Resep Ayam Kecap untuk Pemula yang Sederhana dan Tips Membuatnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 20 Desember 2023 19:25
Resep Ayam Kecap untuk Pemula yang Sederhana dan Tips Membuatnya
Pada resep ayam kecap pemula ini kamu nggak perlu menggunakan bahan-bahan yang ribet. Cara bikinnya juga gampang banget!

Kayaknya nih selain ayam goreng, resep ayam kecap pemula juga harus kamu kuasain biar nggak bingung dengan olahan ayam yang itu-itu doang. Namanya juga resep untuk pemula, tentu menggunakan bahan yang sederhana dan cara memasak no ribet, cuman haluskan bumbu dan oseng-oseng doang.

Nggak percaya?

 

 

1 dari 4 halaman

Seperti namanya, ayam kecap adalah olahan ayam yang dibumbui dengan kecap manis dan bumbu lainnya dan banyak ditemui di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Walaupun terlihat sederhana, namun ternyata ada banyak beda antara satu resep ayam kecap dan yang lainnya.

Misalnya perbedaan bumbu-bumbu yang digunakan di mana beberapa resep ayam kecap menggunakan tambahan rempah seperti kunyit, jahe, dan pala hingga cengkeh. Trus juga ada banyak variasi cara pembuatan ayam kecap, mulai dari menggoreng ayamnya terlebih dahulu, atau langsung memasak dalam keadaan mentah bersama dengan bumbu yang lain dan dimasak hingga bumbu meresap.

Karena kecap merupakan pemeran utama dalam masakan ini, maka pastikan menggunakan kecap terbaik sesuai dengan seleramu ya!

2 dari 4 halaman

Resep Ayam Kecap Pedas © Diadona

Dikutip dari akun Cookpad Agnes JR, berikut ini resep ayam kecap untuk pemula.

Bahan : 

  • 1 kg ayam, lumuri dengan jeruk nipis lalu cuci hingga bersih untuk menghilangkan bau amis. selanjutnya, rebus ayam sampai empuk
  • 5 siung bawang merah, haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdm garam
  • Merica bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdm kecap
  • Minyak goreng
  • Margarin

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Ayam Kecap :

Panaskan minyak goreng yang sudah dicampur dengan  sedikit margarin. Kalau nggak pakai margarin, skip aja nggak apa-apa kok!

Masukan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan serta bawang bombay yang sudah diiris tipis. Tumis sampai harum dan kecoklatan

Masukan ayam yang sebelumnya sudah direbus. Kemudian aduk hingga rata. Tahu nggak sih kenapa ayam perlu direbus terlebih dalam resep ayam kecap pemula ini? Yup, jawabannya adalah agar ayam kecap memiliki tekstur yang juicy dan empuk namun tetap matang sempurna.

Kamu juga bisa merebus ayam menggunakan air kelapa untuk menghasilkan ayam yang empuk dan gurih banget. Setelah direbus, biarkan dingin, lalu campur dengan bumbu kecap deh!

Setelah ayam masuk, tambahkan penyedap rasa dan garam lalu aduk sampai rata. Masukkan 2-3 sendok makan kecap manis, masukkan 1 gelas air kecil, gula pasir lalu aduk kembali hingga rata. Nah, penambahan kecap di akhir proses memasak ini bertujuan agar bumbu kecap meresap ke dalam daging secara sempurna. Proses ini juga membuat rasa kecap pada ayam jadi nggak hilang karena penambahan bumbu lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Selain menambahkan kecap manis, kamu juga boleh banget menambah rasa gurih dan intens ke masakan dengan memasukkan saus tiram ke dalam resep ayam kecap pemula ini. Jangan terlalu banyak ya karena bisa merusak cita rasa! Nah untuk memberi rasa segar, kamu juga bisa menambahkan potongan tomat. Masukkan beberapa menit sebelum ayam diangkat agar tomat tidak hancur.

Selanjutnya tutup wajan selama kurang lebih 10 menit, tambahkan saus tomat, aduk trus tutup kembali selama kurang lebih 10 menit. Jangan lupa masak dengan api kecil agar bumbu kecap merasuk hingga ke dalam daging ayam.

Koreksi rasa, tambahkan bumbu bisa kurang pas. Kamu boleh banget menambahkan potongan daun bawang untuk menambah cita rasa dan meningkatkan tampilan ayam kecap bikinanmu. Nah kalau udah, ayam kecap untuk pemula siap untuk dihidangkan!

Gampang banget kan bikinnya?

Resep ayam kecap yang juga tak kalah enak bisa kamu intip di video berikut ini:

Beri Komentar