Mengapa Kalkun Identik dengan Perayaan Thanksgiving?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 30 November 2020 14:20
Mengapa Kalkun Identik dengan Perayaan Thanksgiving?
Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat selalu identik dengan Kalkun panggang sebagai sajiannya.

Kalkun adalah jenis unggas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat barat. Khususnya di eropa dan juga Amerika Serikat. Kalkun memang mirip dengan ayam.

Hanya saja, ukurannya jauh lebih besar. Orang eropa kerap mengolah kalkun dengan cara dipanggang. Tidak dalam bentuk potongan, Kalkun biasanya disajikan dalam bentuk satu badan penuh tanpa kepala. Kalkun utuh ini kerap disajikan bersama keluarga.

Bukan sembarang makanan keluarga, ternyata kalkun ini juga kerap menjadi makanan yang hanya disajikan saat perayaan Thanksgiving.

Melansir dari berbagai sumber, Thanksgiving merupakan hari ucap syukur dan menjadi hari libur di Amerika Utara. Ucapan syukur ini dilakukan sebagai rasa terimakasih kepada tuhan saat musim panen.

Lalu, mengapa perayaan thanksgiving selalu identik dengan sajian kalkun utuh? Seperti apa sejarahnya? Berikut ulasannya!

1 dari 2 halaman

Sejarah Kalkun Jadi Sajian Thanksgiving

Ilustrasi Kalkun © Diadona

Thanksgiving pertama kali populer di Amerika karena dibawa oleh pengembara asal Inggris pada tahun 1621. Saat itu, kalkun masih belum disajikan sebagai makanan khas. Hanya saja, ada catatan dari Mourt's Relation: A Journal of the Pilgrims at Plymouth menyebutkan bahwa para peziarah yang merayakan thanksgiving mengumpulkan unggas liar untuk dimakan.

Meskipun thanksgiving cukup populer di Amerika Serikat, namun, Thanksgiving masih belum ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Ilustrasi Kalkun © Diadona

Karena banyak yang mendukung thanksgiving untuk dijadikan hari libur, Pada tahun 1863, Abraham Lincoln yang menjadi presiden kala itu menyatakan Thanksgiving sebagai hari libur nasional. Dari perayaan-perayaan itu, masyarakat sudah mengonsumsi kalkun. Hal ini makin populer ketika Alexander Hamilton, yang dijuluki bapak pendiri Amerika Serikat pernah mengatakan " Tidak ada warga AS yang tak makan kalkun pada Hari Thanksgiving" .

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Kalkun © Diadona

Ada alasan lain yang menyebutkan kenapa kalkun menjadi sajian khas ketika Thanksgiving. Ukurannya yang besar, bahkan mencapai 6-7 kilogram ini membuat kalkun bisa memberi banyak makan untuk anggota keluarga. Sementara itu, orang Amerika Serikat sangat bangga jika kalkun menjadi hewan asli dari negaranya.

Nah, itu tadi adalah sejarah singkat tentang hewan unggas kalkun yang menjadi sajian khas thanksgiving.

Beri Komentar