9 Tips Membuat Nasi Goreng Enak, Sedap dan Tidak Berminyak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 6 Mei 2023 15:16
9 Tips Membuat Nasi Goreng Enak, Sedap dan Tidak Berminyak
Di antara tips membuat nasi goreng enak antara lain menggunakan nasi yang tepat, wajan berukuran besar dan juga api yang menghasilkan suhu tinggi

Ada banyak banget resep nasi goreng enak di internet, tapi tak lengkap tahu gimana tips membuat nasi goreng yang enak. Mulai dari kriteria bahan yang digunakan, suhu memasak hingga peralatan dalam membuat nasi goreng.

Itulah mengapa meskipun kamu menggunakan resep yang sama, hasil akhir masakan bisa berbeda-beda, bukan? Nggak perlu jago masak, cukup terapkan tujuh tips membuat nasi goreng enak ini biar nasi goreng rumahan ala kamu seenak restoran!

 

1 dari 6 halaman

Tips Membuat Nasi Goreng Enak © Diadona

Pakai Nasi Pera

Kunci membuat hidangan nasi goreng yang enak dimulai dari nasi yang tepat! Tidak semua nasi cocok untuk dijadikan nasi goreng, dan nasi terbaik untuk membuat nasi goreng adalah nasi pera. 

Nah apa sih nasi pera itu? Nasi pera dibuat dari beras pera, yaitu jenis beras yang akan menghasilkan nasi yang keras, kurang pulen, kering dan cenderung terpisah ketika dibuat nasi goreng. Nasi yang saling terpisah ini akan terlapisi oleh bumbu nasi goreng dengan sempurna.

Namun kebanyakan nih nasi goreng dibuat dari sisa nasi semalam. Lalu gimana caranya agar beras pulen ini memiliki tekstur seperti beras pera?

Kamu bisa menggunakan nasi yang dingin atau nasi sisa kemarin yang disimpan di dalam kulkas. Dibandingkan dengan nasi yang baru saja matang, nasi sisa memiliki tekstur yang lebih kering dan nggak lengket. Selain itu setelah dimasukkan ke dalam kulkas, nasi akan jadi kering dan tidak lengket, cocok banget untuk diolah sebagai nasi goreng!

2 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Sederhana © Diadona

Gunakan Bahan yang Tepat

Ada tiga bahan utama nasi goreng yaitu telur, sayuran, dan protein. Dengan telur yang diorak-arik dan dicampurkan sempurna ke dalam masakan, telur akan menghadirkan rasa gurih yang memikat. Begitu pula dengan sumber protein lain seperti ayam, udang dan lainnya.

Tips membuat nasi goreng enak selanjutnya yakni dengan memiliki sayuran yang pas sesuai selera kamu. Nasi goreng rumahan biasanya menggunakan jenis sayuran sederhana seperti sawi, kol dan lainnya sementara nasi goreng ala Hongkong biasanya dimeriahkan dengan sayuran beku.

 

3 dari 6 halaman

Tips Membuat NAsi Goreng Enak - Gunakan Suhu Tinggi © Diadona

Pakai Api Besar saat Memasak Nasi Goreng

Entah menggunakan nasi yang baru dimasak atau nasi sisa, tips penting dalam membuat nasi goreng enak adalah menggunakan api besar. Kenapa tuh?

Jika api terlalu kecil, maka kamu seperti mengukus nasi alih-alih menggorengnya. Semenatra itu menggoreng nasi goreng dengan menggunakan api besar punya banyak keuntungan, antara lain: 

Agar nasi goreng matang dengan cepat: Api besar dapat membantu mempercepat proses memasak nasi goreng, sehingga nasi tidak terlalu lembek atau keras. Saat nasi goreng dimasak menggunakan api kecil, waktu memasaknya akan lebih lama, sehingga nasi goreng bisa menjadi terlalu lembek atau terlalu kering.

Membuat Nasi Goreng Lebih Beraroma : Panas tinggi yang digunakan saat membuat nasi goreng bisa membantu melepaskan aroma bumbu dan rempah-rempah. Aroma yang dihasilkan akan lebih kaya dan intens, sehingga rasa nasi goreng jadi lebih nikmat. Proses ini dinamakan reaksi maillard lho! Apa itu?

Reaksi maillard adalah reaksi yang terjadi ketika asam amino bereaksi dengan gula pereduksi pada suhu tinggi. Pada nasi goreng, reaksi Maillard terjadi antara bahan-bahan seperti daging, telur, sayuran, bumbu yang mengandung asam amino dan juga nasi sebagai gula pereduksi

Reaksi Maillard pada nasi goreng menghasilkan senyawa-senyawa kompleks seperti melanoidin, yang memberikan warna cokelat keemasan, aroma dan rasa yang khas. Selain itu, reaksi ini juga menghasilkan senyawa-senyawa aroma seperti asam amino siklik, aldehida, dan keton yang memberikan aroma gurih dan sedap pada nasi goreng.

Mencegah Nasi Lengket : Api besar dapat membantu memastikan nasi goreng tidak lengket pada wajan atau penggorengan. Soalnya nih panas yang dihasilkan membantu mengeringkan air yang ada dalam nasi goreng, sehingga nasi goreng tidak menempel pada wajan dan mudah diaduk.

Namun, perlu diingat bahwa ukuran api yang digunakan untuk memasak nasi goreng sebaiknya disesuaikan dengan jenis kompor yang digunakan dan waktu memasak ya! Memasak nasi goreng biasanya dilakukan dengan waktu yang cepat dan dengan melemparkan butiran nasi ke udara untuk menghindarkannya nasi gosong.

 

4 dari 6 halaman

Tips Membuat Nasi Goreng Enak - Gunakan Wok © Diadona

Pakai Mentega sebagai Pengganti Minyak

Menggunakan mentega untuk menggantikan minyak akan meningkatkan rasa gurih pada nasi goreng. Selain itu, mentega akan meminimalisir kandungan minyak di sajian sehingga nasi  goreng akan kering dan tidak berminyak.

Pakai Wok

Pernahkah kamu perhatikan jenis wajan yang digunakan oleh pedagang nasi goreng? Mereka biasanya menggunakan wajan besar, bukan cuman karena bisa digunakan untuk memasak nasi dalam jumlah banyak tapi juga sebagai tips membuat nasi goreng yang enak lho!

Wok memiliki permukaan yang lebar sehingga memungkinkan bahan-bahan nasi goreng terkena panas secara merata. Manfaatnya, setiap bulir nasi matang secara sempurna. Wok berukuran besar memberimu ruang untuk mengaduk nasi tanpa membuat nasi melompat atau jatuh dari wajan. Panas yang merata ini juga bikin pemakaian gas jadi lebih hemat lho!

5 dari 6 halaman

Tips Membuat Nasi Goreng Enak © Diadona

Gunakan Bahan Kering

Nasi goreng yang enak itu lembab, tapi tidak basah. Jika kamu menggunakan bahan yang diasinkan, seperti nasi goreng dengan ikan asin, sebaiknya goreng ikan asin terlebih dahulu sebelum menambahkan nasi. Kenapa? agar kelebihan cairan di ikan asin bisa menguap dan tidak membuat nasi menjadi basah. 

Begitu pula bila kamu ingin menambahkan potongan daging ayam atau udang. Sebaiknya tumis bahan-bahan tersebut terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam nasi goreng. Ini juga berlaku untuk sayuran lho! Pastikan sayuran sudah tiris dari air agar kandungan air yang ada di permukaannya tak bikin nasi goreng jadi lembek.

Potong Bahan Sama Besar

Ini nggak cuman jadi tips membuat nasi goreng enak, tapi juga tips memasak lainnya. Dengan memotong sama besar, kamu nggak cuman meningkatkan tampilan tapi memastikan setia bahan matang dengan tepat. Dengan demikian keberadaan bahan tersebut dapat meningkatkan tekstur dan juga cita rasa nasi goreng kamu lho!

6 dari 6 halaman

Tips Membuat Nasi Goreng Enak - Pakai Mentega sebagai Pengganti Minyak © Diadona

Lengkapi Bumbu

Sebelum memasak, pastikan seluruh bumbu yang digunakan telah kamu siapkan di samping kamu. Ini mencegah kamu kerepotan mencari bumbu ketika dibutuhkan, trus bikin nasi gorengnya jadi gosong deh!

Jangan Terlalu Banyak Mencampurkan Bahan

Nasi goreng Jawa dengan terasi memang enak, tapi nasi goreng ikan asin nampak menggoda, bukan? Nasi goreng seafood adalah sajian mewah, tapi nasi goreng pete tak kalah bikin ngiler. Hayo, mau bikin yang mana?

Agar nasi goreng kamu memiliki cita rasa khas dan enak, jangan mencampurkan terlalu banyak bahan ke dalamnya. Gunakan satu jenis bahan dengan cita rasa yang konsisten untuk membuat nasi goreng yang enak. Misalnya, nasi goreng pete, nasi goreng ikan asin, nasi goreng seafood atau nasi goreng kecap.

Selain menggunakan tips memasak nasi goreng yang enak, pastikan juga untuk menghias nasi goreng kamu biar menarik ya!

Penulis : Intan Lathifah

Penyunting : Dhewi Larasati

Beri Komentar