Oh Gini Ternyata Asal Mula Populernya Ayam Geprek, yang Kemarin Ribut-Ribut Udah pada Tahu Belum?

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 17 Juni 2020 14:39
Oh Gini Ternyata Asal Mula Populernya Ayam Geprek, yang Kemarin Ribut-Ribut Udah pada Tahu Belum?
Mau ikut ribut, tapi takut~

Beberapa hari yang lalu, ayam geprek menjadi topik pembicaraan yang cukup hangat. Ya apa lagi kalau bukan karena perebutan merek dagang dua produk makanan itu.

Di sini aku nggak mau membahas tentang hal ihwal perebutan merek tersebut. Yang mau aku bahas di artikel ini adalah tentang kepopuleran ayam geprek itu sendiri yang sudah berlangsung cukup lama. Bahkan sebelum dijadikan branding oleh juragan-juragan itu.

1 dari 3 halaman

Hal pertama yang perlu kita letahui adalah ayam geprek berbeda dengan ayam penyet, ya. ayam geprek adalah sajian ayam goreng yang dilapiris tepung tipis kemudian digeprek dan dicampur dengan sambal.

Berbeda dengan hal itu, ayam penyet adalah ayam goreng dengan bumbu kuning lalu dipenyet dengan aneka sambel yang dinginkan.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, ayam geprek mempunyai popularitas yang lebih tinggi dari sajian ayam goreng lainnya. Hal ini juga mungkin yang melatar belakangi banyaknya rumah makan ayam geprek yang bertebaran di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Sambal Ayam Geprek © Diadona

Tapi sudah pada tahu belum gimana awal mula ayam geprek bisa populer hingga saat ini?

Berbagai sumber mengatakan bahwa ayam geprek pertama kali muncul di kota Yogyakarta. Namanya Ibu Ruminah, pada tahun 2003 warungnya di kawasan Papringan ramai dikunjungi para mahasiswa karena sajian aytam gepreknya.

Saat itu ada beberapa mahasiswa yang meminta Ibu Rum untuk menggeprek ayam sekaligus menambhakannya sambal. Ternyata Inobasi tersebut membuat ayam lebih enak dan nikmat.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar