Nggak Ada McD, Iran Bikin Sendiri Fast Food Bernama Mash Donald's

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 1 September 2020 17:20
Nggak Ada McD, Iran Bikin Sendiri Fast Food Bernama Mash Donald's
KW Iran-nya McDonald's, nih.

Siapa sih yang nggak mengenal McDonald's? Restoran Waralaba yang udah ada di berbagai sudut dunia ini memang udah terkenal. Bahkan, restoran asal Amerika ini hampir ada di setiap negara.

Meskipun begitu, tetap saja nggak semua negara punya McDonald's. Kita pernah bahas negara-negara yang melarang McDonald's. Salah satunya adalah Iran. Seperti kita ketahui kalau Iran dan Amerika Serikat memang dua negara yang tidak saling akur.

Mungkin secara diplomatik, kedua negara ini memang tidak akur. Namun, ternyata orang Iran menyukai makanan Amerika. Dengan tidak adanya hubungan diplomatik formal antara keduanya, sulit untuk menemukan McDonald's di Iran.

Untuk bisa menikmati makanan tersebut, munculah waralaba palsu bernama Mash Donald. KW Iran-nya McDonald's nih.

1 dari 1 halaman

Mash Donald

Mash Donald's © Diadona

Jika melihat desainnya Mash Donald's memang sangat mirip dengan McDonald's, mulai dari logo 'M' warna merah dan emas dan sebagainya. Hanya saja huruf 'm'-nya sedikit berbeda.

Melansir darin NPR, ini bukanlah satu-satunya waralaba palsu yang dibuat oleh Iran. Saat kamu berjalan-jalan ke Teheran, kamu akan banyak menemukan logo-logo yang familiar mirip dengan brand-brand Amerika ternama seperti KFC, Domino's Pizza, Star Bucks, dan lain sebagainya.

Mash Donald's © Diadona

Seperti yang kita lihat, Pizza Hut versi Iran menjadi Pizza Hat, kemudian KFC yang menjadi ZFC dengan desain dan logo yang hampir sama.

Dilansir dari NY Post, untuk makanannya sendiri, mereka mungkin tidak memiliki menu-menu andalan McDonald's. Namun mereka punya sandwich falafel dan sanwich sepanjang 46 sentimeter yang menjadi menu mereka.

Mash Donald's © Diadona

Karena McDonald sangat kental dengan Big Mac, Mash Donald's juga seakan tidak ingin kalah. Mereka punya menu andalan bernama Bagueette Mash Donald yang mencakup danging, keju, dan ham kalkun.

Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar