Punya Aroma Unik, 7 Rempah Ini Jadi Bumbu Wajib Masakan Khas Italia

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 8 Oktober 2020 16:20
Punya Aroma Unik, 7 Rempah Ini Jadi Bumbu Wajib Masakan Khas Italia
Jenis rempah-rempah inilah yang bakal bikin masakan kamu jadi Italia banget!

Siapa, nih, penggemar masakan Italia? Bagi para penggemar makanan Italia, pasti udah nggak asing dengan pizza, pasta, spageti dan lain sebagainya.

Masakan Italia ini memang punya rasa yang khas dan berbeda dengan massakan lain. Bahkan jika kita menutup mata saja, kita akan mengenali karakter rasa dri masakan Italia.

Biasanya, masakan Italia terdiri dari pasta, saus bolognaise, keju parmesan, dan juga daging. Namun, bukan itu yang menjadi penguat rasanya. Ya, 7 rempah-rempah ini yang menjadi penguat karakter rasa dalam makanan Italia. Apa saja itu?

1 dari 7 halaman

1. Basil

Basil © Diadona

Daun Basil adalah salah satu bumbu rempah yang kerap digunakan dalam masakan Italia. Daun basil akan memberikan sedikit rasa pedas dan segar namun ada aroma khas mirip daun mint yang menjadi pembedanya. Daun Basil cocok dipadukan dengan tomat dan diolah menjadi saus pesto untuk saus pasta.

Selain bisa digunakan secara utuh, daun basil juga biasa terlihat dijual di supermarket dalam keadaan kering.

2 dari 7 halaman

2. Thyme

Thyme © Diadona

Thyme mungkin udah sering kita dengar. Thyme akan memberikan aroma kuat dalam masakan. Thyme juga cocok digunakan bersama rosemary untukmasakan yang dipanggang seperti daging dan seafood.

Biasanya, Thyme akan dimasukkan paling awal bersamaan dengan mentega atau minyak zaitun. Hal ini dilakukan untuk penguat aroma dalam minyak. Setelah itu, baru dimasukkan bahan utamanya seperti daging, sayuran, ataupun makanan lainnya.

3 dari 7 halaman

3. Peterseli

Peterseli © Diadona

Peterseli dalam bahasa Italia disebut prezzemolo. Rempah jenis ini kerap digunakan sebagai makanan mulai dari sup, seafood, ataupun Pizza.

4 dari 7 halaman

4. Oregano

Oregano © Diadona

Oregano atau origani memberikan aroma yang khas dengan sedikit rasa tajam. Namun, jika kamu mencari oregano, kamu akan lebih sering menemuinya dalam bentuk bubuk kering.

Nah, Oregano ini biasanya digunakan bersama basil dalam berbagai masakan khas Italia. Selain jadi bumbu pelengkap, oregano juga biasa dipakai sebagai bumbu marinasi daging dan juga seafood.

5 dari 7 halaman

5. Rosemary

Rosemary © Diadona

Rosemary adalah rempah yang memiliki bentuk memanjang dengan daun yang meruncing seperti jarum. Rosemary cocok digunakan untuk masakan yang dipanggang, baik itu sayuran maupun daging. Rosemary juga cocok digunakan untuk bumbu marinasi.

6 dari 7 halaman

6. Sage

Daun Sage © Diadona

Sage atau Salve merupakan penambah rasa untuk masakan Italia. Karakter rasanya sedikit pahit. Namun Sage paling baik digunakan dalam keadaan fresh. Sage biasanya digunakan dalam hidangan seperti rissoto, pasta, gnocchi, maupun sup kacang.

7 dari 7 halaman

7. Daun Salam

Daun Salam © Diadona

Daun salam atau dalam bahasa Italia disebut Allo juga salah satu jenis rempah yang kerap digunakan untuk berbagai masakan Italia. Daun Salam Italia lebih sering digunakan dalam bentuk kering.

Untuk penggunaannya sendiri, daun salam lebih baik digunakan dalam slow cooker. Hal ini dikarenakan, daun salam yang direbus dalam waktu yang lama akan menghasilkan aroma yang lebih kuat dalam masakan.

Beri Komentar