Lagi Booming, Ternyata Makan Fresh Oyster Sangat Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh Loh!

Reporter : Kurnia
Rabu, 9 Februari 2022 13:43
Lagi Booming, Ternyata  Makan Fresh Oyster Sangat Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh Loh!
bisa mematikan bahkan dilarang masuk ke dalam tubuh manusia loh

Sedang viral, fresh oyster sekarang sudah banyak dijual di street food di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung loh.

Fresh oyster dan jenis makanan seafood lain seperti udang, kerang, atau kepiting biasanya memang banyak disukai. Termasuk oyster alias tiram mentah. Salah satu makanan laut ini baru-baru ini juga sedang booming loh.

1 dari 5 halaman

Bahkan fresh oyster seperti sudah menjadi jajanan umum yang banyak dijual di street food atau restoran Jepang seperti di kawasan Jakarta. Berbeda dari jenis seafood lain, fresh oyster rupanya memiliki cara yang cukup unik untuk menyantapnya.

Jika biasanya makanan laut dibakar atau dipanggang, oyster justru lebih sering disajikan dengan mentah, alias tidak melalui proses masak tertentu nih, foodies. Biasanya, makanan laut yang satu ini disajikan mentah yang ditambah dengan perasan jeruk.

Sayangnya, fresh oyster yang disajikan dan dimakan mentah dengan perasan jeruk sangat tidak dianjurkan karena alasan kesehatan, loh foodies.

2 dari 5 halaman

Kenapa?

Dikutip dari laman healthline.com, kebiasaan mengonsumsi fresh oyster rupanya bisa menyebabkan seseorang keracunan dan lebih parahnya bisa berujung pada kematian.

Bahkan ada sebuah kasus yang menimpa seorang wanita asal Texas, Amerika Serikat bernama Jeanette LeBlanc yang dikabarkan meninggal dunia setelah mengonsumsi fresh oyster karena mengalami infeksi yang sangat berbahaya.

3 dari 5 halaman

Cara Agar Bisa Menikmati Fresh Oyster dengan Aman

Fresh Oyster © Diadona

Karena dapat menimbulkan risiko kesehatan, foodies bisa menikmati fresh aoyster dengan berhati-hati seperti membelinya di tempat yang memiliki reputasi baik dan dilayani oleh orang-orang berpengalaman di bidangnya. Ya meskipun ini tidak menjamin keamanannya ya, Diazens.

Berikut adalah beberapa cara lezat dan mudah untuk menikmati fresh oyster dengan aman.

  1. Makan tiram setelah dimasak, fresh oyster masih tidak dianjurkan,
  2. Makan tiram dengan roti dan dipanggang.
  3. Sajikan fresh oyster dengan dimasak dalam cangkangnya dengan tambahan rempah-rempah segar.
  4. Goreng daging tiram berkulit panko dalam minyak kelapa.
  5. Kukus  fresh osyert dan taburi dengan jus lemon atau mentega.

Berikut adalah beberapa tips aman yang perlu dipertimbangkan saat membeli fresh oyster.

  1. Pilih tiram dengan cangkang tertutup
  2. Jangan memasak terlalu banyak sekaligus dalam satu panci, seperti saat merebus, karena terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa menjadi kurang matang.

4 dari 5 halaman

Fakta Fresh Oyster

Tiram memiliki cangkang keras dan berbentuk tidak beraturan yang melindungi tubuh bagian dalam yang montok dan berwarna abu-abu.

Faktanya dalam satu porsi fresh oyster seberat 100 gram mengandung Kalori, Protein, Lemak, Vitamin D, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, Besi, Magnesium, Fosfor, Seng, Tembaga, Mangan, dan Selenium yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Akan tetapi, bakteri k Vibrio vulnificus dan Vibrio parahaemolyticus  yang terkandung dalam fresh oyster dapat dapat meningkatkan risiko keracunan yang menyebabkan gejala seperti diare, muntah, demam, dan bahkan kondisi yang lebih serius, seperti septikemia infeksi darah serius yang dapat menyebabkan kematian loh.

5 dari 5 halaman

Kontaminan lainnya

Selain itu, fresh oyster yang lagi viral sebagai janana  jalanan juga dapat membawa virus tipe Norwalk dan enterovirus yang dapat menimbulkan risiko kesehatan karena kemungkinan besar mereka mengandung kontaminan kimia, termasuk logam berat seperti timbal, kadmium, dan merkuri.

Untuk itu, di Indonesia sendiri sebenarnya tidak mengijinkan memakan fresh oyster tanpa pengolahan terlebih dahulu. Stay Safe and Keep healthy foodies!

Beri Komentar