Casu Marzu, Keju Ilegal Penuh Belatung Asal Italia, Berani Coba?

Reporter : Nasa
Senin, 3 Februari 2020 11:14
Casu Marzu, Keju Ilegal Penuh Belatung Asal Italia, Berani Coba?
Keju Casu Marzu dikenal sebagai keju khas asal Sardinia Italia. Karena dipenuhi belatung hidup, keju ini menjadi keju ilegal dan paling berbahaya di dunia. Wait what? belatung? Simak ulasannya.

Siapa nih di antara kalian yang ngaku pecinta keju? Eits, jangan ngaku jadi pecinta keju dulu kalau kalian belum mencicipi keju ilegal paling berbahaya di dunia yakni Casu Marzu. Keju yang berasal dari Sardinia Italia ini sudah sangat jarang ditemui, karena penduduk Sardinia sudah banyak yang enggan untuk membuatnya.

Isu kesehatan dan kehigienisan Casu Marzu menjadi alasan utama penduduk Sardinia enggan untuk membuat keju ekstrem tersebut. Nah karena ketidakhigienisan dan dampak kesehatan dari mengkonsumsi Casu Marzu yang belum jelas, keju tersebut tidak bisa diperjual belikan secara luas. Bahkan ada yang menyebut bahwa Casu Marzu memang ilegal untuk diperjual belikan.

 

1 dari 3 halaman

Casu Marzu © Diadona

Menurut Channel Youtube Great Big Story, pada video " This Rare Cheese Is Infested With Live Maggots" hanya sejumlah keluarga di Sardinia yang masih menjalankan tradisi untuk membuat Casu Marzu. Salah satunya adalah keluara dari Simone Ibba. Simone Ibba, seorang peternak kambing merupakan generasi ketiga pembuat Casu Marzu yang masih bertahan. Simone Ibba membuat Casu Marzu bersama keluarganya dari susu kambing yang ia perah sendiri.

Casu Marzu atau yang dalam bahasa Indonesia berarti keju busuk ini, dibuat seperti keju pada umumnya. Bedanya, keju tersebut menggunakan bahan dasar susu kambing dan didiamkan setelah selesai mengalami proses pengolahan. Pada masa didiamkan tersebut Casu Marzu dibiarkan agar dikerubungi serangga. Larva mereka kemudian dibiarkan tumbuh berkembang.

 

2 dari 3 halaman

Casu Marzu © Diadona

Katanya nih, semakin banyak larva yang tumbuh dan berkembang, maka Casu Marzu akan terasa semakin nikmat. Hmmmm, jangan mual dulu ya. Ribuan atau bahkan puluhan ribu belatung pada Casu Marzu bisa katanya bisa membuat tekstur keju yang creamy dengan cita rasa dan aroma yang khas. Pada video tersebut, Simone Ibba juga menunjukkan bagaimana tradisi memakan Casu Marzu bersama keluarganya.

Casu Marzu biasa dikonsumsi ketika momen spesial, seperti perayaan ulang tahun dan juga pernikahan. Casu Marzu bisa dikonsumsi bersama dengan roti atau biskuit. Tekstur creamy Casu Marzu yang dilengkapi dengan belatung terlihat sangat nikmat untuk dikonsumsi dalam video tersebut. Karena menjadi satu-satunya keluarga yang membuat Casu Marzu, keluarga Simone Ibba sering didatangi oleh sanak saudaranya yang ingin menikmati keju ekstrem tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Video tentang Casu Marzu yang dibuat oleh Simone Ibba dan keluarganya tersebut mendapat ribuan komentar dari netizen seluruh dunia. Mereka memberi memberi berbagai tanggapan, mulai dari merasa tertantang sampai enggan untuk mencobanya.

" Saya pribadi sih lebih suka belatung yang terpisah dari keju, terima kasih banyak" kata salah satu netizen.

" Melihat tekstur kejunya terlihat sangat nikmat, tapi belatung? saya pikir saya akan melewatinya," tambah netizen lainnya.

Well, gimana nih setelah membaca uraian tentang Casu Marzu? Makin penasaran ingin mencoba? Atau malah merasa mual? Jika kamu benar-benar ingin mencobanya maka kamu harus datang sendiri ke Sardinia Italia ya. Karena Casu Marzu tidak bisa diperjual belikan secara luas, apalagi di ekspor ke Indonesia. 

Sardinia juga dikenal sebagai salah satu pulau terindah di Italia yang letaknya berada di lau Mediterania loh. Memiliki banyak pantai berangin yang indah yang juga menjadi jujukan turis mancanegara dari seluruh dunia. Jadi kamu bisa banget masukin Sardinia ke list liburanmu. Sekaligus bisa mencicipi si kuliner ekstrem, Casu Marzu.

Beri Komentar