Jangan Kaget ya, di Kepulauan Riau Ada Minuman Unik Bernama Teh dan Kopi Obeng!

Reporter : Nasa
Jumat, 29 Mei 2020 06:35
Jangan Kaget ya, di Kepulauan Riau Ada Minuman Unik Bernama Teh dan Kopi Obeng!
Ini orang-orang di sana jangan-jangan kayak limbad semua?

Teh dan kopi merupakan minuman yang lazim ditemui di Indonesia. Selain menjadi minuman suguhan bagi para tamu, teh dan kopi juga menjadi minuman yang sangat lazim diperjual belikan oleh pedagang makanan di Indonesia.

Beragam jenis teh yang biasanya ditemui di Indonesia adalah teh dengan aroma melati. Tapi biasanya setiap daerah memiliki ciri khas teh sendiri-sendiri yang sangat unik. Begitu pun juga kopi.

Seperti teh dari Kepulauan Riau ini nih. Minuman ini lazim disebut sebagai teh obeng. Wah kok ngeri banget ya namanya, bisanya minum teh pake obeng segala.

Eits eits jangan mikir yang aneh aneh dulu ya. Soalnya nih, teh di Kepulauan Riau ini sebenernya gak seekstream namanya kok. Jadi teh di Kepulauan Riau sama sekali gak pakai obeng, baik untuk campuran maupun untuk mengaduknya.

2 dari 2 halaman

Usut punya usut, nama teh obeng yang lazim digunakan di Kepulauan Riau memiliki sejarah tersendiri yang cukup panjang. Jadi nih, sebenernya teh obeng ya gak jauh beda dengan teh pada umumnya yang lazim ditemui di Indonesia.

Melansir dari laman Batamnews, nama teh obeng berasal dari katang 'openg', dan bukannya dari kata obeng yang berarti salah satu peralatan bengkel.

Openg sendiri merupakan kata serapan dari bahasa orang Tionghoa yang memiliki arti 'es'. Namun karena sulit dilafazkan dan didengar, masyarakat setempat jadi lazim menyebutnya dengan 'obeng'.

Nah gitu loh penjelasannya. Jadi memang gak seserem namanya loh ya. Penggunaan kata obeng yang memiliki arti es di sini juga berlaku untuk kopi loh ya.

Jadi kalau kamu berkunjung ke kepulauan Riau, jangan aget ya kalau disuguhi teh obeng. Atau kalau mau beli di sana, jangan bilang es teh atau es kopi. Bilang aja mau beli teh obeng atau kopi obeng ya.

Beri Komentar