Mencicipi Segarnya Kulukki Sarbath, Minuman Pinggir Jalan yang Dibuat ala Bartender India

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 5 Maret 2021 16:20
Mencicipi Segarnya Kulukki Sarbath, Minuman Pinggir Jalan yang Dibuat ala Bartender India
Pernah lihat atraksi bartender pinggir jalan ala India di berbagai media sosial? Ternyata seperti ini lho minumannya!

India memang terkenal dengan kulinernya yang unik. Kadang, ketika kita melihat cara mengolahnya, kita bisa terkagum dibuatnya.

Salah satu olahan minuman yang cukup unik yang berasal dari India adalah Kulukki Sarbath. Bukan minumannya yang unik, namun, para pembuatnya yang mengolah minuman ini layaknya seorang bartender profesional.

Seperti apa minuman ini? Yuk kita cicipi!

1 dari 3 halaman

Kulukki Sarbath

Kulukki Sarbath © Diadona

Kulukki diambil dari bahasa Malayalam yang memiliki arti mengoncang. Sedangkan Sarbath adalah Jus.

Kulukki Sarbath sejatinya merupakan milkshake khas India. Yang membuat unik adalah cara mengolahnya. Atraksi ini dimainkan oleh anak-anak muda penjual Kuluki Sarbath yang ada di pinggir jalan.

Kulukki Sarbath © Diadona

Diawali dengan menuangkan air gula dalam gelas, lalu memasukkan boost instan, kemudian para penjual menuangkan susu dengan cara yang tak biasa yakni dari jarak jauh. Hal inipun menyita perhatian para pembeli.

Kulukki Sarbath © Diadona

2 dari 3 halaman

Kulukki Sarbath © Diadona

Atraksi tak hanya sampai di situ saja. Setelah susu terisi dan para penjual memasukkan es batu, mereka kemudian mengocoknya. Namun, mereka tak mengocoknya dengan cara biasa, melainkan bergaya ala bartender.

Mereka mengocok, melempar, bahkan memutar gelas yang telah ditutup itu beberapa kali. Setelah itu, jadilah minuman Kulukki Sarbath yang siap diminum.

Untuk harganya sangat murah. Melansir dari kumparan, pergelasnya berkisar antara 8 rupee hingga 13 rupee. Itu sekitar Rp 1.600 sampai Rp 3.000 saja pergelasnya.

Beri Komentar