Nama Lain Pengemasan dan Fungsinya di Bidang Pangan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 3 Februari 2022 19:06
Nama Lain Pengemasan dan Fungsinya di Bidang Pangan
Pengemas yang pounya nama lain pembungkusan ini nggak cuman bertujuan buat membungkus tapi juga mengawetkan dan meningkatkan daya tarik

Nama lain pengemasan adalah pembungkusan. Kata pengemasan berasal dari kata dasar 'kemas'.

Kata 'kemas' bisa berarti kata benda sehingga pengemasan bisa berarti nama orang, tempat, atau segala sesuatu yang dibendakan. Lalu menurut KBBI, pengemasan merupakan suatu cara, proses atau tindakan mengemasi.

Pengemasan adalah salah satu cara untuk melindungi atau mengawetkan produk pangan maupun non-pangan. Kemasan merupakan suatu wadah atau tempat yang digunakan untuk mengemas suatu produk dan dilengkapi dengan label atau keterangan-keterangan termasuk beberapa manfaat dari isi kemasan.

1 dari 3 halaman

Nama Lain Pengemasan © Diadona

Dikutip dari buku Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan yang ditulis oleh Nur Lailatul Rahmah, Maimunah Hindun Pulungan, pengemasan merupakan cara buat melindungi produk biar nggak cepet rusak dan siap disimpan trus didistribusikan dan aman hingga di tangan konsumen.

Dan jangan salah, pengemasan ternyata udah dikenla sejaka zaman dulu lho dengan fungsi yang sederhana yaitu buat wadah membawanya dari satu tempat ke tempat lainnya. Dulu sih kemasan dibuat dari kayu, daun, kulit buah dan juga kulit hewan.

Lalu kini pengemasan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar dan inovasi produk. Pengemasan juga dilihat sebagai suatu cara untuk mempromosikan produk. Sering tertarik membeli produk karena kemasannya yang unik?

2 dari 3 halaman

Dalam bidang pangan, pengemasan adalah menutup makanan untuk melindunginya dari gangguan atau kontaminasi dari sumber fisik, kimia dan biologis. Pengemasan juga jadi salahs atu cara buat mengawetkan suatu produk makanan.

Melansir jurnal internasional, kemasan makanan bisa dibilang merupakan jantung dari industri makanan modern. Saat ini hampir nggak ada makanan yang dijual tanpa pengemasan, bukan?

Pengemasan yang baik mencegah pemborosan makanan dan memastikan terjaminannya kualitas makanan tersebut sampai di umur simpan yang diinginkan. Selian itu, pengemasan makanan juga penting dalam menentukan penyimpanan, transportasi dan penggunaan akhir bahan makanan tersebut.

Pengemasan makanan dirancang untuk menampung dan melindungi makanan, untuk memberikan informasi yang diperlukan tentang makanan tersebut misalnya merk, komposisi, tanggal kadaluarsa, dan untuk membuat penanganan makanan menjadi nyaman dari distribusi ke meja konsumen.

Fungsi sekunder dari pengemasan yaitu menyediakan keterlacakan, indikasi kerusakan, dan kontrol porsi. Misalnya, kemasan kaleng yang menggelembung menandakan makanan di dalamnya sudah tidak layak makan dan juga untuk mengetahui seberapa banyak kalori dan zat lain yang kita makan dalam suatu berat makanan tertentu pada satu kemasan.

3 dari 3 halaman

Pengemasan Kini

Nama Lain Pengemasan © Diadona

Saat ini pengemasan mendapat perhatian yang cukup, nggak hanya melulu pada isi produknya aja. Dan beberapa poin dari pengemasan yang mendapat perhatian, diantaranya:

  • Pengurangan penggunaan bahan kemas yang merusak lingkungan
  • Bila terpaksa menggunakan plastik, biasanya orang prefer plastik dengan logo yang aman
  • Penggunaan bahan komposit

Nama lain pengemasan yakni pembungkusan punya peran yang penting dan berbeda. Termasuk diantaranya memberikan perlindungan, keamanan, peningkatan kegunaan, menarik konsumen dan desain optimal sesuai dengan kebutuhan tertentu.

 

Beri Komentar