Lezatnya Sate Susu Sapi, Takjil Buka Puasa Unik Khas Bali

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 13 April 2021 16:45
Lezatnya Sate Susu Sapi, Takjil Buka Puasa Unik Khas Bali
Yuk cicipi Sate Susu Sapi khas Bali yang cocok untuk menu buka Puasa.

Memasuki bulan Ramadan, sajian buka puasa atau Takjil adalah salah satu hal yang gak bisa dipisahkan dengan bulan Ramadan. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia punya beragam sajian kuliner yang khas di tiap daerahnya. Bahkan, untuk sajian Takjil, beberapa daerah punya sajian khusus yang tak boleh absen ketika bulan Ramadan tiba.

Jika bulan Ramadan identik dengan kurma sebagai takjil untuk buka puasa, di Bali juga ada takjil khusus untuk buka puasa, loh. Namanya adalah Sate Susu Sapi. Seperti apa makanan ini? Yuk kita cicipi.

1 dari 3 halaman

Sate Susu Sapi

Sate Susu Sapi © Diadona

Mengutip dari katadata, Sate Susu Sapi merupakan kuliner khas warga Kampung Jawa, yang berlokasi di Desa Wanasari, Denpasar Barat.

Meskipun bernama sate susu, namun, kuliner ini tidak terbuat dari susu segar. Sate Susu Sapi dibuat dari daging yang berada di area puting susu sapi.

Penjual Sate Susu Sapi cukup banyak ditemui di pasar takjil di gang samping Masjid Baiturrahmah.

2 dari 3 halaman

Hanya Berjualan saat Ramadan

Masih melansir dari Katadata, salah satu penjual Sate Susu Sapi di Kampung Jawa ini menuturkan jika dirinya hanya berjualan Sate Susu Sapi saat bulan suci Ramadan saja.

Selain bulan Ramdan, pedagang sate susu tetap ada namun tak sebanyak saat Ramadan.

3 dari 3 halaman

Rasa

Untuk rasanya, Sate Susu Sapi punya tekstur yang kenyal dengan aroma yang khas seperti keju. Sedangkan untuk bumbunya, sebenarnya bumbu dasar hampir sama seperti bumbu sate pada umumnya. Hanya saja, Sate Susu Sapi biasanya punya cita rasa sedikit lebih pedas.

Sate Susu Sapi disajikan dengan potongan daging kotak-kotak.

Untuk satu porsi Sate Susu Sapi berjumlah 10 tusuk, umumnya dibandrol dengan harga Rp 20 ribu saja.

Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar