Jarang Dimanfaatkan, Gedebog atau Batang Pohon Pisang Dijual di Amerika dengan Harga Rp 85 ribu

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 7 Februari 2020 13:34
Jarang Dimanfaatkan, Gedebog atau Batang Pohon Pisang Dijual di Amerika dengan Harga Rp 85 ribu
Gedebog atau batang pohon pisang ternyata memiliki banyak khasiat dan dijual di Amerika dengan harga Rp 85 ribu

Kalau kamu nggak tahu apa itu Gedebog, Gedebog adalah batang pohon pisang. Gedebog ini sangat melimpah di Indonesia. Namun, ternyata di Indonesia sendiri malah jarang dimanfaatkan. Padahal, Batang pohon atau Gedebog ini bisa diolah menjadi makanan lezat.

Nah, ternyata selain bisa diolah sebagai makanan Gedebog juga kaya akan nutrisi yang mungkin belum kamu ketahui. Nah, nutrisi ini lah yang ternyata dimanfaatkan oleh Amerika. Bahkan di sana sangat dikemas dengan rapi di supermarket dan dihargai Rp 85 ribu.

1 dari 3 halaman

Dijual Mahal di Amerika

Gedebog Batang Pohon Pisang © Diadona

Sempat beredar suatu unggahan yang mana ada potongan batang pohon pisang yang dikemas dengan rapi di sebuah supermarket dan diberi label 5,95 USD. Ya, gedebog ini ternyata sudah sampai ke Amerika. Jika di rupiahkan sekitar Rp 85 ribu.

Apa sih yang menyebabkan batang pohon pisang atau gedebog ini dijual di Amerika? Yuk kita ulik lagi apa saja kandungan yang ada pada Gedebog.

2 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi

Gedebog Batang Pohon Pisang © Diadona

Asal kamu tahu, ternyata di Dalam batang pisang terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Ada vitamin A, vitamin B, vitamin C, tanin, gula, zat tepung, kalium, saponin dan lain-lain. Kandungan-kandungan ini ternyata sangat berguna untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun dalam tubuh.

Selain itu, kandungan ini bisa memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi seperti sayuran hijau dapat melancarkan pencernaan. Dikutip dari berbagai sumber, batang pohon pisang juga dapat mengobati ginjal, menurunkan berat badan, mengontorl tekanan darah dan kolesterol, hingga menyembuhkan asam lambung.

3 dari 3 halaman

Olahan Gedebog

Gedebog Batang Pohon Pisang © Diadona

Gedebog ternyata bisa diolah menjadi makanan yang lezat lho. Di Lombok, biasanya diolah menjadi sayur ares. Sayur ares terbuat dari batang pisang yang dicampur dengan santan dan cabe rawit. Ini menjadikan sensasi rasa pedas dan gurih.

Di Tana Toraja, Gedebog dibuat menjadi makanan campuran ayam atau mengolahnya menjadi hidangan yang segar seperti rujak batang pisang.

Selain itu, Gedebog juga bisa dijadikan minuman segar. Jus gedebog ternyata memiliki rasa yang menyegarkan juga. Kamu bisa memotong kecil-kecil gedebog kemudian campurkan sedikit air dan gula dan haluskan. Jus Gedebog ini punya khasiat memberikan efek kenyang lebih lama dan dapat mengobati diabetes.

Ternyata banyak ya khasiat dari batang pohon pisang yang mungkin belum kita ketahui. Nggak heran kalau ini dijual di Amerika dengan harga mahal. Gimana? tertarik untuk mengonsumsi makanan yang melimpah di Indonesia ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa share ke temen-temen kamu. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar