Inilah Cerita Dibalik French Fries yang Membingungkan Banyak Penikmatnya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 Januari 2020 17:25
Inilah Cerita Dibalik French Fries yang Membingungkan Banyak Penikmatnya
French fries memiliki latar belakang yang unik,kira-kira bagaimana ya? Simak dibawah ini yuk!

Siapa yang tidak mengenal french fries. Panganan ini biasa kita nikmati di restauran cepat saji. Tapi apakah kamu tau french fries berasal dari mana?

Karena namanya french fries, banyak orang menduga snack ini berasal dari prancis. Selain itu tak sedikit juga yang mengira french fries berasal dari Amerika karena restauran cepat saji dari amerika selalu menyediakan menu ini.

Namun ternyata dua pendapat itu tidak benar. Dikutip dari listverse.com, french fries sebenarnya berasal dari negara belgia. Namun bentuk awalnya tidak seperti yang saat ini biasa kita makan.

Awalnya, penduduk yang tinggal di sekitar danau Meuse sering memakan ikan goreng sebagai makanan utamanya. Namun pada saat musim salju, maka danu akan membeku dan hal ini menyebabkan orang-orang tidak bisa memakan ikan lagi. Dari sinilah awal mereka mulai menggoreng kentang sebagai makanan sehari-hari.

Bertahun-tahun kemudian saat Perang Dunia I, para tentara Amerika berada di Belgia, mereka ahirnya mengenal kentang goreng ini. Selanjutnya karena para tentara ini tidak mengetahui namanya, akhirnya mereka menyebutnya french fries, hal ini dikarenakan orang-orang di negara Belgia menggunakan bahasa perancis untuk sehari-harinya. Nah selanjutnya barulah tentara ini membawa french fries ke Amerika.

Namun cerita lainnya menyebutkan jika yang membawa dan mengenalkan french fries pertama kali ke Amerika adalah orang-orang Spanyol. Seperti yang di tulis dalam The Chronicle of the Incas, or the Seventeen-Year Travel of Pedro Cieza de Leon Throughout the Mighty Kingdom of Peru, orang-orang spanyol adalah orang eropa pertama yang membawa french fries ke Amerika.

Nah di eropa sendiri sebagai tanah asalnya, orang-orang lebih suka memakanya dengan telur, sedangkan orang Inggris lebih suka menyantap kentang bersama ikan. Lain halnya dengan di Timur Tengah, mereka suka menikmati kentang bersama ayam dan di balut oleh roti. Wah ternyata beberapa negara memiliki caranya sendiri untuk menikmati french fries ini yah.

Meskipun banyak cerita yang menjelaskan tentang sejarah kentang goreng ini, namun kata french fries terdengar lebih menarik.

Beri Komentar