Ternyata Pizza Mulanya Adalah Hidangan Bagi Rakyat Jelata yang Tak Mampu Membeli Piring?

Reporter : Nasa
Rabu, 25 Maret 2020 18:22
Ternyata Pizza Mulanya Adalah Hidangan Bagi Rakyat Jelata yang Tak Mampu Membeli Piring?
Jadi salah satu kuliner hits di seluruh dunia, Pizza awalnya ternyata merupakan hidangan roti pipih sederhana bagi rakyat jelata.

Pizza memiliki sejarah cukup panjang di kalangan bangsa Eropa. Pizza yang faktanya bukan pertama kali ada di Italia ini juga memiliki sejarah dan varian tersendiri pada masyarakat Yunani dan Mesir Kuno.

Dilansir dari laman History Today, pada akhir abad 18, pizza modern mulai muncul dari kisah seorang penulis puisi Virgil yang belum lama tiba di Latium, Italia. Bersama dengan rekan-rekannya, ia membuat adonan pipih untuk makan bersama di bawah pohon.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Pizza © Diadona

2 dari 4 halaman

Kemudian dia membakarnya dan menambahkan sejumlah campuran seperti jamur dan juga sayur-sayuran lain. Adonan pipih yang terlihat seperti piring tersebut menimbulkan candaan, bahwa mereka juga memakan ‘piring’ terbuat dari adonan.

Namun seiring dengan perkembangannya, pizza kemudian menyebar ke seluruh penjuru Eropa. Ada versi cerita paling terkenal, sehingga membuat Pizza menojadi kuliner hidangan yang identik dengan negara Italia.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Pizza © Diadona

4 dari 4 halaman

Sekitar tahun 1889, seorang juru masak dan juga pemilik resto di Naples, Raffaele Esposito menjadi pelopor pizza modern sehingga disebut sebagai bapak pizza modern. Esposito membuat pizza dengan topping saus tomat, keju mozarella, dan juga daun basil.

Hidangan pizza spesial tersebut dipersembahkan kepada Margherita of Savoy, Ratu Italia pada saat itu. Nah setelah itu pizza modern jadi populer di hampir seluruh wilayah di bumi. Bahkan ketika masuk di Indonesia, harganya malah cenderung mahal nih.

Nah panjang ya ternyata sejarah pizza ini. Jangan-jangan kamu mengetahui sejarah lain dari pizza? Jangan segan bagikan pengetahuanmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar