10 Ragam Jenis Permen yang Ada di Dunia, Ada yang Asalnya Dari Indonesia lho

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 22 Oktober 2020 17:20
10 Ragam Jenis Permen yang Ada di Dunia, Ada yang Asalnya Dari Indonesia lho
Yang mana favoritmu?

Siapa nih pecinta permen? Salah satu kuliner yang punya rasa manis ini memang terkenal karena bentuknya yang lucu dan sangat digemari oleh anak-anak.

Rasanya yang manis karena kandungan gula dan sirup fruktosa yang tinggi membuatnya menjadi makanan yang jadi faktor utama gigi berlubang.

Ternyata, di dunia ini ada berbagai macam permen dengan beragam rasa, bentuk, dan tekstur. Apa aja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 10 halaman

1. Lolipop

Lolipop © Diadona

Lolipop adalah permen yang ditusuk oleh batang sebagai pegangan. Mengonsumsinya mirip seperti sedang menyantap es krim.

Ternyata, awal mula permen lolipop ini berawal dari manusia purba yang mengonsumsi madu dengan menggunakan tongkat. Lalu, di kebudayaan Arab, Cina, dan mesir kuno, lolipop modern dibuat dari campuran madu dan buah-buahan ataupun kacang-kacangan yang kemudian ditusuk dengan tangkai.

2 dari 10 halaman

2. Marshmellow

Marshmellow © Diadona

Marshmellow kini sering kita temui. Permen ini punya tekstur yang sangat kenyal, dan lembut seperti busa. Permen ini juga mudah meleleh ketika terkena panas.

Teksturnya yang lembut adalah karena bahan utamanya. Marshmellow terbuat dari gula atau sirup jagung putih, telur, gom arab, bahan perasa, dan gelatin yang dikocok sampai mengembang.

3 dari 10 halaman

3. Permen Karet

Permen Karet © Diadona

Permen karet atau Chewing gum adalah salah satu permen yang populer. Selain disukai anak-anak, permen karet juga biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Permen ini punya tekstur lengket, beragam warna dan rasa, serta bisa dibuat gelembung. Tapi, permen ini sangat tidak disarankan untuk ditelan.

4 dari 10 halaman

4. Botan Rice Candy

Botan Rice Candy © Diadona

Botan Rice Candy adalah permen dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Namun akan meleleh ketika di mulut. Botan Rice Candy biasanya punya rasa jeruk atau lemon. Botan Rice Candy merupakan permen tradisional Jepang yang kini telah mendunia.

5 dari 10 halaman

5. Licorice Candy

Licorice Candy © Diadona

Permen ini terbuat dari ekstrak licorice atau akar manis Glycyrrhiza Glabra. Permen ini cukup terkenal di Inggris dan juga negara-negara nordik.

6 dari 10 halaman

6. Turkish Delight

Turkish Delight © Diadona

Turkish Delight punya nama asli lokum atau cyprus delight. Permen ini merupakan campuran dari tepung, gula bubuk dengan air mawar atau lemon. Biasanya ditambahkan pula dengna ptongan-potongan kecil walnut, almond, dan juga kacang kenari.

7 dari 10 halaman

7. Nougat

Nougat © Diadona

Nougat adalah salah satu jenis permen yang punya tekstur cukup lunak dan sedikit keras. Tingkat kekerasannya tergantung dari bahan yang digunakan. Namun, bahan utama Nougat adalah gula atau madu, kacang panggang, dan buah kering.

Nougat punya dua macam, nougat putih dan cokelat. Nougat putih biasanya terbuat dari putih telur yang dikocok sampai halus. Sedangkan nougat cokelat terbuat dari karamel.

8 dari 10 halaman

8. Gummy Bear

Gummy Bear © Diadona

Gummy Bear cukup sering kita jumpai. Permen ini biasa disebut dengan permen jelly. Teksturnya yang kenyal dengan warna transparan membuat permen ini cukup digemari oleh anak-anak.

9 dari 10 halaman

9. Brigadeiro

Brigadeiro © Diadona

Brigadeiro terbuat dari susu dan bubuk kokoa. Permen ini cukup populer di Brazil dan biasanya digunakan sebagai hiasan kue dan es krim.

10 dari 10 halaman

10. Ginger Candy

Ginger Candy © Diadona

Nah, kalau Ginger Candy atau permen jahe adalah permen yang populer di Indonesia. Teksturnya kenyal dengan rasa jahe yang sangat kuat. Permen ini pernah dicatat dalam buku yang berjudul Island of Java karya John Joseph Stockdale. Permen jahe ini dipercaya bisa menyembuhkan perut kembung dan menyegarkan tenggorokan.

Beri Komentar