Ini lho Buah Terkecil di Dunia yang Hanya Sebesar Ujung Peniti!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 1 September 2020 18:20
Ini lho Buah Terkecil di Dunia yang Hanya Sebesar Ujung Peniti!
Gimana rasanya, ya?

Di dunia ini memang ada jutaan jenis buah bahkan lebih. Buah memang makanan alami dari alam. Memiliki bentuk yang beragam, ukuran buah memang tercipta berbeda-beda.

Namun, tahukah kamu, buah apakah yang paling kecil di dunia? Jika itu pertanyaannya, jawabannya adalah Asian Watermeal. Seperti apa sih buah ini? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Asian Watermeal

Asian Watermeals © Diadona

Melansir dari Food Network, Asian Watermeal memiliki nama ilmiah Wolffia Flobosa. Buah ini ternyata masuk dalam spesies duckweed yang bisa dimakan. Duckweed sendiri adalah tumbuhan hijau tak berakar, tak bertangkai, tak berdaun dan sangat kecil yang mengapung di air.

Ukurannya juga sangat kecil. Tidak lebih besar dari ujung peniti yakni sekitar 0,7 hingga 1,5 milimeter. Lalu, apa saja kandungan dalam Asian Watermeal ini?

2 dari 3 halaman

Kandungan Asian Watermeal

Asian Watermeals © Diadona

Peneliti India dan Jerman telah menerbitkan dalam jurnal Food Chemnistry, Wolffia Globosa, yang tumbuh dengan cepat ini memiliki protein serta asam lemak omega-3.

Tumbuhan inipun juga lebih mudah tumbuh daripada kedelai. Bahkan tidak perlu lahan pertanian untuk bisa menanam buah ini.

3 dari 3 halaman

Olahan Buah Asian Watermeal

Asian Watermeals © Diadona

Buah Asian Watermeal ini memiliki rasa yang mirip dengan selada air. Meskipun bentuknya kecil, buah ini bisa dikonsumsi dan dijadikan tambahan untuk smoothie. Buah ini juga bisa ditambahkan untuk makanan yang dipanggang. Populer di beberapa negara Asia, buah ini bahkan kerap muncul dalam hidangan sup ataupun omelet.

Selain dikonsumsi, buah ini ternyata punya sifat yang bisa memurnikan air tempat mereka tumbuh. Asian Watermeal bisa menghasilkan bio-etanol.

Tertarik untuk mengonsumsi buah terkecil di dunia ini?

Beri Komentar