5 Resep Nasi Goreng Sederhana yang Lezat dan Anti Ribet, Cocok Buat Pemula

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 6 Mei 2022 16:10
5 Resep Nasi Goreng Sederhana yang Lezat dan Anti Ribet, Cocok Buat Pemula
Resep nasi goreng sederhana ini bisa banget jadi andalan pemula, anak kos dan kalian yang nggak mau repot

Nasi goreng emang salah satu makanan yang masuk di lidah semua orang, terlebih cara membuatnya pun sangatlah mudah. Terlebih ada banyak jenis makanan yang satu ini, mulai dari nasi goreng Jawa, nasi goreng chinese, nasi goreng dengan bumbu merah dan masih banyak lagi. Nah resep nasi goreng sederhana ini merupakan salah satu solusi buat yang ingin menyantap menu lezat tapi ini tapi tetap ingin praktis! Karena meskipun hanya menggunakan bahan-bahan yang sederhana, apabila dimasak dengan tepat tentu saja rasanya tetap lezat.

Bagi para pemula dalam hal berbau dapur, anak kos, dan kamu yang suka hal praktis, wajib banget nih cobain resep nasi goreng sederhana berikut ini. Karena selain caranya yang mudah diikuti, bahan-bahan yang digunakan juga mudah banget didapatkan. Wah emang kaya gimana sih resepnya? Yuk disimak selengkapnya!

1 dari 5 halaman

Resep Nasi Goreng Sederhana yang Cocok untuk Pemula

Resep Nasi Goreng SederhanaResep Nasi Goreng Sederhana © pexels.com/Djoan

Bagi para Diazens yang sedang mengasah keterampilan memasaknya, berikut ini resep nasi goreng sederhana yang pastinya mudah diikuti bagi para pemula di dunia masak. Selain karena cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan dan bisa ditemukan di dapur nih.

Bahan :

  • 1 piring penuh nasi putih
  • 2 butir telur
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Sepertiga balok terasi
  • Penyedap rasa
  • Kecap manis
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, terasi dan garam secukupnya. Setelah bumbu halus, sisihkan dahulu.
  • Panaskan minyak secukupnya lalu pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Kemudian tumis bumbu hingga tercium aroma wangi. Setelah itu masukkan nasi putih kedalam wajan dan aduk hingga bumbu dan nasi tercampur rata.
  • Tambahkan telur yang sudah di orak arik kedalam wajna, aduk lagi hingga rata.
  • Kemudian tambahkan kecap dan penyedap rasa secukupnya dan aduk aduk lagi hingga tercampur rata.
  • Iris tomat, dan sajikan nasi goreng dengan irisan tomat. Nasi goreng sederhana pemula siap disantap!

2 dari 5 halaman

Resep Nasi Goreng Sederhana untuk Anak Kos

Resep Nasi Goreng SederhanaResep Nasi Goreng Sederhana © takedahrs from Pixabay

Resep nasi goreng sederhana kali ini cocok banget buat anak kos. Karena selain praktis, bahan-bahan yang dibutuhkan pun terjangkau, isiannya pun juga bisa memenuhi kebutuhan gizi nih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 piring penuh nasi putih
  • 1 butir telur
  • 1 buah wortel ukuran sedang/kecil
  • 2 lembar daun kol
  • 2 siung bawang putih
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • 1 sachet Boncabe (opsional)

Cara membuat :

  • Cuci bersih bawang putih, wortel dan kubis, kemudian wortel dipotong dadu dan kubis diiris sesuai selera. Iris tipis bawang putih.
  • Panaskan minyak, kemudian pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Kemudian tumis bawang putih, setelah aroma wangi tercium tambahkan wortel dan aduk aduk. Kemudian tambahkan kubis yang sudah diiris dan aduk aduk hingga merata.
  • Tambahkan nasi dan aduk aduk hingga merata. Kemudian tambahkan garam, kecap, boncabe, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk aduk lagi hingga semua bumbu sudah merata.
  • Nasi goreng sederhana ala anak kos siap dihidangkan!

3 dari 5 halaman

Resep Nasi Goreng Sederhana Pakai Rice Cooker

Resep Nasi Goreng SederhanaResep Nasi Goreng Sederhana © pexels.com/Djoan

Resep nasi goreng sederhana kali ini cukup pakai rice cooker aja, pas banget buat kamu anak kos yang nggak punya fasilitas dapur. Eh tapi kan biasanya rice cooker sebagai pengganti kukus ada rebus, emang bisa buat menggoreng? Simak resep dan cara membuatnya berikut ini deh.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 2 cup beras
  • 1 sachet bumbu nasi goreng instan
  • Garam secukupnya
  • Sosis/bakso/daging menyesuaikan selera

Cara membuat

  • Cuci beras hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam rice cooker, tuangkan air secukupnya dan tekan tombol cook. Tunggu hingga keluar asap dalam keadaan mendekati matang.
  • Tambahkan bumbu nasi goreng instan, garam secukupnya, dan aduk hingga merata.
  • Kemudian masukkan bahan tambahan seperti sosis atau bakso atau daging yang sudah diiris sesuai selera. Aduk kembali.
  • Tunggu hingga matang dan diamkan selama beberapa menit.
  • Nasi goreng sederhana ala rice cooker siap dihidangkan!

Resep nasi goreng sederhana ala Diadona di atas cocokkan buat kalian yang masih belajar masak, anak kos dan anti ribet? Jadi gimana, udah langsung dicoba belum? Pantengin resep nasi goreng lainnya di artikel berikut ini ya!

Penulis :  Syafna Nadya Fatmaturrida

4 dari 5 halaman

Resep Nasi Goreng Pedas

Nasi GorengNasi Goreng © 2019 https://www.diadona.id/fitmencook.com

Makanan pedas emang lagi tren, dan nasi goreng dengan rasa capsaicin yang nendang banget ini punya banyak penggemar. Biar resep nasi goreng pedasmu nggak cuman kerasa pedas doang, intip bahan dan cara membuatnya berikut ini:

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 3 biji bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 100g frozen vegetables
  • 3 butir telur
  • 2 buah sosis
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • Timun dan tomat, diiris

Cara membuat

  • Panaskan minyak secukupnya, pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Cuci dan iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. kemudian panaskan minyak untuk menumis. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Kemudian masukkan frozen vegetables, dan sosis yang sudah diiris. Aduk-aduk.
  • Masukkan nasi, dan telur orak arik kemudian aduk hingga merata.
  • Tambahkan garam, kecap manis, dan bumbu penyedap sesuai selera. Aduk kembali hingga merata.
  • Sajikan dalam piring dan tambahkan pelengkap timun dan tomat yang sudah diiris. Nasi goreng pedas spesial siap disantap!

5 dari 5 halaman

Resep Nasi Goreng Terasi

Resep Nasi Goreng SpesialResep Nasi Goreng Spesial © Christopher Alvarenga on Unsplash

Menambahkan terasi dalam resep nasi goreng spesial akan meningkatkan rasa gurih dan tentu saja wangi. Warna nasi gorengnya juga akan terlihat makin cantik.

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 5 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sendok teh terasi
  • 2 buah kemiri, disangrai
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • Timun dan tomat, diiris
  • 2 butir telur

Cara membuat :

  • Pecahkan dan kocok telur, serta tambahkan garam secukupnya. Panaskan minyak dan goreng telur. Angkat dan sisihkan.
  • Cuci dan haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, terasi dan kemiri sangrai.
  • Kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Tambahkan nasi aduk-aduk hingga merata.
  • Kemudian tambahkan kecap manis, garam, dan bumbu penyedap secukupnya sesuai selera. Aduk lagi hingga merata.
  • Sajikan nasi goreng dengan topping telur, timun, dan tomat. Nasi goreng spesial terasi siap disantap!

Beri Komentar