Lezatnya Kue Mipan, Jajanan Asal Bandung yang Mulai Sulit Ditemui

Reporter : Nasa
Selasa, 8 September 2020 11:35
Lezatnya Kue Mipan, Jajanan Asal Bandung yang Mulai Sulit Ditemui
Mipan zu zu zu, zu zu zu

Mipan zu zu zu zu zu zu, nah kan jadi nyanyi. Bukan, bukan, admin bukan mau bahas lagu fenomenal itu. Kali ini admin mau mengulas sedikit soal cemilan asal Bandung yang sudah mulai sulit ditemui. Yaps namanya adalah kue mipan.

Kue mipan ini dulunya sering dijual oleh abang-abang yang menggendong gerobaknya secara berpindah-pindah atau keliling. Kue mipan ini katanya miliki cita rasa unik, yakni perpaduan antara rasa gurih dan manis.

Lebih lanjut, kue mipan ini lazim dijual secara tradisional. Menggunakan wadah loyang bulat berukuran kecil. Biasanya, kue mipan akan dipotong segitiga seperti potongan pizza. Menariknya, cara makan kue mipan ini memakai sendok bambu.

Terbuat dari adonan tepung beras, kue mipan memang jadi lebih sedap saat dipadukan dengan saus gula merah yang sudah diolah dengan kacang dan juga bawang. Kue mipan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 5 ribuan.

1 dari 2 halaman

Kue Mipan Khas Bandung © Diadona

2 dari 2 halaman

Asal Usul Kue Mipan

Menghimpun dari berbagai sumber, kue mipan ini sebenarnya dibawa oleh para pendatang dari etnis Tionghoa yang datang ke Bandung. Konon pada masa penjajahan Belanda, kue mipan ini jadi jajanan khas masyarakat Tionghoa gitu.

Tapi akhirnya menyebar luas ke masyarakat Bandung. Oh iya, kue mipan ini juga dikenal dengan ciri khas adonan tepung beras yang dicampur dengan air campuran abu batang padi jerami. Makanya rasanya khas banget.

Sayangnya udah mulai jarang, kamu udah pada pernah nyobain belum?

Beri Komentar