaman

4. Olesi Kuning Telur setelah Nastar Dipanggang Setengah Matang

Tips Nastar Lembut Tidak Retak © Diadona

Tips nastar lembut tidak retak yang keempat yaitu menggunakan kuning telur sebagai bahan olesan setelah kue dipanggang setengah matang. Umumnya, kue nastar perlu dipanggang selama 10 menit sebelum diolesi kuning telur, kemudian dipanggang kembali selama sekitar lima menit hingga matang secara sempurna.

5 dari 10 halaman

5. Gunakan Tepung Maizena

Perbedaan Tepung Maizena dan Tapioka yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Sampai Salah ya Moms! © Diadona

Dikutip dari laman kompas.com Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan dan Pastry Chef Disy Ery Braswito juga memberikan tips nastar lembut tidak retak. Arief mengatakan, sebaiknya menggunakan tepung maizena supaya bisa membantu kue nastar menjadi makin renyah dan meleleh di mulut.

6 dari 10 halaman

6. Hindari Menggunakan Telur Terlalu Banyak

Ilustrasi Telur © Diadona

Tips nastar lembut tidak retak yang berikutnya, disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak telur dalam adonan untuk mendapatkan nastar yang renyah dan bisa mempertahankan kepadatannya ketika dibentuk dan dipanggang. Arief bahkan hanya menggunakan kuning telur agar adonan tidak terlalu cair.

Jika terlalu banyak telur digunakan, adonan akan menjadi terlalu lembek dan tidak akan bisa mempertahankan kepadatannya sehingga bentuknya melebar. Akibatnya, nastar tidak akan bisa bentuk bulat sempurna dan mudah hancur. Sebagai referensi, Disy biasanya hanya menggunakan sekitar dua sampai tiga telur dalam adonan untuk menghasilkan sekitar 40-50 buah nastar.

7 dari 10 halaman

7. Jangan Terlalu Lama saat Mengocok Adonan

Ilustrasi Kue Nastar 1 Kg © Diadona

Tips nastar lembut tidak retak yang selanjutnya, disarankan untuk tidak mengocok adonan terlalu lama. Kue kering seperti nastar tidak membutuhkan proses pengocokan hingga adonan mengembang.

Jika adonan terlalu lama dikocok dan mengembang, kepadatannya akan berkurang. Menurut Arief, " cookies tidak membutuhkan pengembangan yang lama. Jika overmixing, bentuk kue malah tidak akan sesuai."

8 dari 10 halaman

8. Hindari Memanggang dengan Suhu Terlalu Tinggi

Ilustrasi Kue Nastar Tanpa Oven © Diadona

Selain beberapa hal di atas, tips nastar lembut tidak retak yang satu ini juga gak kalah penting. Diazens perlu menghindari menggunakan suhu yang terlalu tinggi saat memanggang nastar.

Arief biasanya hanya pakai suhu sekitar 150 derajat celsius, sedangkan Disy di suhu kurang lebih 180 derajat celsius. Bila suhu terlalu tinggi, nastarnya jadi cepat gosong di bagian luar tetapi dalamnya malah belum mateng.

9 dari 10 halaman

9. Perhatikan Waktu saat Mengoleskan Egg Wash

Tips Nastar Lembut Tidak Retak © Diadona

Saat mengoleskan egg wash pada nastar, waktu yang tepat juga sangat penting. Egg wash biasanya dioleskan setelah nastar dibentuk dan akan dimasukkan ke dalam oven. Namun menurut tips nastar lembut tidak retak dari Arief, sebaiknya egg wash dioleskan ke nastar setelah hampir matang. Tujuannya agar bagian atas nastar berkilau dan tidak retak.

Menurut Arief, " Jika dioleskan dari awal, hasilnya bisa pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, setelah dipanggang hingga kurang lebih 90 persen matang, keluarkan dari oven dan dinginkan terlebih dahulu. Kemudian, baru dioleskan dengan egg wash atau kuning telur.”

10 dari 10 halaman

Setelah dioleskan sekali, tunggu hingga lapisan pertama sedikit kering, kemudian olesi lagi dengan egg wash. Setelah lapisan egg wash kering, nastar dapat dimasukkan kembali ke dalam oven kemudian panggang selama sekitar tiga menit untuk mematangkan kuning telur. Arief menggunakan campuran egg wash yang terdiri dari minyak, kuning telur, ekstrak vanilla, garam, dan susu kental manis.

Nah, itulah beberapa tips nastar lembut tidak retak yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Ternyata, membuat kue kering yang satu ini memang butuh ketelitian ya Diazens dan gak bisa asal-asalan. Selamat mencoba ya dan semoga hasilnya memuaskan.

Beri Komentar