Resep Dadar Gulung Coklat Isi Pisang, Jajanan Pasar Super Lembut, Legit dan Menggugah Selera Banget

Reporter : Arifina
Rabu, 8 Mei 2024 17:07
Resep Dadar Gulung Coklat Isi Pisang, Jajanan Pasar Super Lembut, Legit dan Menggugah Selera Banget
Varian dadar gulung coklat satu ini dijamin nagihin banget lho!

Resep dadar gulung coklat isi pisang bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk membuat olahan camilan legit. kudapan klasik ini selalu menggoda selera dengan kulit tipisnya yang lembut dan isian manis legit.

Salah satu kue khas Indonesia ini hadir dengan berbagai warna dan rasa. Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah dadar gulung coklat isi pisang.

Umumnya, dadar gulung ini terbuat dari telur, tepung, dan santan yang kemudian diberi pewarna makanan mulai dari hijau, kuning, merah dan lainnya untuk kulitnya dengan isian kelapa parut gula merah. Namun, seiring perkembangannya, olahan camilan legit satu ini hadir dengan aneka variasi rasa dan bentuk yang menarik.

 

1 dari 6 halaman

Resep Dadar Gulung Coklat Isi Pisang © Diadona

Selain dadar gulung coklat isi pisang, ada juga variasi dadar gulung original, dadar gulung mawar, dadar gulung isi durian, dadar gulung labu kuning, dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk dadar gulung coklat isi pisang ini pembuatannya tak jauh berbeda dengan pada umumnya. Namun, memerlukan bahan Utama coklat sebagai kulitnya ataupun topping penunjangnya nanti.

Meski jajanan pasar satu ini mudah dibuat, tapi prosesnya cukup memakan Waktu lama. Sebab, kamu harus mulai membuat bagian kulit luarnya, kemudian isiannya, diolah dan disajikan dengan topping aneka selara.

Simak saja resepnya berikut yuk!

 

2 dari 6 halaman

Resep Dadar Gulung Coklat Isi Pisang

Selain bahan Utama coklat bubuk, kamu juga memerlukan pisang sebagai isiannya. Biasanya, buah yang digunakan adalah jenis pisang raja atau kapok.

Dadar gulung coklat isi pisang ini bisa disajikan biasa ataupun dengan aneka topping. Misalnya, penambahan keju dan buah ceri sebagai pemanis tampilan.

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur
  • 550 ml air
  • 1 sdm pasta coklat
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 30 ml minyak sayur

Bahan Vla Coklat:

  • 50 gram coklat batang
  • 1 sdm tepung terigu (larutkan dengan sedikit air)
  • 70 gram susu kental manis coklat
  • 1 sdm gula pasir
  • 200 ml air matang

Bahan Lain:

  • Pisang raja secukupnya
  • Keju parut
  • Manisan ceri

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Dadar Gulung Coklat Isi Pisang

Resep Dadar Gulung Coklat Isi Pisang © Diadona

Buat vla coklat: campurkan coklat batang, susu kental manis, gula pasir dan air. Masak sampai mendidih, dan tuangi dengan larutan terigu. Aduk-aduk ampai mengental, angkat dan biarkan dingin.

Buat kulit dadar gulung: campurkan tepung terigu, telur, gula pasir, garam, air, minyak sayur dan pasta coklat. Aduk hingga adonan licin dan tidak bergerindil.

Panaskan teflon yang sudah diolesi sedikit margarin dengan api kecil. Kemudian, tuangkan satu sendok sayur adonan tipis-tipis ke seluruh permukaan teflon. Buat dadar tipis merata.

 

4 dari 6 halaman

Angkat dadar setelah matang dan sisihkan. Lakukan proses ini hingga semua adonan habis.

Siapkan pisang yang sudah dipotong-potong sesuai selera atau dilembutkan untuk isian. Sisihkan terlebih dahulu.

Ambil satu per satu kulit dadar gulung, kemudian beri isian vla coklat dan potongan pisang. Gulung dadar hingga rapi. Lakukan sampai kulit dadar gulung habis ya.

 

5 dari 6 halaman

Resep Dadar Gulung Coklat Isi Pisang © Diadona

Penyajian: siapkan piring saji, tata dadar gulung yang sudah dibuat di atasnya. Beri taburan keju dan buah ceri di atasnya.

Untuk menambah variasi rasa kamu bisa menambahkan susu coklat untuk hiasan di atasnya. Dijamin, cita rasa dadar gulung buatanmu semakin lezat!

Itulah resep dadar gulung coklat isi pisang yang bisa dengan mudah untuk di recook di rumah. Sajikan sebagai teman nonton drakor atau ngeteh bareng keluarga ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar